SSangyong Musso (Boxer) SG320 & SD300

SSangYong Musso Boxer

Selain Kia, Hyundai dan Daewoo, ada satu lagi merk mobil Korea Selatan yang masuk ke Indonesia pada akhir era 90an. Merk mobil itu adalah SSangYong yang hadir dengan teknologi dari Mercedes-Benz. Salah satu produk SSangYong yang pertama kali masuk ke Indonesia saat itu adalah sebuah SUV bernama SSangyong Musso. Karena berbasis dari Mercedes-Benz W124 atau Boxer, mobil ini disebut juga dengan nama SSangYong Boxer. Nama Musso berasal dari bahasa Korea yang berarti badak.


SSangYong Musso ini hanya hadir dalam bentuk SUV 5 pintu dan 7 penumpang. Ukuran mobil ini cukup besar karena pada jamannya merupakan pesaing dari Mitsubishi Pajero V6 dan SUV besar lainnya. Mobil ini merupakan hasil kerjasama antara SSangYong dengan Mercedes Benz. Oleh karena itu mesin dan transmisinya memakai buatan Mercedes sementara bodi dan sasis khusus buatan SSangYong. Bodi mobil ini juga sebenarnya bukan murni rancangan SSangYong karena aslinya didesain oleh Ken Greenley yang berasal dari Inggris. Walau bodinya agak aneh untuk ukuran orang Indonesia, namun nyatanya desain mobil ini pernah memenangkan Auto Design Award dari Birmingham Auto Show tahun 1994 dan 1996.

Seperti yang sudah dijelaskan di paragraf atas tadi, mobil ini memakai mesin dan transmisi dari Mercedes Benz. SSangYong Musso generasi pertama memakai mesin bensin Mercedes Benz M104.990 SOHC 6 silinder injeksi dengan tenaga maksimum mencapai 220Hp pada 5500Rpm dan torsi 300Nm pada 3750Nm. Di Indonesia mesin ini juga dipakai oleh Mercedes Benz W124 atau E Klass E320. Yang menarik, mobil ini memakai penggerak full time 4WD dengan transmisi otomatis 4 percepatan 4G-TRONIC. Sekitar tahun 2002, muncul facelift mobil ini dengan menggunakan mesin diesel Mercedes Benz OM602 5 silinder berkapasitas 2900cc.

Versi pertama muncul sekitar tahun 1997 dengan ciri khas berupa lampu depan yang belum diamond cut. Ada sedikit keunikan dibagian belakang mobil ini. Logo atau emblem depan memakai logo SSangYong sementara logo belakang memakai logo Mercedes Benz. Bagi yang tidak tau, banyak yan mengira mobil ini hanya mobil murahan yang ditempel logo Mercedes Benz untuk sekedar gaya-gayaan. Jika belum dilepas atau dimodifikasi, terdapat stiker bertuliskan "Powered by Mercedes-Benz" di kaca belakangnya. Sekitar tahun 2002, muncul versi facelift atau mid model change. Kode bodinya berubah dari SG320 menjadi SD300. Di versi baru ini, headlamp SSangYong Musso sedikit berbeda dan sudah memakai model diamond cut. Bagian grill dan lainnya kini sudah berhiaskan chrome yang lebih banyak. Mungkin karena pajak bea masuk yang mencekik, SSangYong mengganti mesin dan transmisi serta sistem geraknya menjadi mesin diesel Mercedes Benz 2900cc 4X2 RWD. Mobil ini terakhir dijual oleh Indomobil sekitar tahun 2004.


Kelebihan SSangYong Musso Boxer ini adalah mesin dan transmisinya yang cukup bandel dan lumayan mudah mendapatkan sparepartnya karena sama persis dengan Mercedes Benz W124 atau biasa disapa Mercy Boxer. Kaki-kakinya lumayan nyaman dengan ground clearance yang tinggi sehingga tidak masalah melibas jalanan rusak. Sistem gerak fulltime 4WD dari Mercedes ini tergolong tangguh untuk offroad ringan. Kenyamanannya cukup baik terutama apabila masih memakai ukuran velg bawaannya. Kemewahan ala Mercedes Benz bisa dilihat dari interiornya yang dilapisi kulit dan panel kayu serta fiturnya yang sangat lengkap dan canggih.

Kelemahan SSangYong Boxer ini ada pada bentuk depannya yang terasa agak aneh walau bagian belakangnya terlihat gagah. Selain itu karena mobil ini jarang, sparepart bodinya sangat jarang yang jual. Selain jarang, harga sparepart kecuali sparepart mesin juga termasuk mahal sekalinya ada. Secara kualitas, konon mobil ini tidak sebagus Mercedes Benz asli. Konsumsi BBMnya sekitar 1:6 untuk dalam kota dan sekitar 1:8 untuk luar kota pada versi bensin 3200cc. Ini lumayan wajar untuk mobil dengan berat kosong mencapai 2,3 Ton. Sayangnya bahan bakar yang digunakan harus berkualitas baik dan tidak bisa sembarangan. Harga pasaran mobil ini gelap dan tergantung kondisi. Rata-rata berkisar antara 60 juta sampai 90 juta namun bisa kurang jika kondisinya memprihatinkan.

Spesifikasi SSangyong Musso (Boxer) SG320 & SD300 ini adalah sebagai berikut:

Spesifikasi SSangyong Musso (Boxer) SG320 & SD300
Jenis Jip / SUV
Tipe SG320
SD300
Mesin M104 SOHC 3200cc
OM602 Diesel 2900cc
Bore X Stroke 89.9 X 84.0 mm (M104 bensin) 
89.0 X 92.0 mm (OM602 diesel)
Sistem Bahan Bakar Electric Injeksi harness
Transmisi Otomatis 4 Speed
Wheelbase 2.630 mm
Panjang 4.640 mm
Lebar 1.850 mm
Tinggi 1.735 mm

0 Response to "SSangyong Musso (Boxer) SG320 & SD300"

Post a Comment