Yamaha YT115

Yamaha YT115 trail

Motor dual purpose atau yag biasa disebut orang Indonsia sebagai motor trail memiliki kelebihan berupa ground cleareance atau ketinggian motor dengan tanah yang lumayan tinggi. Ini membuat motor trail bisa dengan mudah melewati jalanan rusak sampai daratan yang memang tidak dirancang untuk dilalui kendaraan dengan mudah. Jaman 70 dan 80an dulu, Yamaha pernah mengeluarkan motor trail dengan nama Yamaha DT series. Untuk melanjutkan kiprah Yamaha DT, Yamaha mengeluarkan salah satu motor trail dengan masa produksi yang cukup lama di Indonesia dengan nama Yamaha YT115. Yamaha YT115 ini juga dijual sampai ke wilayah Amerika Latin seperti Venezuela.


Entah kapan pertama kalinya motor ini diperkenalkan di Indonesia, namun dari beberapa sumber sepertinya tahun 1988 sudah muncul Yamaha YT115 ini. Dari bentuk luarnya, sepintas orang tidak akan ngeh akan keberadaan motor ini. Keseluruhan bentuk motor ini sama seperti sama persis dengan Yamaha RX-Special. Yang membedakan Yamaha YT115 ini dengan RX-Special ada pada tampilan luarnya dimana Yamaha YT 115 memakai shock depan yang labih panjang serta spakbor tinggi khas motor trail. Selain itu, stripping dan emblemnya juga jelas menunjukkan motor ini adalah YT115 dari tulisannya.

Mesin yang digunakan Yamaha YT115 ini sama persis dengan Yamaha RX-Special. Mesin 1 silinder 2 tak berkapasitas murni 113cc dengan pendingin udara ini lumayan bandel dan cocok digunakan untuk motor trail karena torsinya yang cukup besar. Tenaga maksimum yang bisa diraih mesin dengan karburator mikuni vm22 ini adalah 15,3Hp pada 8500Rpm dan torsi maksimum 13,2Nm pada 8000Rpm. Dengan berat hanya 95 Kg, tentunya akan membuat motor ini terasa begitu bertenaga menerabas jalanan yang  kurang bagus. Untuk menyalurkan tenaga mesin ke roda belakang digunakan transmisi manual 5 percepatan tipe koling basah.

Urusan fitur, untuk motor jaman 90an jangan terlalu banyak berharap. Konsol depan motor ini hanya terdapat speedometer yang tertulis angka sampai 140km/jam, odometer, indikator oli samping, indikator sein kanan dan kiri yang terpisah, indikator gigi netral dan indikator hi beam serta tempat kunci kontak dibagian kanan speedometer. Motor dengan pengapian CDI serta kelistrikan 12V ini hanya menyediakan kick stater untuk menyalakan motor. Roda depan berukuran 19 inch sementara bagian belakangnya 18 inch dengan velg jari-jari serta rem teromol di depan dan belakang. Tangki BBM motor ini sanggup menampung bensin sebanyak 9 liter sementara tangki oli samping muat 1,2 liter.

Motor ini dijual sampai tahun 2004 namun ada yang bilang sampai tahun 2007, Yamaha Indonesia masih membuat motor ini terutama untuk pesanan fleet. Kebanyakan motor ini berada di tangan instansi pemerintahan seperti dinas kehutanan, TNI sampai jadi motor operasional sewaktu tanggap bencana tsunami Aceh 2004 silam. Selain itu, motor ini juga kebanyakan dipakai di wilayah perkebunan di pulau Sumatera dan Kalimantan. Dengan berat yang ringan dan mesin yang jauh lebih besar dan bertenaga dibandingkan kompetitornya seperti Honda Win yang bisa satu kategori sebagai motor semi trail, tidak serta merta membuat motor ini laris dipasaran. Untuk Yamaha YT115 yang berada ditangan masyarakat umum jumlahnya sangat sedikit.

Walau langka, namun sparepart motor ini lumayan banyak karena sama dengan Yamaha RXS. Ini mungkin menjadi kelebihan motor ini selain tenaganya yang besar dan populasinya yang minim. Namun karena Yamaha mendesain YT115 sebagai motor trail, tentunya diperlukan part yang dirancang lebih kuat dan sedikit perbedaan yang mengakibatkan beberapa part khusus YT115 mahal. Misalnya saja pada arm belakang Yamaha YT115 ini, Yamaha menambahkan semacam plat tambahan di lengan ayun belakang yang otomatis membuat kontruksi rangka lebih kuat dibandingkan Yamaha RXS dan RX King.

Spesifikasi Yamah YT115 ini adalah sebagai berikut:

Spesifikasi Yamah YT115
Jenis Sepeda Motor, Trail
Tipe YT115
Mesin 1 silinder 2 tak 115cc
Bore X Stroke 54.0 X 50.0 mm
Sistem Bahan Bakar Karburator
Transmisi Manual 5 Speed
Wheelbase N/A
Panjang N/A
Lebar N/A
Tinggi N/A

4 Responses to "Yamaha YT115"

  1. Apa perbedaan gigi transmisi yth 115 dgn rx king, mekanik saya bilang lbh cepat & lbh enteng klw di aplikasikan ke motor rx king!

    ReplyDelete
    Replies
    1. setau saya rasio yt lebih enteng dan rapat dibanding king, makanya tarikan king bisa jadi lebih enteng kalo pake punya yt

      Delete
  2. Klo sama rx spesial dengan rx king apa ada perbedaan gan pada rasio nya

    ReplyDelete
    Replies
    1. entah detailnya seperti apa, tapi kayaknya beda

      Delete