Honda Karisma NF125

Honda Karisma 125D

Honda Karisma merupakan motor bebek bermesin 125cc yang mulai diproduksi oleh Astra Honda Motor (AHM) pada tahun 2002. Desain motor ini sedikit melawan arus pada waktu itu karena bentuk keseluruhannya lebih membulat dan lebar dibandingkan motor bebek lain dimasanya. Diluar sana, motor ini juga dikenal dengan nama Honda Wave 125 walau dengan bentuk headlamp dan stoplamp yang berbeda dengan versi Indonesia. Dengan begitu, bisa disimpulkan kalau motor ini memakai rancangan bodi khusus yang hanya ada di Indonesia.


Mesin yang digunakan motor ini tergolong baru untuk motor bebek Honda pada waktu itu. Motor ini dibekali dengan mesin 1 silinder 125cc 2 valve dengan pendingin udara. Pasokan bensin ke ruang bakar masih mengandalkan karburator dari Keihin sementara pengapiannya sudah CDI-DC. Mesin ini sama persis dengan yang digunakan oleh Honda Supra X 125 yang hadir untuk menggantikannya dan sanggup menghasilkan tenaga sebesar 9,1Hp pada 7500Rpm dan torsi 7,1Nm pada 4000Rpm. Untuk menyalurkan daya ke roda belakang, digunakan transmisi semi otomatis 4 percepatan khas motor bebek.

Motor dengan kode NF125 ini hadir dalam 2 varian, pada awal kemunculannya hanya tersedia Honda Karisma 125D. Fiturnya lumayan canggih pada waktu itu dengan odometer dan indikator bensin digital. Untuk kepraktisan dan keamanan, sudah disediakan bagasi dibawah jok berkapasitas 4,5 liter, starter ganda, tutup rantai dan rem depan cakram walau masih memakai velg jari-jari. Sekitar tahun 2004, Honda mengganti Karisma D dengan Karisma 125 X. Karisma X ini memiliki bentuk sayap yang dibuat lebih ramping serta terdapat perbedaan dibagian baut-baut bodinya. Untuk fiturnya masih sama persis dengan Karisma D hanya saja tutup rantainya kini dihilangkan.

Nama Karisma hanya bertahan sebentar saja karena pada saat itu PT. AHM selaku produsen motor ini mendapat gugatan dari PT. Tossa Sakti yang memiliki nama dagang Tossa Krisma. Gunawan Chandra selaku pemilik merk dagang Krisma mengajukan gugatan kepada PT. AHM atas merek tersebut ke jalur hukum. Menurut beliau, PT.AHM telah menggunakan merek tersebut dan tidak sesuai dengan yang terdaftar di Direktorat Merek Dirjen Hak Kekayaan Intelektual Departemen Hukum dan HAM karena diduga telah menggunakan merek tidak sesuai prosedur dengan penggunaan huruf Karisma di desain dengan huruf balok dan berwarna hitam putih sementara AHM memproduksi motor tersebut dengan tulisan huruf sambung dengan desain huruf berwana. Sengketa terhadap merek ini terjadi dari tahun 2005 dan berakhir pada tahun 2011 dengan hasil akhir permohonan Gunawan Chandra dikabulkan oleh hakim Pengadilan Niaga Negeri. Alasan kenapa merk Tossa bisa menang dipengadilan karena sistem pendaftaran HAKI (Hak Kekayaan Intelektual) di Indonesia lebih mengedepankan siapa yang lebih dahulu mendaftarkan dialah yang berhak. Dampak adanya sengketa ini menyebabkan penurunan penjualan Honda Karisma dan pengaruh psikologis terhadap konsumen serta dicabutnya nama Karisma dari daftar merk Honda. Selain karena permintaan dan kuatnya merk Supra, Honda pada akhirnya kembali menggunakan nama Supra untuk motor bebek 125cc pada tahun 2005.

Kelebihan Honda Karisma adalah konsumsi bahan bakar yang tergolong sangat irit karena bisa mencapai 1:50 lebih. Getaran mesinnya sangat halus bahkan kadang tidak terasa ketika dalam kondisi stationer. Gigi 2 motor ini memiliki rasio yang berat sehingga nafasnya bisa lebih panjang dibandingkan gigi transmisi lain. Untuk gigi 4 hanya digunakan sebagai overdrive atau untuk menghaluskan tenaga saja.

Kelemahan motor ini ada pada transmisnya yang kadang susah untuk memasukkan giginya. Berbanding terbalik dengan mesinnya yang halus, bodi motor ini sangat sering bergetar terutama ketika umurnya sudah lumayan tua. Shockbreaker motor ini juga lumayan keras untuk ukuran motor komuter yang harusnya nyaman. Untuk harga bekasnya bisa bervariasi antara 3 sampai 6 juta tergantung kondisi dan kelengkapan motor itu sendiri.

Spesifikasi Honda Karisma NF125 ini adalah sebagai berikut:

Spesifikasi Honda Karisma NF125
Jenis Cub
Tipe NF125
Mesin 1 silinder SOHC 2 valve pendingin udara 125cc
Bore X Stroke 52.4 X 57.9 mm
Sistem Bahan Bakar Karburator
Transmisi Manual semi otomatis 4 Speed
Wheelbase 1.249 mm
Panjang 1.901 mm
Lebar 708 mm
Tinggi 1.078 mm

0 Response to "Honda Karisma NF125"

Post a Comment