Mobil Presiden era Orde Baru

Mercedes W140 Soeharto

Orde Baru adalah sebutan untuk masa pemerintahan Presiden Soeharto di Indonesia yang menggantikan Orde Lama atau era pemerintahan Soekarno. Ada beberapa peristiwa penting yang menandakan lahirnya Orde Baru dan berakhirnya Orde Lama seperti peristiwa G30S/PKI dan dikeluarkannya Surat Perintah 11 Maret 1966 atau Supersemar. Karena blog Mobilmotorlama sama sekali tidak tertarik dunia politik, kali ini kita akan membahas mobil-mobil dinas penguasa Orde Baru atau yang lebih dikenal dengan sebutan Pak Harto yang berlangsung dari tahun 1966 hingga Maret 1998.

Mobil kepresidenan bukan sembarang mobil yang dipakai presiden untuk berpindah tempat dari titik A ke titik B. Selain untuk transportasi kepala negara sekaligus kepala pemerintahan di Republik Indonesia, ada kalanya mobil kepresidenan juga dipakai untuk menjemput dan mengantar tamu negara seperti kepala negara sahabat misalnya. Memang tidak semua tamu negara memiliki kesempatan untuk mencicipi interior mobil kepresidenan Indonesia seperti Ratu Juliana yang datang jauh-jauh dari Belanda memakai sebuah Mercedes-Benz 600 "Grosser Mercedes atau Grand Mercedes" pada lawatannya ditahun 1971. Seperti ruang tamu dirumah kita, tentunya ada rasa malu apabila ruang tamu kita terasa kurang wah dimata tamu yang berkunjung. Oleh karena itu mobil kepresidenan yang dipilih bukan main-main kualitas, kenyamanan, serta keamanannya. Kembali ke topik utama, berikut ini mobil kepresidenan era orde baru yang dirangkum mobilmotorlama.

Cadillac DeVille Series 70 Fleetwood limousine 1966

Cadillac Fleetwood Series 70

Mungkin karena alasan politis, Soeharto yang saat itu baru dilantik langsung mengganti mobil kepresidenannya dengan Cadillac Series 70 pada tahun 1966. Walau sudah memasuki era orde baru dan meninggalkan orde lama dengan berbagai perubahan, namun sepertinya Sekretariat Negara masih belum bisa berpaling dari mobil buatan Amerika Serikat untuk kendaraan dinas RI-1. Mobil ini ditugaskan selama 5 tahun dari 1966 sampai 1971. Untuk mesin, digunakan mesin 7025cc OHV V8. Sedikit banyak selera yang dimiliki pemimpin tertuang melalui mobil dinasnya. Soeharto memiliki selera yang lebih kompleks. Pada kendaraan dinas Soeharto bangku dilapisi kulit yang dikombinasikan dengan suede yang bercorak unik.

Cadillac DeVille Series 75 Fleetwood limousine 1971

Cadillac Fleetwood Series 75

Cadillac mengganti Series 75 generasi ke sembilan menjadi generasi ke sepuluh pada tahun 1970. Mungkin karena ada yang lebih baru, Sekretariat Negara mengganti Series 75 yang dipakai RI-1 dengan limousine ini. Mobil ini menjadi Cadillac terakhir yang dipakai sebagai mobil dinas kepala negara di Indonesia. Mobil ini memiliki perbedaan desain eksterior dengan versi sebelumnya berupa bentuk yang mengotak dengan ukuran yang lebih kecil. Selain itu, pada bagian mesin juga berbeda dimana untuk DeVille keluaran 71 ini memakai mesin 7729cc OHV V8. Untuk fiturnya, konon tidak ada perbedaan dengan mobil dinas sebelumnya. Walau digunakan untuk seorang kepala negara, namun mobil ini belum dilengkapi dengan material khusus untuk keamanan seperti anti peluru. Mobil ini digunakan sebagai kendaraan dinas Soeharto sampai tahun 1974.

Mercedes-Benz W116 Barong 1975

Mercedes Benz Barong W116Mungkin karena sudah bosan akan mobil Amerika, sekretariat negara akhirnya berpaling ke brand asal Jerman Barat bernama Mercedes-Benz. Mobil memiliki julukan Mercy Barong bukan karena tampangnya yang seram mirip dengan barong melainkan karena grill depan berukuran besar yang mirip dengan mulut barong. Diluar sana, mobil ini merupakan Mercedes-Benz pertama yang memiliki sebutan S Class atau S Klasse dimana S merupakan singkatan dari Sonderklasse atau kelas spesial dalam bahasa Jerman. Mobil ini merupakan S Klass terakhir yang juga dijual untuk sipil sebelum akhirnya dilarang masuk karena statusnya yang CBU pada era 80an. Kebanyakan W116 untuk sipil merupakan tipe 280S dengan karburator walau ada juga 450S karburator dan 450SEL.

Mercedes-Benz W126 Eagle 500SEL 1987

Mercedes-Benz W126 Eagle

S Klasse dengan masa produksi terpanjang ini dikenal di Indonesia dengan julukan Mercedes-Benz Eagle di Indonesia. Seperti Mercy lainnya, mobil ini memiliki berbagai macam tipe yang dibedakan dari panjang sasis dan mesin yang digunakan. Untuk mobil kepresidenan, Mentri Sekertariat Negara membeli Mercedes-Benz W126 500SEL limousine keluaran tahun 1987. Selain untuk kendaraan dinas presiden, wakil presiden saat itu mulai dari Sudharmono hingga Tri Sutrisno juga mendapat unit yang sama. Jika mobil RI 1 bertipe stretch limousine, RI 2 saat itu hanya Mercedes-Benz 500SEL sedan empat pintu. Sebagai mobil kepresiden yang juga dipakai berbagai kepala daerah diberbagai belahan dunia, mobil ini juga dibekali dengan berbagai piranti keselamatan tingkat tinggi seperti bulletproof glass dan armored body panels. Mobil inilah yang menjadi mobil terakhir yang dipakai Soeharto sesaat setelah membacakan surat pengunduran diri dan meninggalkan istana. Setelah jatuhnya orde baru, mobil ini dibawa ke museum Mercedes-Benz di Stuttgart, Jerman atas restu presiden Habibie.

Mercedes-Benz W140 S600 1994

Mercedes Benz W140

Sekitar tahun 1994, Mercedes-Benz W126 mulai jarang terlihat digunakan sebagai kendaraan presiden karena perannya digantikan oleh Mercedes-Benz W140. Berbeda dengan W126, W140 untuk kendaraan presiden RI ini berbentuk sedan 4 pintu. Untuk keamanannya masih sama dengan W126 limosin dengan kaca anti peluru dan armored body. W140 ini mungkin menjadi mobil kepresidenan yang paling awet di Indonesia karena terus dipakai menjadi mobil presiden sejak tahun 1994 pada era presiden Soeharto dan berlanjut ke presiden B.J. Habibie, Abdurahman Wahid, Megawati Soekarnoputri sampai Susilo Bambang Yudhoyono. Baru pada tahun 2008 mobil ini dihentikan tugasnya dan posisinya digantikan oleh Mercedes Benz W211 S600L.

Mercedes-Benz G-Klasse

Mercedes Benz G Wagen

Jip dari Mercedes-Benz ini bukan mobil kepresidenan resmi melainkan mobil untuk pengawalan paspampres (pasukan pengaman presiden). Walau begitu, sering terlihat diberbagai media jaman Orde Baru pak Harto juga tidak jarang merasa lebih senang menumpang dimobil ini. Beberapa G-Klasse yang terlihat pernah ditumpangi Soeharto ini adalah 290GD 2 pintu berwarna putih dengan bagian belakang soft top yang sering dipakainya untuk inspeksi acara kemiliteran. Tak hanya itu, beredar cerita pak Harto juga sering main golf dengan menaiki Mercedes-Benz 500GE bersama paspampres yang menaiki 2 mobil yang entah itu 290GD atau 280GE LWB dan SWB tanpa patwal. Kenapa pak Harto bisa lebih senang jip ini dibanding S Klasse yang menjadi kendaraan kepresidenan resminya? Ada yang bilang memang Soeharto tidak hobi dengan mobil karena tidak punya koleksi mobil seperti orang yang suka akan mobil. Keluarga Cendana yang menyukai mobil bukan Soeharto melainkan anak-anaknya seperti Tommy Seharto yang konon punya semua varian homologasi mobil reli grup B. Kenapa memilih Mercy G Class karena mobil ini tidak mencolok untuk dipakai diluar jam kerja maupun di jam kerjanya dengan kesan lebih merakyat namun tetap mempunyai kualitas, taste dan brand yang sagat dipercaya oleh semua petinggi negara dan pengusaha papan atas.

Ya itu tadi sedikit mengenai mobil kepresidenan yang digunakan pada jaman presiden Soeharto. Mungkin ada yang belum lengkap atau ada yang salah mohon koreksinya karena saya belum ada pada waktu awal orde baru. Semoga menginspirasi.

7 Responses to "Mobil Presiden era Orde Baru"

  1. Artikel yany bagus sekali mas, sejarah2 mobil, tapi mungkin kurang gambar sebagai ilustrasi buat pembaca, terutama yg awam seperti saya
    Jadi agak bingung kl tidak googling dulu

    Terimakasih, hanya sekedar saran

    ReplyDelete
  2. Artikel yany bagus sekali mas, sejarah2 mobil, tapi mungkin kurang gambar sebagai ilustrasi buat pembaca, terutama yg awam seperti saya
    Jadi agak bingung kl tidak googling dulu

    Terimakasih, hanya sekedar saran

    ReplyDelete
    Replies
    1. makasih sarannya mas, kita cuma belum nemu gambar mobilnya yang resolusinya agak bagusan dikit. cuma foto mercedes W140 diatas saja yang dapat.

      Delete
  3. keren ya..di jaman orba juga nih volvo jd mobil dinas

    ReplyDelete
    Replies
    1. orde lama pake buatan amrik, orba buatan eropa sementara sekarang pakenya toyota

      Delete
  4. Kalau ini tipenya apa om? Punyae tetanggaku sekarang dongkrok DIBELAKANG ADA emblem 500SEL

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa jadi W126 atau W140
      yang jelas S class mesin 5000cc injeksi dan sasisnya panjang (pintu belakangnya yg lebih panjang)

      Delete