Suzuki Baleno & Baleno Millenium

Suzuki Baleno sedan

Suzuki Baleno merupakan sedan kompak yang pertama kali hadir di indonesia pada tahun 1996. Sedan Suzuki ini termasuk unik karena secara ukuran, mobil ini masih bisa disandingkan dengan kelas small sedan seperti Civic dan Corolla. Jika dilihat dari harganya, mobil ini sekelas dengan compact sedan macam City dan Soluna. Mobil ini didaulat oleh PT. Indomobil Niaga Internasional selaku ATPM Suzuki untuk menggantikan peran Suzuki Esteem. Di luar sana, mobil ini juga dikenal dengan nama Suzuki Cultus Crescent (Jepang), Suzuki Esteem (Amerika Utara), Maruti Baleno (India) dan Chevrolet Cassia di Filipina.

Mesin yang dipakai Suzuki Baleno ini berbeda antar model faceliftnya. Pada awalnya, Suzuki melengkapi mobil ini dengan mesin G16B 4 silinder SOHC 16valve bertenaga 1600 dengan electronic point injection. Mesin ini merupakan pinjaman dari Suzuki Futura 1600cc, Esteem GT, dan Escudo, Vitara dan Sidekick. Mesin ini menghasilkan tenaga sebesar 99Hp pada 6000Rpm dan torsi 127Nm pada 3500Rpm. Sayang pilihan transmisi hanya tersedia manual 5 perceptan untuk menggerakkan roda depannya. Memasuki milenia baru, pemerintah mengubah aturan pajak dimana mobil 1600cc memiliki pajak yang lebih mahal. Oleh karena itu pada versi faceliftnya Suzuki mengganti mesin G16B dengan G15B yang memiliki konfigurasi sama dengan G16B hanya saja kapasitas mesinnya menjadi 1500cc. Tenaga maksimum yang bisa dihasilkan mencapai 103Hp pada 6000Rpm dan torsi 127Nm pada 4500Rpm. Selain manual 5 percepatan, hadir juga transmisi otomatis 4 percepatan pada versi facelift ini.

Pertama kali muncul tahun 1996 akhir untuk menggantikan Suzuki Esteem, Suzuki Baleno prafacelift ini memiliki bentuk yang lebih lebar dan sedikit terkesan mengotak berkat lampu sipitnya serta grill depannya. Berbeda dengan Suzuki Esteem yang terkesan agak culun, desain eksterior Baleno lebih terkesan sporty. Di bagian belakang, Baleno memakai stoplamp model semi trapesium dengan keempat sudutnya yang membulat dan meinggalkan garnish besar seperti yang terpasang pada Esteem. Dibagian interiornya, dashboard mobil ini terutama bagian konsol tengahnya cenderung mengarah ke arah pengemudinya seperti yang biasa ditemukan pada mobil BMW. Ciri khas lainnya, bentuk kisi-kisi ac tengahnya asimetris.

Pada tahun 1999, Suzuki melakukan facelift pada Suzuki Baleno dengan tampilan eksterior baru. Baleno facelift ini dikenal orang sebagai Baleno Millenium karena mucul hampir disaat pergantian milenia baru. Ciri khasnya ada pada lampu depan membulat dengan reflektor model diamond cut. Grill depannya juga berubah menjadi lebih besar. Untuk mesinnya turun 100cc karena pajak dan mulai tahun 2000, Suzuki mulai mengenalkan pilihan transmisi otomatis 4 percepatan. Dibagian belakangnya hampir tidak ada perbedaan dengan Baleno pra facelift. Dibagian interior, terdapat perbedaan pada konsol tengah dashboard yang bentuknya kini lebih simetris. Setir dan lainnya masih sama seperti Baleno lama termasuk penggunaan setir Escudo/Vitara. Pada tahun 2002, terjadi minor facelift terakhir Baleno dengan perubahan berupa grill 3 garis vertikal, velg dengan palang 5 dari yang sebelumnya 6 palang serta warna latar spidometer.

Kelebihan Baleno ini adalah mesinnya yang lumayan awet karena sudah terbukti dipakai di SUV macam Escudo sampai minibus macam Carry. Konsumsi bensinnya tergolong sangat irit terutama untuk versi 1500cc nya. Suspensi independen macperson strut dan dilengkapi dengan per keong dibelakang membuat mobil ini terasa lebih empuk dan nyaman dibanding sedan lain dikelasnya. Kelemahannya handlingnya yang terasa limbung dan tenaga putaran atas yang kurang. Sparepart mobil ini juga sangat mudah dicari dan murah perawatannya. Harga jual mobil ini berkisar antara 60 jutaan. Mobil ini termasuk sedan yang bagus hanya saja karena merknya Suzuki jadi kurang diminati untuk mobil sedannya. Padahal, harga baru mobil ini hanya 126 juta pada tahun 2001 varian matic yang menjadikannya market leader dikelas sedan 1500cc sekaligus menjadi yang paling terjangkau diantara rival dari merk Jepang lainnya. Mobil ini cocok untuk orang yang tidak mempedulikan merk dan lebih menyukai konsumsi bbm irit dan kenyamanan dibanding performa namun tetap ingin tampil stylish.

Spesifikasi Suzuki Baleno ini adalah sebagai berikut:

Spesifikasi Suzuki Baleno
Jenis Sedan
Tipe Baleno
Mesin G16A SOHC 1600cc
G15A SOHC 1500cc (facelift)
Bore X Stroke 75.0 X 84.5 mm (G15)
75.0 X 90.0 mm (G16)
Sistem Bahan Bakar Multi point injection
Transmisi Manual 5 Speed
Otomatis 4 Speed (facelift)
Wheelbase 2.480 mm
Panjang 4.375 mm
Lebar 1.695 mm
Tinggi 1.395 mm

2 Responses to "Suzuki Baleno & Baleno Millenium"

  1. lumayan nih, sekilas siluetnya mirip galant lele cuma lebih kecil..dibanding baleno baru aneh tinggi kaya hatchbak

    ReplyDelete
    Replies
    1. hatchback dikasih buntut emang tidak secantik proporsi desain asli sedan

      Delete