Toyota Corolla Veteran KE30

Toyota Corolla Veteran KE30

Mendengar nama Corvet (Corvette) mungkin yang terbayang didalam benak adalah sebuah sport muscle car asal Amerika Serikat yang generasi terbarunya akan muncul beberapa saat lagi. Sayangnya karena mobil ini tidak pernah masuk ke Indonesia melalui ATPM resminya, sebagai gantinya kali ini kita akan membahas sebuah sedan Toyota Corolla generasi ketiga alias KE30 yang diberi julukan Corvet atau Corolla Veteran. Alasan Mengapa mobil ini dijuluki Corolla Veteran adalah karena konon jaman dulu banyak pengguna mobil ini adalah pensiunan angkatan bersenjata khususnya di sekitar wilayah Jakarta.

Sesuai kode designasinya, mobil ini memakai mesin seri K atau tepatnya 3K dengan konfigurasi 4 silinder OHV 8 valve berkapasitas 1200cc. Mesin ini masih memakai karburator untuk pasokan bahan bakarnya dan tentunya platina untuk pengapiannya. Mesin ini masih sama dengan Corbet atau Corolla KE20 yang muncul sebelumnya dan Toyota Kijang pertama dengan kode KF10. Mesin ini terkenal bandel dan irit pada jamannya apalagi setelah dunia dilanda krisis energi akibat embargo minyak bumi yang dilakukan negara-negara Arab yang membuat mobil ini begitu meledak popularitasnya. Untuk penyaluran daya ke roda belakang, digunakan transmisi manual 4 percepatan standar masa itu.

Untuk versi Indonesia, hanya ada sedan 4 pintu yang dijual Toyota Astra Motor yang saat itu baru berdiri. Mobil ini pertama kali diperkenalkan di Jepang pada tahun 1974 dan langsung menjadi hits baik di Jepang maupun didunia. Karena berbagai permintaan konsumen, Toyota membuat Corolla generasi ke tiga ini dengan berbagai macam bentuk yang memiliki kode bodi berbeda ditiap tipenya. Untuk sedan 4 pintu seperti yang umum dijumpai dijalanan Indonesia serta coupe 2 pintu dengan mesin seri K memiliki kode E30. Varian sporti dengan bentuk bodi yang sama namun memakai mesin seri T yang lebih kencang memakai kode E31. Varian van untuk transportasi barang memiliki kode E36. Untuk varian sporty Toyota Corolla Levin dan Sprinter Trueno memiliki kode mulai dari E37, E47, E55, E65 dan masih banyak lagi dengan perbedaan berupa mesin dan berbagai aksesori. Walaupun variannya sangat banyak, namun karena mulai tahun 1973 setiap kendaraan bermotor yang dijual di Indonesia harus dirakit oleh manufaktur di Indonesia yang saat itu tentunya masih berupa rintisan hanya varian sedan 4 pintu dengan mesin seri K saja yang masuk ke Indonesia.

Toyota Corolla terakhir yang masih memakai emblem mahkota kelopak bunga yang dijual di Indonesia ini memiliki ukuran bodi yang sedikit lebih besar dibandingkan dengan Corolla KE20 atau Corbet. Sepintas bentuknya masih sama namun jika diperhatikan mendetail baru terlihat banyak perbedaanya. Karena bentuknya inilah Corvet masih menjadi mobil retro pilihan favorit untuk dimodifikasi. Cukup tambahkan spion tanduk, over fender, duck tail, front chin (jenggot) serta ganti ban donat dengan velg belimbing sudah membuat mobil ini menjadi pusat perhatian bila tampilannya bersih dan rapi tentunya. Memang secara fitur mobil ini masih serba manual tapi disitulah seninya. Selama masa edarnya dari tahun 1974 samapi 1979 terdapat sedikit minor facelift sekitar tahun 1976 dengan beda hanya berupa grill dan lampu belakang.

Selain kelebihan dibagian tampilannya, perawatan mobil ini juga lumayan mudah. Part mesin dan transmisi mobil ini karena sama dengan Kijang dan banyak persamaanya dengan Kijang sampai generasi kapsul dengan mesin seri K membuat partnya banyak bertebaran di toko sparepart dipelosok tanah air. Untuk upgrade performa tidak sedikit yang mengganti total mesinnya dengan mesin Kijang 1500cc maupun yang 1800cc. Sayangnya karena mobil ini sudah termasuk mobil antik, part bodinya sudah langka dan kalaupun ada biasanya mahal. Biasanya dibagian lantai dan sudut-sudut seperti ujung rumah roda sering terlihat adanya keropos.

Spesifikasi Toyota Corolla Veteran KE30 ini adalah sebagai berikut:

Spesifikasi Toyota Corolla Veteran KE30
Jenis Sedan
Tipe KE30
Mesin 3K OHV 1200cc
Bore X Stroke 75.0 X 66.0 mm
Sistem Bahan Bakar Karburator
Transmisi Manual 4 Speed
Wheelbase 2.370 mm
Panjang 3.995 mm
Lebar 1.570 mm
Tinggi 1.375 mm

2 Responses to "Toyota Corolla Veteran KE30"

  1. Enak kali ya dipake harian..tapi kira kira radiatornya kuat macet macetan gak ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kuat-kuat aja selama sehat, toh kalo penyakitan bisa pake punya kijang jadi gampang ngurusnya

      Delete