Honda Civic Wonder F1 Special Edition

Honda Civic Wonder F1 Special

Honda merayakan buah manis hasil kembalinya ke ajang F1 sebagai engine supplyer pada tahun 1987 setelah Williams berhasil merebut mahkota pemenang lewat Nelson Piquet. Untuk merayakannya, Honda mengeluarkan varian spesial untuk Honda CRX dan Honda Civic Wonder. Kali ini Mobilmotorlama coba mengulas soal varian F1 spesial Honda Civic siapa tahu bisa jadi inspirasi modifikasi untuk Civic Wonder pembaca sekalian. Sebelumnya, yuk disimak dulu sejarah gemilang dan kelam Honda di F1 sebelum munculnya CRX dan Civic F1 special ini.


Sekitar 1960an, Honda yang saat itu baru 4 tahun terjun dibisnis mobil nekat mengikuti balap mobil paling bergengsi bernama Formula 1. Berbekal pengalamannya didunia sepeda motor, Honda ikut balap menggunakan mobil Honda RA271 dan menantang peserta lain yang saat itu begitu didominasi oleh tim asal Eropa. Honda RA271 ini baik mesin dan sasisnya dibuat sendiri oleh Honda yang seluruh engineernya berasal dari Jepang tanpa campur tangan pihak lain. Sebuah fakta yang mengejutkan karena pada saat itu tim yang mampu membuat sendiri sasis dan mesinnya hanya tim papan atas macam Ferrari dan BRM.

Setahun kemudian, Honda sudah mulai kompetitif dengan mobil barunya, Honda RA272 dengan mesin pendingin air 1500cc V12 DOHC 48valve dengan tenaga maksimum mencapai 230Hp pada 13000Rpm. Sebuah angka yang sangat besar untuk ukuran mobil F1 era 60an. Pada GP Mexico 1965, ditangan pembalap asal Amerika Serikat, Richie Ginther Honda akhirnya berhasil menang dan menjadikannya mobil/pabrikan Jepang pertama yang memenangkan salah satu seri F1. Walaupun pada tahun 1966 prestasinya stagnan dan cenderung turun, Honda akhirnya kembali kompetitif setelah hadirnya juara dunia F1 tahun 1964 dan juara dunia motor 4 kali, John Surtees. Selain itu, Honda juga bekerja sama dengan Lola untuk membuat RA300 yang bisa membuatnya menempati posisi 4 di klasmen akhir.

Tahun 1968, Honda membuat kontroversi di ajang F1. Untuk tahun 1968, Honda membuat Honda RA303 dengan mesin V12 pendingin udara, spoiler misterius dan bodi magnesium. John Surtees melihat potensi bahaya yang besar dengan bodi magnesium RA303 dimana magnesium jika bereaksi dengan air malah menghasilkan api menolak mengemudikan RA303. Benar saja, di GP Perancis dimana mobil ini memulai debutnya, Jo Schlesser yang menggantikan John Surtees untuk mengendarai mobil ini mengalami kecelakaan yang membuat RA303 yang dikemudikannya terbakar. Karena saat itu belum ada foam kimia untuk memadamkan api, jadilah Jo Schlesser terbakar hidup-hidup. Di akhir seri 1968, Honda akhirnya mengundurkan diri dari F1 yang salah satu alasannya karena kecelakaan ini.

Honda kembali lagi ke F1 pada tahun 1983 bukan sebagai tim melainkan sebagai pemasok mesin. Tim yang memakai mesin dari V6 turbo dari Honda ini adalah Williams dan Spirit. Berkat usahanya, Williams dan Honda akhirnya berhasil merajai gelaran F1 tahun 1987. Puncaknya, pada tahun 1988 Honda bersama McLaren berhasil memenangkan 15 dari 16 balapan dengan mesin Honda V6 turbo 1500cc. Ayrton Sena yang menjadi rookie di McLaren berhasil menjadi juara dunia dengan 8 kali menang dan Alain Prost yang menjadi rekan setim Sena menang 7 kali.

Kembali lagi ke Civic. Seperti yang dijelaskan diatas, Honda mengeluarkan varian edisi terbatas untuk CRX dan Civic yang diberi nama Honda F1 Special. Varian spesial untuk Civic seperti yang sedang kita bahas ini memiliki cirikhas berupa warna putih "Championship White". Warna yang sama dengan Honda RA273 yang menjadi mobil Jepang pertama yang memenangkan Formula 1. Aksesori lainnya yang terdapat pada mobil ini adalah velg alloy palang 5 yang pola bentuknya mirip dengan velg original Lancer CK4 yang juga berwarna putih. Jok mobil ini sudah menganut model semi bucket dan juga memiliki bordiran khusus dengan tulisan F1 Special. Pada setir palang 3nya juga terdapat tulisan F1 Special. Dibagian eksteriornya, terdapat decal tambahan berupa tulisan "Grand Prix Champion F1 Special Edition" di depat fender belakang. Disamping bodinya terdapat striping garis kecil berwarna merah putih dan biru yang mempermanis tampilannya. Aksesori lainnya ada pada warna spion dan handle pintu senada dengan bodi serta tint kaca.

Honda F1 Special features

Varian spesial apalagi untuk merayakan kemenangan di F1 tentunya bagian mesinnya tidak boleh sembarangan. Disini Honda memasangkan mesin ZC DOHC 16 valve 1600cc dengan injeksi PGM-Fi. Mesin ini sanggup menghasilkan tenaga sebesar 135Ps pada 6500Rpm dan torsi 15,5Kg-m pada 5000Rpm. Power to weight rationya cukup besar mencapai 6,74Kg/ps. Walau belum memakai teknologi VTEC, namun untuk ukuran mobil 80an tentunya tenaga segitu sudah cukup besar bukan?

Civic F1 Special rear


Sayangnya varian F1 special ini hanya dijual untuk JDM saja. Semua Civic dan CRX F1 special memakai setir kiri sesuai dengan regulasi di Jepang sana. Beberapa unit mungkin sudah berada di luar Jepang karena memang mobil bekas di Jepang kadang diekspor kemanca negara. Di Indonesia sendiri sepertinya tidak ada Civic maupun CRX  F1 special yang "terdampar" disini. Walau begitu, setidaknya varian spesial F1 ini bisa dijadikan inspirasi modifikasi untuk Wonder SB3 disini.

Spesifikasi Honda Civic F1 Special Edition ini adalah sebagai berikut:

Spesifikasi Honda Civic F1 Special Edition
Jenis Hatchback
Tipe EW3
Mesin ZC DOHC 1590cc
Bore X Stroke 75.0 X 90.0 mm
Sistem Bahan Bakar Injeksi PGM-Fi
Transmisi Manual 5 Speed
Wheelbase 2.380 mm
Panjang 3.810 mm
Lebar 1.630 mm
Tinggi 1.340 mm

0 Response to "Honda Civic Wonder F1 Special Edition"

Post a Comment