Perbedaan Lancer Evolution 4/5/6 dengan CK4

Lancer Evolution 6 GSR rear

Mitsubishi kembali mengembangkan Lancer Evolution setelah sukses dengan Lancer Evolution 3 yang bersaing ketat dengan seteru abadinya sesama Jepang, Subaru Imprezza WRX STi. Bersamaan dengan munculnya Lancer dengan kode sasis CK, Mitsubishi akhirnya menggunakan basis Lancer CK ini untuk Evolution barunya pada tahun 1996. Dengan berbagai pengembangan, Mitsubishi akhirnya berhasil menjuarai WRC pada tahun 1998 setelah bertarung dengan sengit melawan kubu Subaru.


Sama seperti Lancer generasi CB yang di Indonesia sering dipanggil Evo 3, Lancer generasi CK ini juga sering dipanggil Evo 4 di Indonesia. Padahal secara teknis, antara Lancer Ck4 dengan Evolution 4, 5 dan 6 terdapat banyak perbedaan mulai dari tampilan hingga mekanikalnya. Disini Mobilmotorlama akan coba mengulas beberapa perbedaan antara Lancer Evolution 4, 5 dan 6 asli dengan Lancer CK4 lokal yang beredar di indonesia. Untuk Lancer Evolution 1, 2 dan 3 sudah pernah diulas di sini.

Perbedaan Lancer Evolution 1, 2, 3 dengan CB2, CB4 dan CB5.

Tipe

Lancer CK4 versi Indonesia hadir dalam 2 trim atau tipe, yaitu GLXi dan SEi. Perbedaan keduanya ada pada kelengkapan aksesori dan peranti keselamatan dimana SEi merupakan tipe paling mahal dan paling lengkap. Lancer Evolution 4 dan 5 terbagi menjadi 2 tipe yaitu RS (Rally Sport) dan GSR (Grand Sport Racing). Secara umum Lancer Evolution RS merupakan tipe paling sederhana dengan fitur serba manual dan sederhana sehingga beratnya lebih ringan dan bisa langsung dipakai balapan. Lancer Evolution GSR merupakan versi jalanan dengan berbagai fitur yang terdapat pada mobil jalanan pada umumnya. Pada Lancer Evolution 6 selain varian RS dan GSR ada jug RS2 yang merupakan versi RS dengan sedikit fitur GSR yang cocok untuk mobil harian tapi sering mengikuti track day diakhir pekan. Selain itu ada juga varian RS lain dengan jumlah sedikit seperti RS limited dan RS Tuned by Ralliart UK yang beratnya lebih ringan dan mampu menghasilkan tenaga 330Hp. Pada tahun 1999 muncul varian special edition yang diberi nama Tommi Makinen edition untuk menghormati Tommi Makinen yang memenangkan kejuaraan WRC dengan Lancer Evolution. Varian spesial ini sering juga disebut Evo 6,5 atau TME dengan ciri khas warna merah dan stripping menyerupai Lancer Evolution di WRC.

Bodi dan Eksterior

Sepintas tampilan luar Lancer CK4 sebelum facelift terlihat mirip dengan Lancer Evolution 4 sementara CK4 facelift mirip dengan Lancer Evolution 5 dan Evolution 6. Pada Evolution 4, bagian bumper memiliki ciri khas berupa dua buah foglamp bulat berukuran besar yang kelak menjadi ciri khas dari Lancer Evolution. Selain itu terdapat lubang hawa yang terletak dibagian tengah dibawah grill yang ukurannya besar untuk melindungi intercooler dari kerikil di jalan. Dibagian kap mesin terdapat lubang hawa berukuran besar ditengah dan lubang intake kecil di sebelah kiri kap mesin. Bagian samping terdapat perbedaan berupa adanya sideskirt dengan tulisan embos Lancer Evolution IV. Di bagian belakang terdapat spoiler almunium besar dengan spliter ditengahnya seperti Lancer Evo 3. Lampu belakang Evo 4 ini juga masih dilengkapi dengan garnish. Untuk velg digunakan velg OZ light weight racing wheels dengan ukuran 16 inch atau 17 inch tergantung permintaan konsumen.


Lancer Evolution 5 secara eksterior berubah lumayan jauh dibanding Evolution 4. Lampu depan Evo 5 ini lebih kotak begitu juga dengan lampu seinnya. Grill depan berukuran lebih besar menyesuaikan bentuk lampu utamanya. Bumper depan berubah menjadi lebih besar begitu juga dengan splitter didepan. Varian GSR dilengkapi dengan foglamp besar dibawah lampu utama sementara varian RS tidak. Dibagian kap mesin terdapat lubang hawa berukuran besar yang mirip dengan yang ada pada Evolution 4 namun dipisah dan lubang intake yang ukurannya lebih besar dibanding Evolution 4. Dibagian samping Lancer Evo 5 memiliki side skirt yang lebih besar dibanding Evo 4. Selain itu terdapat fender yang membuatnya lebih lebar. Velg yang digunakan masih sama dengan Evo 4 namun ukurannya hanya tersedia 17 inch. Dibagina belakang spoiler Evo 5 berubah modelnya dengan menghilangkan splitter. Lampu belakangnya masih mirip dengan Evolution 4 lengkap dengan garnishnya hanya saja letak lampu sein dan mundur berada diatas lampu stop dan terdapat reflektor berwarna putih pada garnishnya untuk varian GSR sementara RS tidak memakai garnish.


Pada Lancer Evolution 6 bentuk keseluruhan masih mirip dengan Lancer Evolution 5 hanya saja terdapat perbedaan pada bagian lampu depannya dimana Evo 6 terlihat lebih sipit dibanding Evolution 5. Bumper Evo 6 ini juga direvisi dibagian rumah foglamp yang menjadi lebih menonjol. Peletakan plat nomer depan Evo 6 kini berpindah ke sebelah kiri mobil agar air flow intercooler tidak terganggu. Dibagian samping hampir tidak ada perbedaan kecuali decal bertuliskan Evolution VI dan penggunaan velg Enkei berukuran 17 inch. Dibagian belakang terdapat perbedaan berupa spoiler yang didesain ulang di bagian samping dan meninggikan tempat 3rd brake lamp. Lampu belakangnya masih mirip Evo 5 hanya saja kini tidak dilengkapi dengan garnish baik untuk tipe GSR maupun RS.

Mekanikal

Lancer CK4 hanya dibekali dengan mesin Mitsubishi 4G92 SOHC 1600cc sementara Lancer Evolution memakai mesin Mitsubishi 4G63T DOHC 2000cc. Pada Lancer Evolution 4, mesin turbo ini mampu menghasilkan tenaga sebesar 276Hp pada 6500Rpm dan torsi 330Nm pada 4000Rpm berkat high-speed cam profile, piston ringan, penggunaan twin scroll turbocharger TD05-HR, intake manifold yang dibuat lurus dan sebagainya. Pada Lancer Evolution 5, tenaga yang dihasilkan masih sama hanya saja torsi bertambah menjadi 373Nm pada 3000Rpm berkat penggunaan injektor 560cc, durasi cam yang dinaikkan, serta ECU yang bisa diflash untuk meningkatkan tekanan turbo. Pada Evolution 6, terdapat ubahan mesin berupa penggunaan intercooler lebih besar, oil cooler yang lebih besar, dan piston baru. Selain itu pada tipe RS digunakan turbo dengan  titanium-aluminide turbine wheel.

Transmisi yang digunakan Lancer Evolution hanya tersedia manual 5 percepatan. Transmisi manual super cross transmission ini terdapat pilihan gigi tinggi dan rendah yang bisa disetting rasionya. Pada Lancer Evo RS, terdapat torque-sensitive helical LSD (limited-slip differential) dibagian depan dan LSD yang tipe gesekan dibagian belakang. Untuk Lancer CK4 sendiri masih memakai transmisi manual 5 percepatan dan terdapat pilihan transmisi otomatis 4 percepatan.

Lancer Evolution 4 yang mulai diproduksi pada bulan Agustus 1996 ini sudah dibekali dengan Active Yaw Control (AYC) yang secara elektronik mengatur besarnya torsi yang disalurkan ke roda kanan dan kiri tergantung situasi. Yaw control ini dipakai untuk meningkatkan stabilitas saat mengerem. Pada Evolution 5, Yaw control ini disempurnakan lagi dengan penggunaan rem brembo dengan bore piston meingkat 0,3mm.

Interior


Bagian interior Lancer CK4 yang merupakan sedan biasa berbeda jauh dengan Lancer Evolution yang merupakan mobil rally dan juga mobil sport. Pada Lancer Evolution 4 digunakan sepasang jok Recaro SR dibagian depan dengan motif tribal berwarna merah maroon. Pada Lancer Evolution 5 digunakan jok Recaro SR yang lebih baik memeluk pengendara. Selain itu motif pada doortrim dan jok menjadi lebih kalem pada Evolution 5 dengan kombinasi abu-abu terang dan hitam. Pada Lancer Evolution 6 hampir tidak ada bedanya dengan Evolution 5 hanya saja warna abu-abunya menjadi lebih gelap.


Sepintas, bentuk dashbor antara Lancer Evolution dengan Lancer CK hampir sama. Bila dilihat lebih lanjut, terdapat perbedaan yang sangat mencolok dibagian tombol pengaturan AC dimana Lancer Evolution memaki model tombol sementara Lancer CK memakai model knob yang diputar. Dibagian instrumen clusternya, Lancer Evolution 4 dan 5 memakai background berwarna putih dan terdapat indikator tekanan turbo yang tidak tersedia pada Lancer CK4. Pada Lancer Evolution 6 background speedometernya berwarna biru gelap dengan tanda berwarna putih. Untuk Lancer CK4 warna speedometer senada dengan warna dashboard. Setir yang digunakan pada Lancer Evolution memakai setir palang 3 dari Momo.

Harga

Sama seperti Evolution 1, 2 dan 3, Lancer Evolution ini merupakan mobil homlogasi sehingga untinya tidak terlalu banyak. Lancer Evolution 4 pertama kali diproduksi pada Agustus 1996 sampai Desember 1997 terjual sebanyak 13.134 unit. Lancer Evolution 5 diproduksi antara Januari 1998 sampai Desember 1998 terjual 7.617 unit di Jepang. Terakhir, untuk Lancer Evolution 6 terjual 7.594 unit di Jepang. Selain di Jepang, Lancer Evolution 5 dan 6 juga dijual di Inggris dan beberapa negara Eropa. Di Indonesia populasinya bisa dihitung dengan jari karena memang tidak masuk secara resmi melalui ATPMnya. Oleh karena itu harganya gelap suka-suka yang beli dan yang jual. Berbeda dengan Lancer CK4 yang berkisar antara 50 sampai 90 juta Rupiah.

0 Response to "Perbedaan Lancer Evolution 4/5/6 dengan CK4"

Post a Comment