Suzuki Crystal RC110

Suzuki Cystal

Suzuki Crystal merupakan motor bebek yang menjadi pengganti RC100 yang dirasa sudah kuno. Diluar sana motor ini juga sering disebut dengan nama Suzuki RC110. Motor bebek biasanya terkenal sebagai motor yang irit bensin tapi pelan larinya. Pada tahun 1990, Indomobil Suzuki berhasil mengubah persepsi ini melalui Suzuki Crystal. Salah satu alasan mengapa motor ini bisa kencang adalah penggunaan mesin 2 tak 110cc yang termasuk paling besar untuk ukuran motor bebek di Indonesia saat itu.


Berbekal mesin 2 langkah 1 silinder dengan isi silinder mencapai 109cc. 110cc untuk motor bebek tergolong besar karena pada saat itu kapasitas silinder Honda Astrea masih 100cc dan Yamaha Alfa hanya 105cc. Mesin ini sanggup menghasilkan tenaga sebesar 11,8Hp pada 7500Rpm dan torsi maksimal mencapai 11,7Nm pada 7000Rpm. Untuk sistem pendinginannya, Suzuki masih mengandalkan teknologi Jet Cooled dan dibantu dengan kipas elektrik untuk mendinginkan paksa mesinnya. Dengan berat hanya 82Kg tak heran kalau motor dengan transmisi semi otomatis 4 percepatan ini menjadi idola balap motor baik liar maupun resmi diawal era 90an.

Fitur yang ditawarkan motor ini cukup sederhana. Bentuk knalpot dan tutup rantainya masih model biasa untuk versi standar. Kapasitas tangki bahan bakarnya mencapai 4,5 liter termasuk tangki cadangan dan tangki oli samping terpisah. Yang unik, pijakan kaki pembonceng didesain tidak menempel swing arm seperti motorbebek lain dijamannya. Dudukan footstep belakangnya menempel pada rangka sehingga meningkatkan kenyamanan pembonceng karena kaki pembonceng tidak terus bergerak mengikuti gerak swing arm. Sayangnya walau memakai mesin yang kencang dijamannya, sistem pengereman motor ini masih menggunakan rem teromol dibagian depan dan belakangnya.

Sekitar tahun 1992, Suzuki menghadirkan varian spesial yang diberi nama Suzuki Crystal Tune. Varian Crystal Tune ini tersedia dalam pilihan warna merah, hijau dan hitam dengan stripping khusus. Perbedaan dengan Suzuki Cystal standar ada pada tutup rantai yang lebih sporty, warna pada background speedometer, knalpot, step bar, spuyer, dan blok mesin. Dengan ubahan dibagian mesin ini membuat Suzuki Crystal Tune sanggup menghasilkan tenaga hingga 12,3Hp pada 7500Rpm dan torsi maksimal 12,2Nm pada 7000Rpm. Sayangnya karena beda knalpot, berat Crystal Tune bertambah 2 Kg dari versi standarnya.

Motor ini diproduksi sampai tahun 1995 sebelum akhirnya digantikan oleh Suzuki Tornado. Walau sempat menjadi idola para pemuda speed freaks roda 2 ditanah air, namun populasi motor ini sudah jarang terlihat dijalanan terutama di wilayah perkotaan. Selain jarang terlihat di jalanan kota-kota besar, kebanyakan Suzuki Crystal yang terlihat dijalanan sudah beralihfungsi sebagai motor untuk mencari rumput (ngarit) diwilayah pedesaan dengan kondisi alakadarnya. Dipasaran, harga motor ini berkisar antara 2 sampai 3 juta untuk kondisi lengkap dan istimewa sampai hanya ratusan ribu rupiah dengan kondisi alakadarnya.

Spesifikasi Suzuki Crystal RC110 ini adalah sebagai berikut:

Spesifikasi Suzuki Crystal RC110
Jenis Cub
Tipe RC110
Mesin 2 tak 1 silinder 109cc
Bore X Stroke 54.0 X 48.0 mm
Sistem Bahan Bakar Karburator
Transmisi Manual 4 Speed
Wheelbase N/A
Panjang 1.860 mm
Lebar 650 mm
Tinggi 1.030 mm

0 Response to "Suzuki Crystal RC110"

Post a Comment