Suzuki Grand Escudo 1.6 & 2.0 SQ416 & SQ420

Suzuki Grand Escudo 2.0

Setelah cukup sukses dengan trio Vitara, Escudo dan Sidekick diera 90an, Indomobil Suzuki kembali melanjutkan medium SUV ini dengan menghadirkan Grand Escudo 1.6 pada tahun 2001. Berbeda dengan generasi sebelumnya yang memakai 3 nama sekaligus, Suzuki kini hanya memakai nama Escudo untuk SUV ini. Nama Escudo diambil dari nama mata uang Portugal sebelum digantikan oleh Euro.


Desain baru Escudo ini menjadi lebih membulat dan stylish dibandingkan dengan generasi sebelumnya yang tampil serba kotak. Khas Suzuki di Indonesia yang memberikan fitur lebih dibanding merk lain, Escudo ini tampil makin berisi dengan overfender dan side mould di sekujur bodinya yang membuatnya makin gagah. Interiornya masih berasa seperti generasi sebelumnya namun terasa lebih mewah dengan desain dashboard sporti. Masih dengan format SUV 5 penumpang membuat bagasinya lumayan besar dibandingkan dengan SUV 7 penumpang dimasanya dikarenakan ban cadangannya berada diluar.

Pertamakali diperkenalkan, Escudo baru ini dibekali dengan mesin 1600cc Suzuki G16B 4 silinder SOHC 16 valve yang masih mirip dengan pendahulunya. Bedanya, kali ini Suzuki membekali mesin ini dengan multipoint fuel injection. Untuk menggerakkan roda belakang, Suzuki menggabungkan mesin ini dengan transmisi manual 5 percepatan saja. Untuk versi mahalnya, diberikan mesin 2000cc Suzuki J20 4 silinder DOHC 16 valve dengan multipoint injection. Mesin 2000cc ini sanggup menghasilkan tenaga sebesar 127Hp pada 6000Rpm dan torsi 182Nm pada 3000Rpm. Khusus untuk mesin J20 ini, diberikan pilihan transmisi manual 5 percepatan atau otomatis 4 percepatan. Walau terdapat pilihan mesin yang lebih besar, sayang tidak ada lagi varian 4WD seperti Suzuki Vitara.

Model pertama dari SUV 5 penumpang ini memiliki ciri berupa grill palang 3 horizontal dan tidak adanya fog lam di bumper karena tempat foglampnya tertutup. Velg yang digunakan menggunakan velg alloy palang 6. Dibagian belakang tempat rear foglamp juga tidak tersedia karena tertutup. Pada bagian interiornya bentuk dashboardnya terkesan masih mirip dengan pendahulunya dengan desain serba membulat dan kisi AC tengah bersebelahan. Pada tahun 2003 Grand Escudo mengalami minor facelift dengan beberapa perubahan. Dibagian depan grill berubah menjadi lebih sederhana dengan palang dilapis dengan chrome. Dibagian bumper depan dan belakang terdapat foglamp. Velg yang digunakan berubah menjadi alloy palang 5. Dibagian interior terdapat perubahan berupa dashboard yang lebih mewah dengan desain baru yang terasa lebih proporsional dengan kisi AC tengah di samping kanan kiri head unit.

Secara fitur, Grand Escudo ini memiliki fitur yang tergolong sangat lengkap dibanding SUV Jepang lainnya. Versi terendah sudah memiliki optitron meter cluster, AC dan ventilasi yang diatur secara elektrik serta memilki sensor kualitas udara, lampu kabin dilengkapi dengan dimmer, immobilizer key, wiper dengan intermirrent dengan interval waktu yang dapat diatur dan wiper belakang dengan intermirrent. Untuk versi 2000cc diberi tambahan berupa interior yang lebih mewah dengan jok kulit dan sebagainya serta ABS untuk peranti keselamatan walau belum ada airbag. Dibagian eksterior diberi tambahan berupa penutup ban cadangan serta spion tanduk. Fitur yang lebih lengkap sebetulnya ada namun terbatas hanya untuk Suzuki Escudo XL-7.

Lebih lanjut tentang Suzuki Grand Escudo XL-7

Kelebihan Suzuki Grand Escudo adalah interiornya mewah dan serba nyaman baik untuk penumpang depan maupun belakang. Tampilan eksteriornya berkesan metroseksual sehingga dipakai main ke pelosok masih oke namun untuk dilayani valet parking di hotel masih pantas. Tenaga mesinnya terkesan besar terutama untuk varian bermesin 2000cc. Secara umum, baik mesin terutama untuk mesin 1600cc nya serta kaki-kakinya terkenal bandel.

Kelemahan Suzuki Grand Escudo versi Indonesia adalah tidak adanya varian 4WD seperti Suzuki Vitara yang muncul pada awal 90an. Konsumsi BBM mobil ini juga terkenal agak boros mengingat beratnya yang mencapai 1,3 ton lebih. Rata-rata dalam kota berkisar antara 1:7 sampai 1:8. Lainnya, walau terasa nyaman namun interiornya terasa sempit mungkin karena kesan aksesori bodi serta door trim yang tebal.

Spesifikasi Suzuki Grand Escudo SQ416 & SQ420 ini adalah sebagai berikut:

Spesifikasi Suzuki Grand Escudo SQ416 & SQ420
Jenis Jip
Tipe SQ416 & SQ420
Mesin G16B SOHC 16 valve 1590cc (SQ416)
J20 DOHC 16 valve 1995cc (SQ420)
Bore X Stroke 75.0 X 90.0 mm (G16B)
84.0 X 90.0 mm (J20)
Sistem Bahan Bakar Multipoint injection
Transmisi Manual 5 Speed
Otomatis 4 Speed (J20)
Wheelbase 2.479 mm
Panjang 4.178 mm
Lebar 1.781 mm
Tinggi 1.709 mm

0 Response to "Suzuki Grand Escudo 1.6 & 2.0 SQ416 & SQ420"

Post a Comment