Yamaha L2 Series (L2, L2G dan L2 super)

Yamaha L2G

Motor sport (atau yang biasa disebut motor laki) dari Yamaha 10 tahun belakangan makin laris dan makin diminati masyarakat Indonesia. Ada banyak model yang ditawarkan mulai dari Vixion yang standar sampai sport bike seperti YZF-R15 dan YZF-R25. Kesuksesan Yamaha Indonesia dalam menghadirkan motor sport di tanah air tak lepas dari sejarah pendahulu motor sport pertama Yamaha yang diberi nama Yamaha L2. Yamaha L2 ini pertama kali muncul pada tahun 1974 dan sepertinya menjadi model sport motor Yamaha pertama yang dirakit di Indonesia.


Di jamannya, motor ini bersaing dengan Honda 90Z yang bermesin 4 langkah serta Suzuki A100 yang sama-sama bermesin 2 langkah. Yamaha L2 ini menggunakan mesin 1 silinder 2 langkah rebah yang sudah menggunakan teknologi pelumasan otomatis ala Yamaha yang diberi nama Yamaha Autolube. Mesin 100cc ini sanggup menghasilkan tenaga sebesar 9Hp dengan rasio kompressi 6,5:1. Dipadukan dengan berat yang hanya 86,5Kg membuat motor ini terasa bertenaga dan irit bahan bakar walau transmisi yang digunakan masih sebatas 3 percepatan seperti motor bebek di jamannya.

Pertama kali muncul pada tahun 1974 dengan ciri berupa lampu depan bulat kecil, tangki berbentuk teardrop terbalik dengan bagian depan yang mengecil, dan lampu belakang bulat. Pada tahun 1980 muncul Yamaha L2G yang merupakan varian facelift dari Yamaha L2. Yamaha L2G ini memiliki bentuk tangki yang masih membulat dengan model teardrop dengan ukuran yang lebih kecil dibanding Yamaha L2. Selain itu tangki oli samping dan tutup aki Yamaha L2G ini sedikit lebih besar di bagian belakangnya dan membentuk seperti bangun trapesium siku. Pada tahun 1981 Yamaha kembali melakukan ubahan kepada Yamaha L2 dengan menghadirkan Yamaha L2 Super. Bentuk keseluruhan Yamaha L2 Super ini lebih kotak mengikuti desain era 80an dengan tangki teardrop mengotak, tutup tangki kotak dan lampu depan belakang serta sein yang kemudian berubah menjadi kotak. Khusus untuk L2 Super ini kini telah ditambahkan behel belakang untuk memudahkan pengendara melakukan standar tengah.

Sebagai motor era 70an, apalagi untuk motor yang didesain ekonomis seperti Yamaha L2 ini jangan harap ada banyak fitur canggih didalamnya. Speedometernya yang hanya mencatatkan kecepatan sampai 120Km/jam hanya ditemani oleh odometer dan lampu indikator untuk beam, sein kanan dan kiri serta gigi netral. Rem yang digunakan masih teromol baik depan maupun belakang dengan velg jari berukuran 18 inch. Starternya hanya mengandalkan kick seperti motor sport lain di jamannya. Sebagai aksesoris, disediakan reflektor mata kucing didekat shockbreaker depan, spakbor karet atau yang biasa disebut kepet dan behel belakang untuk L2 Super.

Kelebihan motor ini ada pada durabilitas dan konsumsi bahan bakar yang lumayan irit. Tak heran kalau di beberapa pelosok tanah air motor ini masih dipakai untuk mencari rumput atau ngarit. Untuk mencari motor ini seudah lumayan sulit apalagi yang memiliki kondisi prima seperti museum piece. Harga bekasnya sudah gelap atau suka-suka yang jual dan beli. Harga motor ini tentunya tergantung kondisi dan kelengkapannya.

Spesifikasi Yamaha L2 ini adalah sebagai berikut:

Spesifikasi Yamaha L2
Jenis Sepeda Motor
Tipe L2
Mesin 2 tak 1 silinder 97cc
Bore X Stroke N/A
Sistem Bahan Bakar Karburator
Transmisi Manual 3 Speed
Wheelbase N/A
Panjang N/A
Lebar N/A
Tinggi N/A

1 Response to "Yamaha L2 Series (L2, L2G dan L2 super)"

  1. Maap sobat sebelumnya,
    masala motor tua atau d'keal
    motor Antick. MASHURIAnj palig hobi, setahu saya SOBAT'ku,
    01.YAMAHA : Ls .pertama Dua Bloc
    atau Dua RACING. (1971
    02.YAMAHA : L2.tuzi (1977)
    03.YAMAHA : Ls .Satu bloc (1978
    04.YAMAHA : Ls .satunya lgi (1980)
    Dan yg terakhir
    05.YAMAHA : L2 Super. (1984)
    sobat mungkin salah Info ini
    TENTANG YAMAHA SPORT
    (WASALAM) Dari < facebook.com/mashurianj.agri

    ReplyDelete