Dodge Dart (generasi 2 1962)

Dodge Dart menteri

Dodge Dart generasi ke dua adalah sebuah sedan mid size yang diproduksi oleh Dodge dibawah Chrysler pada tahun 1962 saja. Nama Dart berarti anak panah dalam bahasa Inggris. Nama ini berasal dari sebuah mobil yang dibuat oleh coachbuilder asal Italia, Carrozzeria Ghia pada tahun 1957 atau 3 tahun sebelum Dodge Dart generasi pertama. Di Indonesia mobil ini sempat menjadi mobil menteri pada era 60an.


Generasi kedua dari Dodge Dart ini merupakan Dart dengan masa edar yang paling singkat dibanding lineup Dodge Dart lainnya. Walau umurnya begitu pendek, namun Chrysler B platform yang menjadi dasar bangun mobil ini termasuk panjang umur karena terus dijadikan dasar bangun mobil-mobil Dodge dan Plymouth dari 1962 sampai sekitar 1979. Platform ini juga dibuat menjadi beberapa mobil legendaris Plymouth dan Dodge lain seperti muscle car Dodge Charger, Plymouth GTX, Road Runner dan Superbird.

Desain mobil ini cukup unik dengan kental nuansa mobil 60an dimana kap depan dan bagasi panjang. Lampu depannya terdapat 2 buah di sisi kanan dan kiri. Grill depannyaberukuran besar dengan lapisan chrome dan di pojok masing-masing sisinya terdapat lampu depan tambahan yang posisinya tidak sejajar dengan lampu utama. Dibagian samping, terdapat aksesoris berupa chrome stripe panjang dari bagian atas lampu utama sampai sekitar belakang pintu depan. Bagian belakang mobil ini juga tak kalah unik dengan aplikasi lampu bulat yang posisinya ditumpuk miring. Lampu belakang atau stoplampnya berada dibawah sementara lampu sein berada diatasnya. Bumper mobil ini juga unik karena bentuknya tidak lurus melainkan sedikit membentuk huruf V.

Mesin yang tersedia untuk mobil ini sebenarnya ada banyak. Mulai dari mesin inline 6 silinder Slant Six sampai V8 318 cu in (5200cc), V8 361 cu in (5900cc) dan V8 413 cu in (6800cc). Kebanyakan Dart yang beredar di Indonesia hanya dibekali mesin bensin Chrysler Slant Six dengan konfigurasi OHV inline 6 silinder berkapasitas 225 cu in atau 3700cc. Mesin ini memiliki ciri berupa blok mesin yang tinggi karena memiliki ukuran bore 86,4 mm dan stroke 104,8 mm serta connecting rod 170,2 mm. Mesin overstroke ini punya karakter berupa torsi yang besar di RPM rendah sehingga tidak heran kalau mesin seperti ini sering dipakai di truk dan kapal. Mesin ini dihubungkan dengan pilihan transmisi manual 3 percepatan atau otomatis 3 percepatan yang diberi nama Torqueflite. Namun sepertinya di Indoensia hanya ada versi transmisi manualnya saja.

Mobil ini memiliki beberapa varian seperti sedan 4 pintu, 2 pintu, hardtop 2 pintu, 4 pintu, convertible dan station wagon  pintu. Walau sangat banyak variannya, namun sepertinya yang paling banyak sekaligus paling umum di Indonesia hanya ada varian sedan 4 pintunya saja. Selain beberapa pilihan tipe bodi, Dodge juga menyediakan Dart dengan beberapa trim level. Perbedaan antar trim level ini ada pada kelengkapan aksesori dan mesin yang digunakan. Trim yang tersedia pada Dodge Dart ini antara lain Dart, Dart 330, dan Dart 440.

Di Indonesia, mobil ini sempat menjadi mobil dinas menteri kabinet presiden Soekarno sebelum akhirnya Soekarno diturunkan dari kursi kepresidenan pada tahun 1966 karena situasi politik saat itu. Dijaman itu, salah satu mobil full size yang cukup populer di Indonesia dan menjadi pesaing utama mobil ini adalah Chevrolet Impala. Selain menteri negara, beberapa tokoh politik nasional saat itu yang dikenal sering memakai mobil ini adalah seperti wakil ketua comite central II Partai Komunis Indonesia (PKI) Njoto. Dodge Dart ini terus ditugaskan menjadi kendaraan dinas menteri sampai sekitar 1978 dimana presiden Soeharto mengganti Dodge Dart ini dengan Volvo 264.

Spesifikasi Dodge Dart ini adalah sebagai berikut:

Spesifikasi Dodge Dart
Jenis Sedan
Tipe Dart
Mesin Slant Six 225 OHV 3700cc
Bore X Stroke 86.4 X 104.8 mm
Sistem Bahan Bakar Karburator
Transmisi Manual 3 Speed
Wheelbase N/A
Panjang N/A
Lebar N/A
Tinggi N/A

2 Responses to "Dodge Dart (generasi 2 1962)"

  1. ini baru keren, muscle car indonesia. cuma sekarang mahal harganya

    ReplyDelete
    Replies
    1. yup, padahal 15 tahun yg lalu holden tua macam kingswood aja cuma seharga motor bebek low end kurang

      Delete