Ford Telstar Ghia & TX5 Ghia AR & AS

Ford TX5 Ghia

Setelah lumayan sukses menjual Ford Laser di negara-negara Asia Pasifik, Ford kembali menjual mobil lain berbasis Mazda. Kalau Ford Laser merupakan Mazda 323 versi Ford, Ford Telstar generasi pertama ini merupakan Mazda 626 versi Ford. Mobil ini masuk ke Indonesia sekitar tahun 1983 dan penjualannya dihentikan tahun 1987. Mobil ini diberi nama Telstar dimana kata Telstar sendiri mengambil dari nama satelit komunikasi Telstar yang diluncurkan pada era 60an.


Ada 2 jenis Ford Telstar yang hadir di Indonesia pada saat itu. Model pertama memiliki bentuk sedan 4 pintu yang diberi nama Ford Telstar Ghia. Telstar Ghia ini memiliki kode sasis AR. Model kedua memiliki bentuk hatchback 5 pintu yang diberi nama Ford TX5 Ghia dan memiliki kode sasis AS. Diluar sana, Ford Telstar dijual dalam berbagai trim seperti GL dan Ghia. Namun untuk versi Indonesia sepertinya hanya ada trim Ghia yang merupakan varian mobil paling mewah dan mahal dari Ford.


Desain Ford Telstar ini dirancang oleh Ford Australia dengan menghabiskan biaya sebanyak 150 juta dollar Australia. Ciri khas mobil era 80an yang mengotak begitu kental terasa pada mobil ini. Pertama kali keluar, Ford Telstar ini memiliki ciri berupa lampu depan kotak dengan lampu sein yang menyatu terletak dibawahnya. Bumper depan mobil ini polos sementara untuk versi sedannya, Telstar Ghia memiliki garnish abu-abu polos. Pada tahun 1986, Ford melakukan facelift untuk mobil ini dengan perbedaan berupa lampu depan yang lebih membesar karena sein dipisah dan diletakkan di bumper. Dibagian belakang untuk versi sedan garnishnya diganti dengan garnish berwarna merah. Bagi sebagian orang, mungkin desain mobil ini tidak terlalu bagus malah bisa dibilang jelek. Walau begitu, percaya tidak percaya coeficient of drag atau tingkat hambatan anginnya mencapai 0.36 untuk varian hatchback dimana angka itu sama seperti Ferrari Testarosa.

Mesin yang digunakan Ford Telstar dan TX5 versi Indonesia ini sepertinya hanya ada mesin Mazda F6. Mesin buatan Mazda ini memiliki kapasitas 1600cc SOHC 8 valve dengan karburator untuk penyuplai bahan bakarnya. Mesin ini sejatinya adalah mesin Mazda FE yang juga terpasang di Ford Telstar atau Mazda 626 generasi berikutnya sampai Mazda E2000 dengan bore dan stroke yang diperkecil. Tenaga yang bisa dihasilkan mencapai 73Hp pada 5500Rpm dan torsi mencapai 121Nm 3500Rpm. Untuk transmisinya belum diketahui pasti namun sepertinya hanya ada manual 5 percepatan yang tersedia.

Bersaing dikelas mobil menengah keatas membuat Ford membekali mobil ini dengan berbagai fitur canggih dimasanya. Power steering, power window, electric mirror dan central lock sudah ada pada mobil ini. Selain power steering, Ford Telstar ini juga bisa diatur posisi setirnya dengan adanya tilt steering. Untuk media hiburan, sudah ada radio/tape dengan remote contol bawaan pabriknya. Interiornya memang terlihat sederhana namun jok depan bawaan aslinya terlihat sporti dengan headrest bolong dan cushion yang agak besar seperti mobil sport.

Spesifikasi Ford Telstar Ghia & TX5 Ghia AR & AS ini adalah sebagai berikut:

SpesifikasiFord Telstar Ghia & TX5 Ghia AR & AS
Jenis Hatchback (AS)
Sedan (AR)
Tipe AR / AS
Mesin F6 SOHC 8 valve 1600cc
Bore X Stroke 81.0 X 77.0 mm
Sistem Bahan Bakar Karburator
Transmisi Manual 5 Speed
Wheelbase N/A
Panjang N/A
Lebar N/A
Tinggi N/A

1 Response to "Ford Telstar Ghia & TX5 Ghia AR & AS"

  1. Mantap.... Sy rawat mobil versi hatcback th 87 ini sudah hampir 5tahun... Tingkat kerewelan sedikit sekali... Yang mau share atau ngelanjutin rawat silakan wa 081 7960 9762

    ReplyDelete