Holden Special FB & EK

Holden FB EK special

Holden FB dan EK alias Holden Special merupakan generasi ke 3 dari mid size Holden Special yang sudah ada sejak tahun 1953 di Australia. Di Indonesia, Holden Special ini dikenal juga dengan sebutan Holden Selendang atau Slendang mungkin karena bentuk belakangnya yang mengalir meliuk seperti selendang. Selain slendang, ada juga yang menyebut mobil ini degan julukan Holden Batman karena bentuk ujung bagasinya mirip batmobile. Holden FB dan EK ini muncul antara tahun 1960 sampai 1962 saja.


Pada tahun 1959, General Motor Holden yang merupakan induk dari Holden di Australia mulai menjual mobil-mobil Holden keluar Australia dengan target pertama Afrika Selatan dan Indonesia. Salah satu langkahnya adalah membuat pabrik perakitan untuk merakit kit CKD yang didatangkan dari Australia. ATPM Holden pada saat itu adalah PT Udatimex. Setelah Indonesia dan Afrika Selatan, Holden kemudian kembali berekspansi ke berbagai negara lain Asia, Africa sampai negara-negara Oceania di samudera Pasifik.


Holden Special generasi FB ini pertama kali muncul pada Januari 1960. Holden FB memiliki bentuk ponton dengan fin tail yang ngetren pada era akhir 50 sampai 60an. Secara ukuran, Holden FB ini memiliki ukuran yang lebih besar dibanding Holden FC yang menjadi pendahulu mobil ini. Untuk meningkatkan visibilitas, pilar A mobil ini dibuat sangat tipis dan posisinya menjorok kedalam. Kaca depan dan belakangnya dibuat melengkung. Menurut saya sendiri, model Holden Special ini mirip dengan Chevrolet Bel Air tahun 1955 sampai 1957. Pada pertengahan tahun 1961, Holden meluncurkan pengganti Holden FB yang diberi nama Holden EK. Secara umum Holden EK ini masih mirip dengan Holden FB hanya saja terdapat pembaruan dibagian eksterior bagian depan. Perbedaan kedua Holden ini ada pada grill yang lebih panjang dan lampu sein yang jadi satu dengan grill pada Holden EK. Holden EK ini dijual sampai sekitar 1962 sebelum akhirnya digantikan oleh Holden EJ.

Mesin yang dipakai Holden FB dan EK ini adalah Holden grey engine. Disebut grey engine karena warna yang terdapat pada blok mesinnya berwarna abu-abu. Mesin ini memakai konfigurasi 6 silinder segaris OHV 12 valve berkapasitas 138 cubic inch atau sekitar 2260cc. Tenaga yang dapat dihasilkan mesin ini hanya 60 brake horse power pada 5000Rpm. Walau begitu, itu sudah termasuk besar dibanding mesin-mesin 4 silinder mobil Inggris di Australia lainnya seperti British Ford, Austin, Morris dan Vauxhall. Untuk pilihan transmisinya, ada manual dan otomatis 3 percepatan. Namun sepertinya di Indonesia hanya ada pilihan manual 3 percepatan.

Holden FB dan EK ini tersedia dalam beberapa bentuk. Di Indonesia, bentuk yang paling populer sekaligus paling banyak populasinya adalah sedan 4 pintu. Ciri khas varian sedan ada pada bagian belakangnya yang memiliki bagasi panjang serta fin tail yang menyerupai mobil batman. Selain itu ada juga station wagon 5 pintu yang masuk ke Indonesia. Versi station wagon ini memiliki bentuk identik dengan model sedan. Hanya saja diatas bagasinya yang panjang diberi atap dan pilar D yang membuat ruang belakangnya terlihat panjang. Pintu belakangnya sendiri memiliki model bukaan split dengan jendela membuka keatas sementara pintu besinya kebawah. Selain sedan dan wagon ada juga versi ute atau pickupnya dengan bak menyatu dan tanpa fin tail serta panel van yang mirip versi wagon dengan atap lebih tinggi dan tidak dilengkapi jendela belakang serta fin tail. Populasi ute dan panel van ini ada di Indonesia namun sangat jarang.

Kini populasi Holden Special baik yang FB maupun EK sudah jarang. Kebanyakan unit yang beredar kalau tidak sangat spesial seperti namanya, hanya berakhir di semak belukar ditinggalkan pemiliknya. Model klasik khas era 50 dan 60an membuat tampangnya terlihat gagah dan elegan. Walau mesinnya terlihat payah, namun sepertinya mobil ini cukup potensial untuk digunakan sebagai mobil balap drag dengan mengganti mesinnya dengan mesin V8 mengingat berat standarnya hanya 1121Kg.

Spesifikasi Holden Special FB & EK ini adalah sebagai berikut:

Spesifikasi Holden Special FB & EK
Jenis Sedan
Station Wagon
Tipe FB
EK
Mesin Holden Grey Engine i6 OHV 138 cu in (2300cc)
Bore X Stroke 77.774 X 79.375 mm
Sistem Bahan Bakar Karburator
Transmisi Manual 3 Speed
Wheelbase 2.667 mm
Panjang 4.610 mm
Lebar 1.703 mm
Tinggi 1.521 mm

3 Responses to "Holden Special FB & EK"

  1. antik dan klasik, kalau sanggup ngehidupin kembali

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul. dibiarin standar asal cat mengkilap udah jadi pusat perhatian dijalan

      Delete
  2. Bapak ku dulu pernah punya 1 warna merah, tapi pas aku dewasa mbl itu ga ketauan rimbanya, karena kakak ku berebutan ingin menjual....dulu bapak beli mbl itu hanya dgn harga 300 ribu saja, sekitar tahun 82an...tau2 sekarang malah jadi mbl antik yg di cari orang....

    ReplyDelete