Suzuki Esteem SF413 & SF416


Suzuki Esteem sejatinya merupakan varian sedan dari Suzuki Forsa Amenity yang sudah ada sejak 1990. Versi sedan dari Amenity ini baru masuk ke Indonesia pada tahun 1991 dengan nama Suzuki Amenity Esteem. Sempat dijual bersamaan dengan Suzuki Amenity dan Eleny sampai 1993 dan setelahnya melenggang sendirian sebelum akhirnya digantikan oleh Suzuki Baleno pada tahun 1997. Nama Esteem berasal dari bahasa Inggris yang artinya menghargai atau menghormati.

Desain keseluruhan Suzuki Esteem kurang lebih sama persis dengan desain Suzuki Amenity dan Eleny yang kemudian diberi kap bagasi. Bentuk kotak yang membulat sedikit mencirikan mobil awal 90an. Tidak seperti Suzuki Amenity maupun Eleny yang juga tersedia dalam bentuk 3 pintu, Suzuki Esteem hanya diproduksi dalam bentuk sedan 4 pintu saja. Pertama kali muncul pada tahun 1991, suzuki memberi nama mobil ini Suzuki Amenity Esteem dengan tulisan Amenity yang lebih kecil dibanding tulisan Esteem di bagian belakang. Ciri lain untuk model awal ini ada pada bumper depan warna hitam dof yang terdapat lubang untuk meletakkan foglamp yang merupakan opsional dealer.

Selain itu, Suzuki Esteem juga dipasarkan dalam 2 varian yaitu Suzuki Esteem 1.3 dan Suzuki Esteem GT. Perbedaan antara Esteem 1.3 dengan 1.6 GT ada pada eksteriornya dimana pada Esteem GT terdapat opsional spoiler kecil dan 3rd stop lamp. Pada tahun 1993 terjadi facelift dengan perbedaan berupa bumper sewarna bodi, spion sewarna bodi khusus untuk Esteem GT, tulisan belakang dari "Amenity Esteem" menjadi "Esteem" dengan 3 varian yaitu Esteem 1.3, Esteem A/T dan Esteem GT, serta perbedaan side body moulding. Terakhir sekitar 1995 atau 1996 terdapat minor facelift dibagian garnish belakang yang kini sewarna dengan bodi.

Selain versi standar, Suzuki Esteem juga memiliki varian spesial bernama MH edition dimana MH merupakan insial dari Marissa Haque yang merupakan bintang iklan Suzuki Esteem saat itu. Suzuki Esteem Marisa Haque ini muncul pada 1992 dengan perbedaan berupa tambahan aksesoris seperti stiker MH Edition pada pintu samping serta kaca belakang, spoiler kecil seperti tipe GT, serta foglamp standar. Beberapa bulan setelahnya, muncul Suzuki Esteem MH Sporty dimana tipe ini adalah Suzuki Esteem MH Edition yang diberi aksesoris tambahan agar terlihat sporti. Perbedaanya antara lain bodykit sewarna bodi yang berbeda dengan Esteem 1.3, spoiler belakang kecil dengan 3rd brake lamp, stiker MH Sporty dipintu depan, serta velg alloy yang berbeda dengan standarnya. Selain mobil, pembeli Suzuki Esteem edisi spesial Marissa Haque juga mendapatkan beragam aksesoris seperti radio, tas, payung, keset dan lainnya yang berlogo Marissa Haque. Edisi spesial Suzuki Esteem ini semuanya memakai mesin 1300cc.

Seperti yang disinggung sebelumnya, Suzuki Esteem memiliki 2 pilihan mesin sesuai dengan variannya. Yang pertama sekaligus yang paling banyak populasinya adalah Esteem 1.3 dengan mesin G13A dengna konfigurasi 4 silinder SOHC 8 valve berkapasitas 1300cc dengan pemasok bahan bakar karburator. Tenaga yang dihasilkan adalah 70Hp pada 6000Rpm dan torsi 100Nm pada 5000Rpm. Transmisi yang dipakai untuk menggerakkan roda depannya tersedia manual 5 percepatan dan otomatis 3 percepatan mulai varian facelift 1993 diperkenalkan.

Selain itu ada juga Esteem GT yang memakai mesin G16B yang memiliki konfigurasi 4 silinder SOHC 16 valve dengan pemasok bahan bakar karburator. Dengan kapasitas mesin 1600cc yang lebih besar, tenaga yang dihasilkan mencapai 98Hp pada 6000Rpm dan torsi maksimum 130Nm pada 3000Rpm. Tidak seperti varian 1,3, Suzuki Esteem GT bermesin 1600cc ini hanya tersedia pilihan transmisi manual 5 percepatan untuk menggerakkan roda depannya.

Suzuki Esteem saat itu ditawarkan untuk keluarga kecil atau pengemudi wanita. Secara fitur, Suzuki Esteem diberikan berbagai opsional yang begitu lengkap untuk mobil sekelasnya. Fitur seperti power window, central lock, dan electric mirror sudah ada pada semua varian mobil ini. Untuk varian GT, Suzuki menambahkan beberapa amenitas dan aksesoris seperti tilt steering, defoger belakang serta velg alloy palang 5 yang bentuknya persis dengan Suzuki Esteem MH Edition.

Kelebihan Suzuki Esteem ada pada ukurannya yang kecil sehingga lincah diajak bermanuver dan masuk ke jalan sempit. Walaupun bodinya kecil, namun luas kabinnya masih lumayan untuk ukuran normal orang asia. Secara bentuk mobil ini masih bisa dibilang timeless dengan desain stylish sederhana khas 90an. Fitur-fitur yang tersedia pada mobil ini juga lumayan lengkap untuk sedan entry level dijamannya. Sparepart mobil ini juga lumayan banyak tersebar diberbagai penjuru daerah apalagi untuk part mesin yang masih punya banyak kemiripan dengan Suzuki Carry. Konsumsi bahn bakarnya untuk mesin 1300cc lumayan irit sementara untuk mesin 1600cc terasa sangat bertenaga.

Kelemahan Suzuki Esteem ada pada ukuran kabin yang agak sempit untuk orang yang memiliki kelebihan berat dan tinggi. Mesin 1300cc terasa agak pelan sementara untuk Esteem dengan mesin 1600cc terasa boros bahan bakar apalagi jika karburatornya bermasalah. Kaki-kakinya khas mobil FWD kecil yang agak manja setelah diajak main kasar sedikit. Walau begitu, mobil ini bisa menjadi pilihan yang menarik untuk harga sekitar 30 jutaan karena sejatinya termasuk bandel apabila dirawat.

Spesifikasi Suzuki Esteem SF413 & SF416 ini adalah sebagai berikut:

Spesifikasi Suzuki Esteem SF413 & SF416
Jenis Sedan
Tipe SF413
SF416
Mesin G13A SOHC 1300cc
G16B SOHC 1600cc
Bore X Stroke 74.0 X 77.0 mm (G13A)
75.0 X 90.0 mm (G16B)
Sistem Bahan Bakar Karburator
Transmisi Manual 5 Speed
Otomatis 3 Speed
Wheelbase 2.365 mm
Panjang 4.095 mm
Lebar 1.590 mm
Tinggi 1.380 mm


Comments

  1. Saya pernah punya Esteem 1.3 matic 3 speed, beli tahun 1994 gres kemudian dijual tahun 2007, overall mobil ini ga ada masalah berarti hanya harga sparepart orisinalnya yang agak mahal untuk ukuran mobil kecil tapi sepadan dengan kualitasnya..jadi pengen punya lagi hehehe

    ReplyDelete
  2. Saya punya esteem 91,problemnya kaca dpn samping kiri pecah,sulit sekali mencari kacanya..ada kah persamaan dgn mobil lain?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Persamaan mungkin dengan Suzuki Amenity. Cuma ya sepertinya lebih mudah bikin kaca di tukang kaca.

      Delete
  3. Apakah mobil suzuki esteem 1.3 tahun 1991 sudah power stering atau belum ya,mohon infonya suhu,saya pengen nyari soalnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sayangnya belum, tapi harusnya tidak usah khawatir karena mobil seringan dan sekecil Esteem masih bisa diolerir setirnya (nggak berat-berat amat).

      Delete
    2. Sudah power steering

      Delete
  4. Apakah ada perbedaan pada sistem pengereman esteem 1.3 dengan 1.6 ? Apakah pistin kaliper nya sama saja ?

    ReplyDelete
  5. saya pemula, beli mobil esteem 91, tapi di stnk nya tertulis suzuki forsa amenity. sedangkan bentuk mobilnya spt foto diatas, hanya beda warna. Saya mohon konfirmasi apakah betul stnk yg saya miliki. Sementara jika saya melihat stnk suzuki esteem yg lain (mungkin beda tahun) di stnk nya tertulis "suzuki esteem". Tapi setelah membaca ulasan di paragrap pertama saya setengah faham. mohon penjelasannya pak..terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Selama nomor rangka dan nomor mesinnya benar harusnya tidak masalah. Jaman dulu informasi belum semudah sekarang jadi sangat sering orang samsat salah nulis. Tapi kalau mau, sepertinya bisa minta koreksi. Toh, yang mobilnya terlihat seperti Ford Galaxie atau Mustang tapi surat-suratnya Ford Laser juga tidak sedikit kok.

      Delete
  6. Terima kasih pak penjelasannya..

    ReplyDelete
  7. sebenarnya suzuki esteem 92 apa sudah remot control kah atau belum pak

    ReplyDelete
  8. Adakah esteem th 92 dengan cc 1600. Soale setahu sy cc 1600 di produkai thn 1994 ke atas.

    ReplyDelete
    Replies
    1. benar 1600cc hanya ada pas facelift pak... 91-93 cuma ada 1300cc

      Delete

Post a Comment