Volkswagen Variant (Type 3)

Volkswagen Type 3 fastback

Volkswagen atau VW Variant merupakan mobil kompak yang diproduksi oleh VW sejak 1961 sampai 1973. Di Amerika utara dikenal dengan nama Volkswagen 1500 dan 1600. Selain di Amerika utara, mobil yang aslinya bernama Volkswagen Type 3 ini dijual dengan nama Variant. Di Eropa sana, mobil ini menjadi pendahulu dari VW Golf MK1 yang terkenal sebagai hot hatchback pertama yang legendaris.


Variant yang masuk ke Indonesia sama seperti namanya, bervariasi. Ada sedan, hatchback sampai station wagon. Yang unik dari mobil ini selain styling ala ponton yang khas era 60an juga jumlah pintunya yang selalu 2 kecuali wagon yang 3 pintu. Mungkin khusus karena permintaan pasar disana, khusus untuk VW Variant yang dibuat di Brazil ada juga tersedia VW Variant yang memiliki 4 buah pintu. Versi sedan dikenal dengan nama Notchback sedangkan versi hatchback dikenal dengan nama Fastback karena bentuk belakangnya yang landai. Untuk versi station wagon dari Variant ini dikenal juga dengan nama Squareback mungkin karena bagian belakangnya terlihat mengotak.

Secara rancangan engineering, Variant ini sama seperti Volkswagen lainnya dijaman itu dengan mesin pendingin udara dibelakang, penggerak belakang, dan suspensi torsion bar. Mesin yang digunakan masih mirip dengan mesin VW Kodok dengan stroke yang dinaikkan menjadi 69mm. Ini berakibat pada kapasitas mesinnya yang meningkat menjadi 1600cc. Mesin ini memakai konfigurasi bensin horisontal 4 silinder OHV dengan pengabut bahan bakar karburator. Mesin ini diklaim mampu menghasilkan tenaga sebesar 41,4Hp pada 3000Rpm dan torsi 108,9Nm pada 2000Rpm. Mesin yang diletakkan dibelakang ini dihubungkan dengan transmisi manual 4 percepatan untuk menyalurkan tenaganya ke roda.

Pada awalnya mobil ini memang dibuat di Jerman tepatnya dikota Wolfsburg lalu dipindahkan ke Emden, Jerman. Selain Jerman, Australia dipercaya untuk membuat versi setir kanannya dan Brazil untuk pasar Amerika Latin. Dari situ bisa disimpulkan bahwa VW Variant yang ada diIndonesia diimpor dari Australia. PT Piola yang menjadi ATPM VW saat itu kemudian merakit mobil ini dan menjualnya ke tanah air. Walau ada banyak varian, namun varian station wagon dan nothcback yang lebih disukai oleh orang Indonesia. Versi fastbacknya tidak terlalu banyak terjual yang berakibat mobil ini lebih langka dibanding saudaranya.

Kini populasi mobil yang sempat populer dikalangan muda 90an akibat jumlah pintunya yang hanya 2 dan harganya sempat murah ini sudah semakin langka. Rata-rata kalau tidak berada ditangan kolektor atau pehobi VW yang kondisinya luar biasa bagus, VW Variant ini berakhir menjadi barang rongsokan. Dengan desain yang lebih modern ternyata tidak serta merta membuat Type 3 ini setenar Type alias VW Kodok. Total ada 2.542.382 unit VW Variant yang terjual diseluruh dunia.

Spesifikasi Volkswagen Variant (Type 3) ini adalah sebagai berikut:

Spesifikasi Volkswagen Variant (Type 3)
Jenis Sedan
Station Wagon
Tipe Typ 3
Mesin VW Typ 126 H4 OHV 1585cc
Bore X Stroke 75.5 X 69.0 mm
Sistem Bahan Bakar Karburator
Transmisi Manual 4 Speed
Wheelbase 2.400 mm
Panjang 4.225 mm
Lebar 1.605 mm
Tinggi 1.475 mm

2 Responses to "Volkswagen Variant (Type 3)"

  1. keren ya yg fastback..banyakan orang jual yg wagon, itupun langka juga..

    ReplyDelete