Yamaha YASI (AS1 / YAS1)

Yamaha YAS1 YASI

Yamaha Motor Corporation pertama kali berdiri pada tahun 1955 dengan produk pertamanya Yamaha YA-1 yang dibangun berdasarkan pemikiran, konsep dan cita rasa ala motor Eropa. Setelah 13 tahun kemunculan Yamaha YA-1, Yamaha terus berkreasi dengan motor-motor kecil (dibawah 250cc) yang diberi berbagai teknologi yang lumayan maju dijamannya. Salah satu motor itu adalah Yamaha AS1 atau yang dikenal oleh orang Indonesia sebagai Yamaha Yasi.


Secara bentuk, Yamaha Yasi memiliki desain motor sport era 60an dengan ciri seperti lampu depan menyatu dengan speedometer, tangki besar dengan jok tebal dan shockbreaker yang diberi cover. Khas motor 2 silinder atau lebih jaman dulu knalpotnya lurus tidak menjulang keatas serta terdapat 2 buah disisi kanan dan kiri. Yamaha Yasi ini memiliki berat yang sangat ringan berkat penggunaan rangka yang mirip dengan Yamaha FS1E. FS1E sendiri adalah moped atau motor yang diberi kayuhan seperti sepeda bermesin 1 silinder 50cc. Beberapa part seperti swing arm, velg, rem, suspensi sampai setang semua diambil dari FS1E. Ini membuat Yamaha Yasi terkenal lincah dan ringan kala dipakai dijalan berkelok dan tikungan tajam.

Yang membuat motor istimewa adalah mesinnya dimana Yamaha Yasi ini dibekali mesin 2 tak 2 silinder dengan 2 karburator. Yang unik dari dapur pacu Yamaha Yasi ini adalah filter udaranya yang terhubung ke karburator dimana diletakkan didalam tabung yang dilapis chrome. Tenaga maksimal yang dapat dihasilkan motor ini mencapai 15Hp pada 8500Rpm dan torsi 14,9Nm pada 7000Rpm termasuk cukup besar saat itu. Dengan berat hanya 98Kg serta didukung transmisi manual 5 percepatan membuat motor ini cukup populer digunakan untuk ajang balap nasional era 60an.

Motor dijaman 60an tidak terlalu mementingkan gimmic fitur-fitur canggih yang kadang malah tidak berguna seperti motor jaman sekarang. Semua komponen motor ini masih serba manual dan sederhana. Rem Yamaha Yasi ini masih memakai teromol dibagian depan dan belakangnya. Walau begitu, rem teromol ini termasuk besar ukurannya sesuai dengan performanya mengurangi laju motor.Speedometer motor ini masih sangat sederhana dengan hanya menampilkan penunjuk kecepatan, odometer, sebuah indikator sein dan gigi netral. Starternya masih hanya mengandalkan kick starter sementara untuk pengapiannya masih memakai platina yang jumlahnya 2 buah.

Kelebihan motor ini ada pada performanya yang walaupun diatas kertas tenaganya tidak jauh beda dengan Yamaha Vixion jaman sekarang, namun dengan berat yang hanya 98kg membuat motor ini terasa sangat kencang. Bentuk motor ini juga tergolong sangat eksotis dengan 2 karbu dan 2 knalpot walau mesinnya terlihat kecil karena 2 tak. Kelemahan motor ini adalah susahnya setel platina dan karburatornya karena jika ada perbedaan pada settingnya membuat tenaga motor ini kurang. Belum lagi jika dibawa pelan di Rpm rendah, motor ini kadang terasa brebet dan mesin seakan mau mati.

Spesifikasi Yamaha YASI (AS1) ini adalah sebagai berikut:

Spesifikasi Yamaha YASI (AS1)
Jenis Sepeda motor
Tipe YAS1
Mesin 2 tak 2 cyl 124cc
Bore X Stroke 43.0 X 43.0 mm
Sistem Bahan Bakar Karburator
Transmisi Manual 5 Speed
Wheelbase N/A
Panjang N/A
Lebar N/A
Tinggi N/A

0 Response to "Yamaha YASI (AS1 / YAS1)"

Post a Comment