Datsun Curut Pertamina (Sunny B120)

Datsun Curut Pertamina (Sunny B120)

Di awal 70an dulu selain Holden Belmont, pernah ada ute alias coupe utility atau yang bisa juga dibilang sedan pickup yang hadir di Indonesia. Mobil yang dimaksud adalah Datsun Sunny Truck dengan kode B120. Sama seperti Datsun Sunny B110, Datsun Sunny B120 ini sebenarnya tidak masuk ke Indonesia karena saat itu atpmnya belum ada. Generasi Datsun Sunny yang pertama kali masuk ke Indonesia adalah Datsun Sunny B210 yang juga dikenal dengan nama Datsun 120Y yang muncul mulai 1974.


Datsun Sunny B120 ini akrab dipanggil Datsun Curut atau yang dikenal juga sebagai Datsun Pertamina dan ada juga yang memanggil namanya dengan lengkap seperti Datsun Curut Pertamina. Dinamakan curut mungkin karena bentuknya yang kecil dengan moncong yang panjang mirip dengan hewan yang fisiknya mirip tikus yang memiliki moncong panjang bernama curut atau cecurut. Selain curut, mobil ini dinamakan Datsun Pertamina karena dulu pada awal 70an mobil ini masuk ke Indonesia melalui Pertamina dimana mobil ini dipakai petinggi Pertamina yang tugas di lapangan.

Ute kecil dari Datsun ini sebenarnya baru diperkenalkan pertama kali di Jepang pada akhir 1970 atau hampir setahun setelah munculnya Datsun Sunny B110. Bentuk depan seperti grill, lampu depan, bonet dan bumpernya bisa dibilang mirip hampir sama persis dengan versi sedannya. Bagian sasisnya juga mirip dengan wheelbase yang sama karena versi ute berbasis dari sedan B110. Bedanya dengan versi sedan, versi ute memiliki 2 pilihan wheelbase yaitu standar (pendek) dengan kode B120 dan sasis panjang dengan kode GB120. Datsun Curut di Indonesia sendiri sepertinya hanya ada varian sasis standar. Bagian belakangnya sendiri memakai bak model tergabung tidak terpisah seperti mobil barang pada umumnya. Selain itu jika biasanya lampu mobil pickup berada dibawah tanpa bumper, Datsun ute ini memakai lampu model vertikal yang berada di samping kanan dan kiri sisi belakang bak.

Mesin yang digunakan Datsun Curut ini adalah Nissan A12 yang berkonfigurasi inline 4 silinder OHV 8 valve dan pengabut bahan bakar karburator. Mesin 1200cc ini sendiri mirip dengan mesin A12 standar yang digunakan pada Datsun 120Y yang muncul setelahnya. Menurut kalim dari Nissan Jepang, mesin ini sanggup menghasilkan tenaga sebesar 68Hp pada 6000Rpm dan torsi puncak sekitar 95Nm pada 3600Rpm. Torsi sebesar ini cukup besar untuk mobil rasio kompresi sekitar 9.0:1. Tenaga mesin mobil ini disalurkan ke roda belakang melalu transmisi manual 4 percepatan standar.

Konon mobil ini hanya masuk sebanyak kurang lebih 1000 unit dan hampir semuanya melalui Pertamina. Kemungkinan mobil ini dipakai oleh Pertamina karena ukurannya yang kecil namun tetap memiliki bak yang lebih luas dibanding pickup kecil lain seperti Honda TN atau Daihatsu Hijet. Selain itu ground cleareancenya yang dibuat lebih tinggi dibanding versi sedan namun tetap terlihat ceper karena bentuk aslinya yang sedan membuat mobil ini lebih mampu dan nyaman diajak bermanuver dijalan. Kelemahannya karena mobil ini langka, harga bekasnya menjadi sangat gelap. Sparepart terutama bodinya tergolong sangat langka karena hampir tidak memiliki persamaanya. Selain itu KIR mobil ini juga membingungkan karena menurut sebagian petugas di dinas terkait mengatakan mobil dengan bak menyatu dengan bodi seperti Datsun Curut dan Holden Belmont tidak perlu KIR sementara sebagian lainnya menyatakan tetap harus KIR seperti mobil bak terbuka lainnya dengan bak terpisah.

Spesifikasi Datsun Curut Pertamina (Sunny B120) ini adalah sebagai berikut:

Spesifikasi Datsun Curut Pertamina (Sunny B120)
Jenis Ute
Tipe B120
Mesin A12 OHV 1171cc
Bore X Stroke 73.0 X 70.0 mm
Sistem Bahan Bakar Karburator
Transmisi Manual 4 Speed
Wheelbase 2.300 mm
Panjang 3.830 mm
Lebar 1.495 mm
Tinggi 1.390 mm

0 Response to "Datsun Curut Pertamina (Sunny B120)"

Post a Comment