Holden Gemini Bensin TX, TC, TD, TE, TF, TG PF50

Holden Gemini TF Bensin

Holden Gemini merupakan sedan kompak yang dibuat oleh Holden Australia berdasarkan Isuzu Gemini alias Isuzu Bellet. Generasi pertama dari Holden Gemini ini pertama kali muncul pada 1973 dan baru pada tahun 1984 dihentikan produksinya. Sama seperti mobil Holden lainnya, Gemini ini terbagi menjadi beberapa sub generasi yang walau tampangnya berubah namun tetap memakai dalaman yang sama. Di Indonesia mobil ini sempat digunakan sebagai mobil taksi di era 80an.


Mesin yang digunakan mobil ini adalah mesin bensin buatan Isuzu dengan kode G161Z. Mesin ini merupakan versi SOHC dari G160 yang masih OHV dengan konfigurasi 4 silinder SOHC 8 valve berkapasitas 1600cc. Selain versi mesin bensin, ada juga versi mesin diesel yang juga memakai mesin Isuzu dengan kode 4FB1. Mesin diesel ini memiliki konfigurasi 4 silinder SOHC 8 valve dengan timing chain dan berkapasitas silinder 1800cc. Diklaim mesin diesel ini sanggup menghasilkan tenaga sebesar 60Hp pada 5000Rpm dan torsi 110Nm pada 2000Rpm. Untuk menggerakkan roda belakangnya, tenaga mesin disalurkan melalui transmisi manual 4 percepatan.

Versi pertama Gemini ini pertama kali muncul generasi TX pada tahun 1975 sampai 1977 dengan ciri khas lampu depan bulat. Kemudian pada tahun 1977 sampai 1978 muncul generasi TC yang masih mirip dengan generasi TX hanya saja grill depannya dibuat lebih tebal bagian vertikalnya. Pada tahun 1978 muncul generasi TD yang mulai memakai lampu depan kotak. Pada tahun 1979 muncul generasi TE dimana pada bagian eksteriornya mengalami perubahan signifikan dengan penggantian grill depan yang lebih besar, lampu belakang lebih besar dan bumper besi berlapis chrome dengan penutup plastik hitam yang lebih besar dibanding sebelumnya. Kemungkinan inilah pertama kalinya Holden Gemini masuk ke Indonesia.

Pada tahun 1982 muncul generasi TF dimana generasi TF ini dipakai menjadi taksi di kota besar macam Jakarta dan Bandung. Dibagian eksteriornya terdapat perbedaan dengan generasi TE dimana pada generasi TF ini memiliki lampu depan kotak celong dengan cover rumah lampu depan berbentuk trapesium. Bagian bumpernya berubah menjadi one piece dengan material plastik yang ukurannya besar baik bagian depan maupun belakang. Lampu belakangnya juga berubah dengan bentuk vertikal bersebelahan dan urutan lampu dari pojok ke tengah adalah sein, stop lamp dan lampu mundur. Pada tahun 1983 muncul generasi terakhirnya yang bernama TG dengan pembeda dari TF ada pada lampu depannya yang tidak lagi celong mekainkan berbentuk trapesium.

Terlahir dibawah kasta Holden Torana membuat Gemini ini irit fitur. Selain itu karena mobil ini dijadikan taksi jadilah mobil ini makin irit fitur dengan tanpa adanya tachometer, power steering dan AC. Untungnya versi non taksi yang dijual disini memakai trim SL dimana SL ini lebih tinggi dibanding S dengan tambahan berupa tachometer dan AC.

Kini Holden Gemini generasi pertama ini sudah jarang ditemui dijalanan. Rata-rata berakhir menjadi mobil bahan karena dulunya sering digunakan sebagai kuda beban armada taksi. Di pasaran rata-rata harganya dibawah 15 juta bahkan ada yang hanya 8 jutaan saja tergantung kondisi dan kelengkapannya. Penyakitnya mungkin kebanyakan sudah keropos termakan karat dan part yang agak sulit karena penerusnya sendiri sudah memakai mesin ayng berbeda jauh dibanding mobil ini.

Spesifikasi Holden Gemini PF50 ini adalah sebagai berikut:

Spesifikasi Holden Gemini PF50
Jenis Sedan
Tipe PF50
Mesin Isuzu G161Z SOHC 1584cc
Isuzu 4FB1 diesel SOHC 1817cc
Bore X Stroke 82.0 X 75.0 mm
84.0 X 82.0 mm
Sistem Bahan Bakar Karburator
Transmisi Manual 4 Speed
Wheelbase 2.404 mm
Panjang 4.234 mm
Lebar 1.570 mm
Tinggi 1.341 mm

0 Response to "Holden Gemini Bensin TX, TC, TD, TE, TF, TG PF50"

Post a Comment