Mazda 626 Kebo GC


Mazda 626 alias Mazda Capella merupakan varian sedan mid size yang dimiliki Mazda. Sekitar awal 80an, banyak pabrikan mobil yang membuat keputusan akan pengubahan sistem gerak roda dari yang tadinya roda belakang menjadi roda depan. Mazda pada tahun 1982 mengikuti arus ini dengan menghadirkan Mazda 626 berpenggerak roda depan yang memakai platform GC. Di Indonesia, mobil ini dikenal juga dengan sebutan Mazda Kebo (B.Jawa : Kerbau) mungkin karena ukurannya yang cukup besar seperti badan kerbau.


Mesin yang dipakai Mazda 626 ini adalah Mazda F6 yang memiliki konfigurasi inline 4 silinder SOHC 8 valve dengan kapasitas mesin 1600cc. Untuk pasokan bahan bakarnya, mesin dengan rasio kompresi 8,6:1 ini masih mengandalkan karburator. Tenaga maksimum yang bisa diperoleh adalah 73Hp pada 5500Rpm dan torsi 121Nm pada 3500Rpm. Mesin F6 ini merupakan mesin Mazda seri F paling kecil dimana sebenarnya mesin ini merupakan mesin Mazda FE yang bore dan strokenya diperkecil agar memperoleh kapasitas mesin 1600cc. Untuk transmisinya digunakan transmisi manual 5 percepatan atau otomatis 4 percepatan.


Ada 2 jenis Mazda 626 yang dijual di Indonesia saat itu. Kedua Mazda 626 ini memakai kode yang sama untuk kedua jenisnya. Yang pertama ada Mazda 626 sedan yang dikenal juga dengan nama Mazda Capella. Selain itu ada juga varian liftback atau hatchback 5 pintu yang disebut sebagai Mazda 626 Europe. Varian hatchback ini dari jauh terlihat seperti sedan normal karena bagian bagasinya masih terlihat ada seperti mobil sedan pada umumnya. Namun kala pintu belakang dibuka, baru terlihat mobil ini ternyata adalah sebuah hatchback karena kaca belakang ikut terangkat seperti pintu belakang mobil hatchback. Selain itu ada juga varian stretch sedan atau limo yang dibuat oleh karoseri lokal. Hanya saja varian limo ini sangat langka karena hanya merupakan pesanan khusus ATPMnya.

Tipe yang tersedia pada Mazda 626 ini antara lain tipe LX, GLX dan SGX. Perbedaan antar ketiganya ada pada kelengkapan fiturnya. Pada tipe LX, dashboard yang dipakai berwarna hitam dengan speedometer yang masih analog. Tipe GLX merupakan tipe menengah dengan ciri dashboard berwarna hitam dan speedometer sudah digital. Pada tipe SGX yang merupakan tipe paling mewah, dashboard berwarna merah darah (gelap) dengan speedometer yang digital serta jok lebih sporty. Fitur elektris seperti power window, power steering sampai electric mirror sudah menjadi fitur standar pada mobil ini.

Mazda 626 Cosmo Package Foto : Mobil & Motor 1987

Mungkin karena ada orang dari masa depan yang mengatakan pada Mazda Indonesia akan munculnya mobil murah bernama Mazda MR yang memakai fascia depan mobil ini, Mazda Indonesia juga sempat menawarkan edisi khusus untuk Mazda 626 ini. Edisi khusus ini sebenarnya merupakan Mazda 626 standar yang diberi "wajah" Mazda 929 coupe alias Mazda Cosmo seri HB yang dijual secara "diam-diam" oleh orang yang kenal dengan orang dalam. Dalam majalah Mobil & Motor edisi 21/XVI tahun 1987 dijelaskan biaya untuk versi spesial ini mencapai 5 juta termasuk cat dan pasang. Beda paling jelas dengan Mazda 626 biasa ada pada fender, kap mesin, bumper dan lampu-lampu seperti lampu depan yang sudah menganut model pop up dimana didalamnya terdapat 4 buah lampu kotak yang benar-benar mirip dengan sport car Mazda yang bernama Mazda Cosmo.

Spesifikasi Mazda 626 GC ini adalah sebagai berikut:

Spesifikasi Mazda 626 GC
Jenis Sedan
Hatchback
Tipe GC
Mesin F6 SOHC 1600cc
Bore X Stroke 81.0 X 77.0 mm
Sistem Bahan Bakar Karburator
Transmisi Manual 5 Speed
Otomatis 4 Speed
Wheelbase 2.510 mm
Panjang 4.520 mm
Lebar 1.690 mm
Tinggi 1.410 mm

1 Response to "Mazda 626 Kebo GC"

  1. pak bisa minta info ttg mazda 626 yang model fascia cosmo? kebetulan saya melihara 1 unit dirumah, pengin tau asal muasalnya
    Bisa tolong di info ke email saya pak ttg mazda 626 yg dimajalah ini "Mobil & Motor edisi 21/XVI tahun 1987"
    email saya : betha.ananda28@gmail.com

    terimakasih

    ReplyDelete