Moskvitch 412 / 1500SL


Setelah peristiwa 30 September 1965, terjadi sentimen anti komunis di Indonesia setelah beberapa tahun kemudian paham komunis sempat dianak emaskan melalui politik Nasakom jaman presiden Soekarno. Pada jaman itu, semua barang yang bermerk dan dibuat di negara haluan kiri tersebut dijauhi agar orang tidak dicap sebagai simpatisan Partai Komunis Indonesia. Namun anehnya pada era 70an, sempat dijual dan dirakit mobil merk Russia (Uni Soviet) di Indonesia yang bernama Moskvitch 412 atau yang juga dikenal dengan nama 1500SL.


Mobil ini punya kembaran di Russia sana dengan nama IZH 412. Merk IZH yang diproduksi oleh AZLK yang kira-kira merupakan proyek mobil nasional Soviet sendiri lebih panjang umur dibanding Moskvitch yang tutup sekitar tahun 1991 setelah runtuhnya komunisme di Russia. Sekitar 1974, merk Moskvitch masuk ke Indonesia dengan menjual Moskvitch 412 bahkan Moskvitch ini juga merakit 412 di Indonesia karena peraturan saat itu yang mengharuskan mobil yang akan dijual di Indonesia harus dirakit didalam negeri. Mungkin untuk menghindari layu sebelum berkembang, Moskvitch masuk ke Indonesia dengan nama Fiat-Moskvitch agar dapat mengelabuhi pemerintah orde baru yang sedang panas dengan blok timur. Debut Moskvitch di tanah air ini dimulai kala Jakarta Fair 1974 dengan bonus setiap pembelian mobil ini mendapat hadiah berupa kipas angin mobil yang ditempel ke dashboard.


Mobil ini masuk melalui ATPM (Agen Tunggal Pemegang Merk) PT Diantara Corporation yang dipimpin oleh Amzar Lubis. Penjualan Moskvitch saat itu termasuk sangat laris baik untuk mobil perseorangan atau armada taksi dengan kurang lebih 800 unit kendaraan terjual pada 1975. Angka 800 unit ini termasuk besar untuk ukuran pendatang baru yang bahkan namanya belum pernah terdengar sebelumnya. Salah satu alasan mengapa penjualan Moskvitch ini laris adalah karena harganya termasuk murah dibandingkan mobil sedan lain asal Eropa. Moskvitch 412 ini dijual dengan harga 2.200.000 rupiah dimana sedan lain pada saat itu harganya bisa lebih dari 3 juta rupiah.

Mesin yang dipakai mobil ini adalah mesin UZAM-412 berkapasitas 1500cc OHV 4 silinder. Konon mesin OHV ini merupakan mesin Zastava atau Fiat yang bekerja sama dengan pemerintah Yugoslavia dalam membuat mobil nasionalnya yang bernama Zastava tadi. Tidak banyak yang diketahui dari mesin ini selain mesin ini digabungkan dengan gearbox transmisi manual 4 percepatan untuk meneruskan daya mesinnya ke roda belakang. Selain itu, uniknya mesin ini adalah mesinnya bisa diengkol kala akinya drop atau starternya mati. Lebih uniknya lagi walaupun mobil ini dijual di negara tropis macam Indonesia, namun mobil ini aslinya tidak disediakan AC karena ACnya diganti dengan pemanas.

Tidak seperti mobil asal blok timur yang terkenal pelan dan membosankan namun sangat awet bahkan ada yang bilang lebih awet dibanding paham komunisme dinegara dimana mobil itu dibuat, Moskvitch ini sempat sukses dinegara blok barat. Moskvitch 412 merupakan mobil pertama dari Uni Soviet yang lulus dari serangkaian tes keamanan di negara barat seperti Perancis, Bulgaria, Cekoslowakia, Swedia dan Jerman. Selain itu, merk ini juga sempat mengikuti kejuaraan rally dunia bahkan sampai menjuarai reli Lombard North Central Championship. Selain itu, Moskvitch juga menjuarai berbagai event otomotif internasional lain seperti London Sidney Marathon Word Cup Rally pada tahun 1968. Selain ajang reli internasional, importir Moskvitch juga sempat menurunkan 2 unit mobilnya di arena rally di Indonesia yang disponsori penuh dalam Dharma Putra Rally. Sayang tim Moskvitch ini menunjukkan hasil yang kurang bagus.

Sayangnya kiprah Moskvitch di Indonesia harus berakhir sekitar tahun 1978 kala pemerintah mengeluarkan kebijakan penciutan merek mobil dan motor pada 1978. Selain itu, ATPM Moskvitch ini juga terkena kendala karena munculnya kebijakan larangan impor pada 1980. Sisa-sisa mobil Moskvitch yang belum terjual ini kemudian diurus oleh Sekneg karena pemerintah berdalih importir mobil tersebut tidak mau mengurus perintah ekspor kembali mobil yang belum terjual ini. Pemerintah kemudian membagi-bagikan Moskvitch ini kepada Gerakan Pramuka Indonesia pada November 1981 dan kemudian pada 5 Desember kepada partai Golkar, PDI, PPP, organisasi profesi sampai ormas. Total ada sekitar 170 unit yang dibagikan.

Spesifikasi Moskvitch 412 / 1500SL ini adalah sebagai berikut:

Spesifikasi Moskvitch 412 / 1500SL
Jenis Sedan
Tipe 412
Mesin UZAM OHV 1500cc
Bore X Stroke N/A
Sistem Bahan Bakar Karburator
Transmisi Manual 4 Speed
Wheelbase N/A
Panjang N/A
Lebar N/A
Tinggi N/A

0 Response to "Moskvitch 412 / 1500SL"

Post a Comment