Peugeot 604 SL

Peugeot 604

Kasta mobil sedan Peugeot bisa dilihat dari nilai angka didepannya. Jadi misalkan ada Peugeot 306, kastanya lebih tinggi 406 sementara 206 kastanya lebih rendah dibading 306. Di Indonesia juga diseluruh penjuru dunia, mobil Peugeot dengan kasta tertinggi bukanlah 504 dan 505 melainkan Peugeot 604 yang dijual antara 1975 sampai sekitar 1983. Peugeot 604 ini merupakan penanda kembalinya Peugeot dalam pasar mobil mewah setelah 40 tahun lamanya menghentikan produksi Peugeot 601 pada 1934.


Didesain sebagai mobil mewah membuat Peugeot berfikir untuk membuat desain yang sangat cantik dan elegan. Oleh karena itu desain mobil ini sepenuhnya dikerjakan oleh Pininfarina yang merupakan rumah desain asal Italia yang terkenal piawai membuat desain mobil cantik. Di Eropa sendiri mobil ini dipuji jurnalis otomotif dimasanya sebagai mobil dengan desain paling elegan. Walau memakai desain baru yang elegan, namun ternyata mobil ini masih puya hubungan dekat dengan Peugeot 504 karena beberapa part 504 seperti pintu dan lantai yang mirip dengan 504.


Pada bagian mesin, mobil ini memakai mesin PRV-Douvrin yang merupakan mesin hasil kerja sama Peugeot, Renault dan Volvo. Mesin PRV ini memiliki konfigurasi V6 SOHC berkapasitas 2664cc. Untuk pasokan bahan bakarnya digunakan karburator single dari Weeber atau karburator 2 barrel dari Solex. Mobil penggerak roda belakang ini menggunakan transmisi manual 5 percepatan untuk menyalurkan daya mesin ke roda belakang. Karena merupakan hasil kerjasama dengan Volvo, mesin ini sama persis dengan mesin yang dipasang di Volvo 264 dan 265. Karena mirip dengan mesin Volvo ini kemungkinan besar sparepart mesinnya masih lumayan melimpah.

Sebagai mobil mewah, fitur yang diberikan pada Peugeot 604 ini termasuk sangat canggih dan lengkap dimasanya. Trim yang ditawarkan saat itu hanya sebuah saja dengan label V6 SL. Jok depan dan belakang sudah dilapisi dengan kulit asli berwarna coklat. AC, power steering bahkan power window di jendela depan dan belakang sudah ada. Seluruh kaca jendelanya sudah diberi tinted glass untuk menjadga privasi dan melindungi penumpangnya dari sengatan sinar matahari. Desain dashboard dan speedometernya sendiri juga sangat elegan dengan 3 lingkaran besar dimana sebelah kiri berupa jam, tengah tachometer dan kanan speedometer.

Sayangnya walau mobil ini sering dipuji karena desainnya yang cantik dan kenyamanannya yang jauh lebih nyaman dibanding 504 yang sudah terkenal nyaman, penjualannya tergolong sedikit di seluruh penjuru dunia. Karena tidak terlalu laris ini membuat populasinya tergolong sangat sedikit apalagi jika dibandingkan dengan 504 dan 505 yang sampai sekarang masih menjadi raja di jalanan Afrika sana. Di Indonesia sendiri mobil ini sudah dangat jarang terlihat. Kondisinya kalau tidak hancur di kampakan, biasanya jadi mobil antik ditangan kolektor dan pecinta Peugeot.

Spesifikasi Peugeot 604 SL ini adalah sebagai berikut:

Spesifikasi Peugeot 604 SL
Jenis Sedan
Tipe 604
Mesin PRV V6 SOHC 2664cc
Bore X Stroke 88.0 X 73.0 mm
Sistem Bahan Bakar Karburator
Transmisi Manual 5 Speed
Wheelbase 2.800 mm
Panjang 4.720 mm
Lebar 1.770 mm
Tinggi 1.435 mm

0 Response to "Peugeot 604 SL"

Post a Comment