Holden Monaro HQ LS & GTS

Holden Monaro HQ GTS

Holden pada awalnya memang bukan dibuat sebagai muscle car karena dirancang sebagai sedan mewah dengan mesinnya yang hanya 6 silinder segaris. Mungkin karena merasa malu muscle car kok hanya 6 silinder, Holden akhirnya memperkenalkan Holden Monaro pada tahun 1968. Generasi kedua dari Holden Monaro diperkenalkan pada tahun 1971 dengan generasi HQ. Monaro HQ ini dibuat sampai tahun 1974 dan menjadi Monaro terakhir yang masuk ke Indonesia setelah peraturan pelarangan impor kendaraan bermotor pada tahun 1973 berlaku.


Nama Monaro berasal dari nama sebuah wilayah di New South Wales di Australia sana. Pengucapan Monaro pada mobil Holden ini sedikit berbeda dimana Monaro dibaca mon-ah-ro. Holden Monaro ini menjadi muscle car (sport car) pertama Holden yang pertama kali muncul pada tahun 1968. Karena mengambil basis Holden Kingswood diera yang sama, penamaan generasi kode Monaro ini sama seperti HK, HT, HG, HQ, HJ, HX, dan HZ.


Di Indonesia, Monaro HQ ini hadir dalam 2 bentuk bodi yaitu sedan 4 pintu atau coupe 2 pintu. Ada 3 tipe yang tersedia pada Monaro ini dimana perbedaan antar tipenya ada pada fitur dan mesin yang digunakan. Tipe base model dan LS (Luxury Sedan) memakai mesin Holden Red engine yang memiliki konfigurasi inline 6 silinder OHV. Bedanya, pada base model mesin yang dipakai berkapasitas 173 cubic inch atau 2850cc dan tipe LS memakai mesin berkapasitas 202 cubic inch atau 3300cc. Mesin ini sama seperti yang digunakan pada Holden Kingswood, Belmont dan Statesment generasi HQ sampai WB. Untuk transmisinya, digunakan transmisi manual 4 percepatan atau otomatis 3 percepatan.

Versi "jahat" Holden HQ Monaro ini adalah Holden Monaro dengan tipe GTS. Bisa dibilang Monaro GTS ini adalah sebenar-benarnya muscle car asal Australia. Mesin yang dipakai Monaro GTS ini adalah mesin Chevrolet Small Block V8 yang berkapasitas 350 cubic inch atau sekitar 5700cc. Mesin Chevy small block yang dipasang di Monaro GTS ini merupakan varian L48 yang juga dipasangkan ke muscle car Chevrolet seperti Camaro, Caprice, Impala, El Camino, Chevelle dan Nova. Mesin ini sanggup menghasilkan tenaga sebesar 300Hp dan torsi maksimum 576Nm.

Populasi mobil ini hanya sekitar belasan unit saja di Indonesia dan semuanya berada ditangan kolektor Holden. Sebenarnya, sekitar awal dasawarsa 70an, ada puluhan unit Holden Monaro yang masuk ke Indonesia. Orang yang memasukkan unit Monaro ini adalah Robby Tjahjadi yang merupakan penyelundup ulung di Indonesia. Sayangnya, aksinya menyelundupkan mobil sempat ketahuan dan mobil-mobil selundupannya disita bea cukai. Nasib puluhan Monaro bersama mobil selundupan lain seperti Mustang, Galaxie dan Mercy Pagoda ini oleh hakim Kartini Muljadi yang terkenal bersih saat itu memutuskan untuk dimusnahkan dengan cara dipotong dan kemudian dikirim ke krakatau steel untuk dilebur.

Spesifikasi Holden Monaro HQ ini adalah sebagai berikut:

Spesifikasi Holden Monaro HQ
Jenis Sedan
Muscle (sports)
Tipe HQ
Mesin Holden Red inline 6 OHV 2850cc
Holden Red inline 6 OHV 3300cc
Chevrolet Small Block V8 OHV 5700cc
Bore X Stroke 88.9 X 76.2 mm (173 ci)
92.1 X 82.6 mm (202 ci)
101.6 X 88.39 mm (350 ci)
Sistem Bahan Bakar Karburator
Transmisi Manual 4 Speed
Otomatis 3 Speed
Wheelbase 2.800 mm
Panjang 4.760 mm
Lebar 1.880 mm
Tinggi 1.370 mm

3 Responses to "Holden Monaro HQ LS & GTS"

  1. tenaganya beda jauh antara yang V8 dengan yg biasa..

    ReplyDelete
    Replies
    1. muscle car klo tenaganya lembek apa kata dunia....

      Delete