Holden Torana SL 2850 LH, LX

Holden Torana SL 2850 LH foto by Sabung.Hamster

Holden Torana merupakan mobil compact pertama Holden yang pertama kali muncul pada tahun 1967. Setelah lumayan sukses dengan generasi pertama dan keduanya yang bahkan di Indonesia sempat mobilnya dipakai sebagai mobil taksi, Holden kemudian memperkenalkan generasi ketiganya dengan nama Holden Torana LH pada tahun 1974. Holden Torana ini adala Toorana terakhir yang dijual di Indonesia sebelum akhirnya digantikan oleh Holden Gemini dan Camira.


Torana LH diperkenalkan dengan bodi baru yang stylingnya mirip seperti Holden Kingswood yang diperkecil. Walau kecil, namun dimensi keseluruhan mobil ini termasuk besar jika dibandingkan mobil Jepang yang saat itu baru masuk ke Indonesia. Di Indonesia, pada tahun 1975 mobil ini dijual dengan harga 5 juta rupiah sudah termasuk BBN dan pajak. Holden Torana ini hanya dijual varian SL nya saja sementara Holden Torana SLX yang punya mesin lebih bertenaga dan liar tidak masuk ke Indonesia walau ada beberapa yang terdampar disini dengan jumlah yang sangat terbatas.

Torana versi Indonesia ini memakai mesin Holden red engine berkapasitas 2850cc atau 173cu. Mesin ini memiliki konfigurasi inline 6 silinder OHV 12 valve dengan karburator untuk pemasok bahan bakarnya. Dibandingkan dengan mesin red yang terpasang di Holden Kingswood, mesin Torana ini punya kopresi yang lebih rendah dan oleh sebab itu tenaga maksimalnya hanya 112Hp dan torsi 220Nm. Untuk menggerakkan roda belakangnya, digunakan transmisi manual 4 percepatan standar pada jaman itu.

Pertama kali diperkenalkan pada tahun 1974, Torana LH ini punya ciri khas baru berupa penggunaan lampu depan kotak. Bagian belakangnya tidak terlalu membungkuk seperti mobil sedan lain yang saat itu ngetrend dengan model bongkok. Torana LH ini hanya tersedia varian sedan 4 pintu saja sementara versi 2 pintunya ditiadakan oleh Holden Australia. Pada tahun 1976 terjadi facelift yang diberi nama Holden Torana LX. Torana LX ini kembali menggunakan sepasang lampu bulat yang membuat tampangnya mirip muscle car Amerika walau ukurannya kecil. Perbedaan lainnya dengan Torana LH ada pada pilar kaca tengahnya yang dilabur warna hitam serta logo Holden yang lebih besar dibanding sebelumnya. Pada generasi LX ini, Torana memiliki varian Torana Sunbird yang punya mesin 1800cc dari Opel serta 2 pintu yang sebenarnya merupakan hatchback 3 pintu dengan bagian belakang landai mirip fastback. Sayangnya, kedua varian ini tidak dijual di Indonesia. Setelah generasi LX, muncul Torana UC pada tahun 1978 yang memiliki ciri berupa lampu depan kotak besar mirip Holden Kingswood WB dan lampu belakang besar. Di Indonesia, Holden Torana UC ini sangat sedikit populasinya karena saat itu penjualannya sudah dihentikan dan diganti dengan Holden Camira dan Gemini.

Pada awalnya, Torana ini kurang populer dibanding Holden lain yang lebih besar seperti Premier ataupun Kinswood. Namun akhir-akhir ini popularitasnya kembali naik yang membuat harganya terkerek naik walau biasanya tidak semahal Kingswood dengan kondisi yang sama. Kelebihan Torana ada pada bodinya yang cukup kecil dengan mesin 2850cc nya membuat tenaganya cukup besar namun tidak meninggalkan kenyamanan karena bodinya yang lebih besar dibanding sedan kompak lainnya dimasanya. Di Sentul era 90an dulu, salah satu mobil monster yang merajai drag race adalah Holden LH Torana milik Robert Paul yang sudah diganti mesinnya dengan mesin V8 Chevrolet.

Spesifikasi Holden Torana SL 2850 LH, LX ini adalah sebagai berikut:

Spesifikasi Holden Torana SL 2850 LH, LX
Jenis Sedan
Tipe LH, LX
Mesin Holden Red 173cu OHV 2850cc
Bore X Stroke 85.7 X 76.2 mm
Sistem Bahan Bakar Karburator
Transmisi Manual 4 Speed
Wheelbase 2.590 mm
Panjang 4.510 mm
Lebar 1.704 mm
Tinggi 1.331 mm

2 Responses to "Holden Torana SL 2850 LH, LX"

  1. ini dia holden yg lumayan terjangkau. cuma tenaganya ternyata kecil ya biarpun cc nya gede

    ReplyDelete
    Replies
    1. karena mobil jaman dulu belum mengenal bensin berkualitas bagus maka tenaganya dibuat segitu saja yang penting bisa jalan dulu.

      Delete