Mitsubishi All New Lancer Cedia CS3 & CS5

Mitsubishi Lancer Cedia CS3

Memasuki milenia baru, Mitsubishi mulai menyegarkan varian Lancer dengan menghadirkan Mitsubishi Lancer Cedia pada tahun 2000 di Jepang. Nama Cedia sendiri berasal dari singkatan kata Century Diamond. Di Indonesia, Lancer Cedia dengan kode CS ini baru masuk sekitar tahun 2003 karena Lancer CK4 masih dijual sampai tahun 2002. Masih sama seperti Lancer generasi sebelumnya, kebanyakan orang Indonesia masih salah kaprah menyebut Lancer ini sebagai Evo 5 dan Evo 6. Padahal kalau dilihat lagi, Lancer Cedia ini sudah sangat berbeda jauh dengan Evo 5 dan 6 karena Cedia ini lebih dekat kearah Evo 7, 8 dan 9.


Berbeda dibandingkan generasi sebelumnya, Lancer Cedia ini hampir tidak memiliki persamaan bentuk dengan Lancer Evolution. Mulai dari bentuk lampu depan, lampu belakang, grill, bumper depan dan belakang, fender depan, fender belakang, dashboard, sampai pintu belakangnya sudah berbeda jauh dengan Evolution. Desain awal Cedia ini memakai lampu depan model diamond cut serta grill yang sepintas malah mirip dengan grill ginjal BMW yang diberi chrome tebal. Untuk bagian belakangnya, memakai model seperti Evo 7 dan 8 hanya sajja dibuat lebih sederhana dan lebih kecil ukurannya. Untuk tipenya, tersedia tipe GLXi serta SEi yang memiliki beda pada fitur dan mesin yang digunakan.

Mesin yang digunakan masih sama seperti generasi sebelumnya untuk Lancer Cedia CS3. Mesin SOHC 16 valve 1600cc Mitsubishi 4G92 ini sanggup menghasilkan tenaga sebesar 110Hp pada 6000Rpm dan torsi 137Nm pada 5000Rpm. Mesin ini hanya tersedia untuk Lancer Cedia CS3 tipe GLXi saja. Transmisi yang digunakan untuk CS3 ini masih manual 5 percepatan saja. Selain 1600cc, ada juga varian 1800cc yang memakai mesin Mitsubishi 4G93 yang memakai kode sasis CS5 atau tipe SEi. Sayangnya, mesin 4G93 Lancer SEi ini hanya sebatas mesin SOHC 16valve saja tidak seperti pendahulunya yang terpasang di Lancer LeDangan dan Dangan GTi DOHC. Mesin SOHC ini hanya sanggup menghasilkan tenaga sebesar 118Hp pada 6000Rpm dan torsi 159Nm di 5000Rpm. Untuk transmisinya, varian SEi ini sudah sangat canggih karena memakai transmisi CVT INVECS-III.

Mitsubishi All New Lancer Cedia CS5

Pada tahun 2004, Mitsubishi melakukan facelift yang cukup besar pada All New Lancer Cedia ini. Paling jelas terlihat ada dibagian fascia depan yang dibuat membulat dan streamline mengitu perkembangan jaman. Bagian grillnya sudah tidak lagi mengikuti desain ala BMW karena mengambil garis desain Mitsubishi saat itu yang memiliki ciri grill belah tengah berbentuk segitiga dengan emblem Mitsubishi besar berwarna silver. Pada versi facelift ini, sudah tidak ada lagi varian bermesin 1600cc karena semuanya sudah memakai mesin 4G93 SOHC 1800cc. Pilihan transmisinya ada manual 5 percepatan seperti yang banyak digunakan oleh kepolisian RI dan otomatis CVT yang bisa memakai mode manual dengan teknologi INVECS-III.

Selain versi rakitan lokal yang kit CKDnya berasal dari Thailand, Lancer CS3 juga memiliki varian bermesin 4G92 1600cc DOHC MIVEC. CS3 ini merupakan varian langka karena masuk secara CBU dari Singapura atau Jepang lagsung. Ciri fisiknya ada pada bagian depannya yang sama persis dengan CS3 lokal. Hanya saja, bagian grill depannya tidak memakai model chrome berlebihan, melainkan sudah belah tengah segitiga mirip Evolution 8. Versi CBU langka ini selain mengusung mesin MIVEC yang jauh lebih bertenaga, ia juga memakai berbagai piranti mesin pendukung yang lebih advance sehingga tenaganya besar namun konsumsi bahan bakarnya lebih boros dibanding versi SOHC 1800cc. Fitur versi CBU ini juga sudah lengkap dengan adanya ABS, ESC dll.

Kelebihan Lancer Cedia adalah tarikan versi SOHC 1800cc mantab dan lumayan irit bahan bakar dibanding versi 1600cc yang sedikit terasa underpower karena bodi Cedia ini lebih besar dan berat dibanding CK4.  Suspensi mobil ini lumayan empuk dan masih tetap stabil untuk kecepatan tinggi. Bahkan saking baiknya, Mitsubishi pernah iseng memakai Lancer Cedia untuk WRC group A karena belum membuat varian homologasi Lancer Evolution 7 saat itu. Jika masih kurang puas akan mesin standarnya, mesin 4G63 dari Lancer Evolution dengan turbo bisa menjadi pilihan yang pas untuk swap engine. Mobil ini masih punya sedikit kesan sporty walau mulai kurang diseukai karena ABG saat itu punya idola baru bernama Honda Jazz. Oleh karena itu, mencari unit Lancer Cedia yang bebas tangan jahil modifikasi anak muda yang kadang aneh lebih mudah dibanding Lancer CK4.

Kelemahan Mitsubishi Lancer Cedia adalah spare part yang tidak terlalu sulit dan bahkan masih banyak bertebaran namun harga untuk part original lumayan mahal walau durabilitasnya sangat baik. Memang ada part imitasi namun tidak disarankan karena lebih sering membuat kerusakan malah merembet. Model Cedia yang tidak mirip Evo membuatnya kurang disukai apalagi untuk konversi Cedia ke Evolution 7, 8 ataupun 9 jauh lebih sulit dan mahal karena perbedaan shell luar bagian belakangnya.

Spesifikasi Mitsubishi All New Lancer Cedia CS3 & CS5 ini adalah sebagai berikut:

Spesifikasi Mitsubishi All New Lancer Cedia CS3 & CS5
Jenis Sedan
Tipe CS3 (1600cc)
CS5 (1800cc)
Mesin 4G92 SOHC 1600cc
4G93 SOHC 1800cc
Bore X Stroke 81.0 X 77.5 mm (4G92)
81.0 X 89.0 mm (4G93)
Sistem Bahan Bakar Multi Point Injection
Transmisi Manual 5 Speed
Otomatis CVT 
Wheelbase 2.600 mm
Panjang 4.495 mm
Lebar 1.695 mm
Tinggi 1.375 mm

2 Responses to "Mitsubishi All New Lancer Cedia CS3 & CS5"

  1. yg ini modelnya kalah kece sama CK4 ya..kaya mobil elegan jdnya gk sporty

    ReplyDelete
    Replies
    1. yup, mungkin bos mitsubishi waktu itu mikirnya pengguna lancer yg dulu masih sporty udah jadi bapak-bapak makanya lancer terbarunya dibikin elegan...

      Delete