Peugeot J7 RRI & TVRI


Peugeot J7 merupakan mobil van yang diproduksi oleh Peugeot antara tahun 1965 sampai sekitar 1980. Sebagai mobil van serbaguna, J7 ini dibuat kedalam berbagai varian mulai dari angkutan orang, pickup sampai ambulans. Di Indonesia, mobil ini masuk hanya pada tahun 1970 dan digunakan untuk keperluan broadcasting kelapangan TVRI (Televisi Republik Indonesia) dan RRI (Radio Republik Indonesia).


Sejarah Peugeot J7 Van ini bisa masuk ke Indonesia dimulai sekitar awal tahun 1970. Menteri Penerangan saat itu, (Alm) Letjen Ali Moertopo mendatangkan sekitar 110 unit Peugeot J7 Van untuk digunakan sebagai broadcast van kalau-kalau RRI atau TVRI mau liputan langsung. Setiap provinsi masing-masing kebagian 4 unit dimana untuk RRI 2 unit sementara TVRI 2 unit. Karena pada waktu itu jumlah provinsi di Indonesia masih berjumlah 27, jadilah pas kalau 4 unit per provinsi mendapat mobil ini.

Mesin yang dipakai Peugeot J7 ini sama seperti mesin Peugeot 404 dimana ia memakai mesin Peugeot 1618cc bensin. Sebenarnya selain mesin 1600cc bensin, ada juga J7 yang bermesin bensin 1500cc, 1800cc, diesel 2000cc, 2100cc dan 2200cc. Semua mesin ini diletakkan dibawah jok pengemudi dan penumpang secara melintang karena mobil ini merupakan mobil penggerak roda depan atau FWD. Untuk transmisinya, digunakan transmisi manual 4 percepatan.

Mobil yang dibuat di Chausson, Perancis ini sebenarnya dibuat dalam 2 varian yaitu 1400Kg dan 1800Kg. Perbedaan keduanya ada pada kapasitas maksimal angkutnya serta mesin yang digunakan. Sesuai dengan namanya, versi 1800kg merupakan varian dengan ukuran yang lebih besar dibandingkan versi 1400kg. Untuk yang dipakai RRI dan TVRI, sepertinya hanya memakai versi 1400kg saja.

Peranan J7 sebagai outside broadcasting van RRI digantikan oleh Mercedes Benz G-Wagen W460 sekitar tahun 1978. Peugeot ini digantikan oleh G-Wagen karena menteri penerangan saat itu karena mobil ini kurang besar kabinnya untuk membawa kamera dsb, tidak bisa masuk kejalan kampung dan tentunya kesal karena mobil untuk siaran langsung ini sering mogok. Belum lagi, karena bentuknya van yang cukup besar namun penggerak roda depan dirasa tidak terlalu cocok untuk operasional wilayah yang kurang baik jalanannya. G-Wagen dipilih karena cukup tangguh namun memiliki ruang kabin yang cukup besar jika dibandingkan mobil lain saat itu.

Van ini sudah mulai menghilang setelah tugasnya digantikan oleh G-Wagen. Walau begitu, beberapa unitnya masih bertahan dan tersisa di parkiran RRI maupun TVRI tiap daerah. Sayangnya, karena pada waktu itu mobil ini tidak membayar bea masuk, jadilah Peugeot J7 memakai plat nomor berakhiran huruf X yang artinya tidak membayar bea masuk serta tidak bisa dipindah tangankan kepemilikannya.

Spesifikasi Peugeot J7 ini adalah sebagai berikut:

J7
Spesifikasi Peugeot J7
Jenis Minibus
Tipe
Mesin Peugeot 1618cc engine
Bore X Stroke N/A
Sistem Bahan Bakar Karburator
Transmisi Manual 4 Speed
Wheelbase 2.500 mm
Panjang 4.740 mm
Lebar 2.000 mm
Tinggi 2.350 mm

0 Response to "Peugeot J7 RRI & TVRI"

Post a Comment