Toyopet (Toyota) Publica UP10

Toyota 700 Toyopet Publica UP10 coupe

Toyopet Publica atau yang biasa juga dikenal dengan nama Toyota 700 adalah . Secara internal, Publica ini bisa dibilang merupakan moyangnya Toyota Starlet. Ini bisa dilihat dari kode designasi Publica dan Starlet yang sama-sama memakai huruf P. Generasi pertama Toyopet Publica dengan kode P10 ini diperkenalkan pada tahun 1961 dan produksinya dihentikan pada tahun 1966.


Toyopet merupakan brand dibawah Toyota yang menjual mobil-mobil "merakyat" dengan ukuran yang lebih kecil sehingga pajaknya lebih ringan karena Jepang juga menerapkan pajak dimensi kendaraan. Dalam sejarahnya, Toyota membuat Publica ini agar sesuai dengan ketentuan mobil nasional Jepang yang peraturannya ditetapkan oleh kementrian perindustrian dan perdagangan Jepang pada tahun 1955. Bos Toyota saat itu, Eiji Toyoda kemudian menunjuk Tatsuo Hasegawa untuk merancang mobil rakyat tadi. Hasilnya, pada tahun 1961 diluncurkan mobil rakyat Jepang yang bernama Publica dimana kata Publica berasal dari singkatan Public Car. Di Jepang sendiri karena pengucapan huruf L dan R sama, kadang mobil ini disebut juga Toyota Paprika karena tulisan katakana Publica (パブリカ) bisa juga dibaca sebagai "Paburika".


Hasegawa-san yang menjadi perancang Publica membuat mobil ini terispirasi dari Citroen 2CV. Oleh karena itu, bagian mesin mobil ini juga dibuat mirip dengan 2CV dimana keduanya memakai mesin bensin 2 silinder boxer dan masih berpendingin udara namun karena keterbatasan teknologi pada saat itu, Toyota membuat Publica berpenggerak roda belakang. Toyota Publica ini memakai mesin Toyota U dengan konfigurasi 2 silinder boxer OHC 697cc. Mesin yang dihubungkan dengan transmisi manual 4 percepatan ini sanggup menghasilkan tenaga sebesar 28Hp dengan torsi 53Nm.

Di Indonesia, bisa jadi Toyopet Publica ini menjadi salah satu mobil Toyota pertama yang masuk ke Indonesia selain Land Cruiser FJ40 dan truk DA110. Pilihan bodi yang tersedia pada Publica ini adalah sedan, wagon, pickup (ute), sampai convertible. Semua pilihan bodi tadi hanya tersedia dalam bentuk 2 pintu dan 3 pintu khusus untuk wagon. Sebagai mobil rakyat, Publica ini hanya dijual tanpa ada fitur khusus untuk meningkatkan nilainya.

Kini populasi mobil ini sudah sangat langka. Selain karena jaman dulu mobil Jepang kalah tenar dibanding mobil Eropa, mobil Jepang pada waktu itu dikenal sebagai mobil murahan yang membuatnya hanya terjual sedikit. Kebanyakan sudah dalam kondisi mengenaskan kalah dengan karat dan keropos.

Spesifikasi Toyopet Publica UP10 ini adalah sebagai berikut:

Spesifikasi Toyopet Publica UP10
Jenis Sedan
Station Wagon
Ute
Tipe UP10
Mesin U OHV 700cc
Bore X Stroke 76.0 X 73.0 mm
Sistem Bahan Bakar Karburator
Transmisi Manual 4 Speed
Wheelbase 2.130 mm
Panjang 3.520 mm
Lebar 1.415 mm
Tinggi 1.203 mm

2 Responses to "Toyopet (Toyota) Publica UP10"

  1. Kalau nggak salah turunan Publica, Sports 800 juga masuk ke Indonesia. Sebagai hadiah untuk dealer saya pernah liat 2, Satu merah satu kuning. Entah ada berapa lagi.

    Konon katanya 2000GT pun ada di Indonesia tapi mengingat jumlahnya yang hanya 300an dan harga yang lebih mahal dari E-Type saya jadi sangsi kalau 2000GT benar ada disini.

    ReplyDelete
    Replies
    1. sya malah baru tau kalau sports 800 masuk sini... soal toyota 2000gt, rasanya nggak mustahil masuk sini... secara lambo miura aja ada kok.

      Delete