Chrysler (Dodge) Valiant VF, VH, VJ

Chrysler Valiant Regal

Chrysler Valiant merupakan mobil Australia yang dibuat dan dirancang oleh Chrysler Australia. Mobil ini sempat menjadi mobil terlaris di Australia walau penjualannya masih kalah oleh Holden Kingswood dan Ford Falcon. Walau menjadi mobil terlaris ketiga di Australia, namun Chrysler Valiant ini tidak dijual bebas di Indonesia seperti Holden Kingswood dan Ford Falcon.


Di Indonesia, mobil ini pertama kali masuk sekitar tahun 1972 dengan generasi VF. Valiant Regal dan Pacer ini kemudian digunakan oleh perum PPD (Pengangkutan Penumpang Djakarta) sebagai mobil taksi dibawah PT. Radio Taxi (Ratax). Selain itu, ada Valiant Regal yang masuk ke Indonesia dan kemudian digunakan oleh kementrian untuk digunakan sebagai mobil dinas para mentri. Selain Chrysler Valiant, pada waktu itu para mentri kabinet pembangunan 1 dan 2 juga memakai Dodge Dart buatan 1967.

Pada pertengahan 1971, Chrysler kemudian menghadirkan generasi terbaru dari Valiant ini dengan munculnya Chrysler Valiant VH. Valiant VH tipe Regal ini kemudian juga dipakai sebagai mobil mentri kabinet pembangunan awal jaman orde baru sekaligus penambahan armada taksi yang dimasukkan pada tahun 1974. Pada tahun 1979, karena masa bakti Valiant Regal VF dan VH sudah lebih dari 5 tahun, mobil mobil ini kemudian dipersiaplakn penggantinya dengan Chrysler Valiant yang lebih baru dengan Valiant VJ. Pada Valiant VJ ini, varian yang dimasukkan bukan lagi Regal melainkan Ranger. Beberapa tahun kemudian, Valiant Ranger ini kemudian digantikan dengan Volvo.

Valiant VF, VH, VJ

Sistem penamaan mobil ini mirip-mirip mobil Australia lainnya dimana huruf seperti VF, VH dan VJ merupakan kode generasi. Nama Regal dan lainnya merupakan nama trim level yang ditawarkan. Di negara asalnya, Valiant ini dijual dalam beberapa tipe seperti Valiant Charger yang merupakan coupe 2 pintu. Varian Chrysler Valiant di Indonesia sepertinya hanya ada Regal, Pacer dan Ranger. Perbedaan antar ketiganya ada pada mesin yang digunakan dan fitur yang terdapat didalamnya tergantung generasinya. Valiant Regal merupakan varian sedan mewah dengan mesin V8. Valiant Pacer merupakan sedan yang lebih murah yang dibuat sporty dan lebih bertenaga dengan mesin 6 silinder dan transmisi 3 percepatan. Untuk Valiant Ranger sendiri merupakan tipe Valiant yang paling murah karena merupakan entry level mobil ini. Semua varian Valiant ini terdapat pada model sedannya. Di Australia sendiri, mobil ini juga tersedia dalam varian wagon dan ute yang sepertinya tidak masuk ke Indonesia.

Mobil ini kebanyakan memakai mesin 6 silinder segaris yang lebih irit dan pajaknya lebih murah di Indonesia. Mesin 6 silinder yang digunakan ini adalah mesin Chrysler Slant 6 225cu in. Mesin yang mirip seperti yang dipakai Dodge Dart ini memiliki konfigurasi 6 silinder segaris OHV overstroke berkapasitas 3700cc. Untuk menggerakkan roda belakangnya, digunakan transmisi manual 3 percepatan atau otomatis 2 percepatan. Selain itu konon ada varian yang bermesin V8 tapi entah kebenarannya.

Spesifikasi Chrysler (Dodge) Valiant VF, VH, VJ ini adalah sebagai berikut:

Spesifikasi Chrysler (Dodge) Valiant VF, VH, VJ
Jenis Sedan
Tipe VF, VH, VJ
Mesin Slant 6 225 OHV 3700cc
Bore X Stroke 86.4 X 104.8 mm
Sistem Bahan Bakar Karburator
Transmisi Manual 3 Speed
Otomatis 2 Speed
Wheelbase N/A
Panjang N/A
Lebar N/A
Tinggi N/A

0 Response to "Chrysler (Dodge) Valiant VF, VH, VJ"

Post a Comment