Honda Stream RN1/RN2/RN3/RN4/RN5

Honda Stream prefacelift

Honda Civic selain tersedia dalam pilihan sedan dan hatchback sebenarnya juga tersedia dalam bentuk minivan yang diberi nama Honda Shuttle. Sayangnya, Honda Shuttle ini tidak masuk secara resmi di Indonesia. Pada tahun 2003, ATPM Honda di Indonesia akhirnya menghadirkan generasi penerus Honda Shuttle yang diberi nama Honda Stream. Sama seperti Shuttle, Honda Stream ini berbasis Civic generasi ke 7 atau yang biasa dikenal dengan nama Civic VTi. Karena mengambil platform Civic, Honda Stream sering kali disebut memiliki karakteristik ala mobil sedan.


Honda Stream pertama kali hadir pada tahun 2000 di Jepang. Karena pada waktu itu ijin impor kendaraan secara CBU kembali diperbolehkan, sempat ada beberapa Honda Stream CBU generasi pertama yang kebanyakan memakai spesifikasi JDM masuk ke Indonesia. Honda sendiri baru resmi memasarkan Honda Stream ke Indonesia pada akhir 2002. Ciri khas keluaran pertama ini adalah tampilannya yang tampak elegan minim lekukan ekstrim. Lampu depannya menganut model trapesium dengan lampu senja dan sein berada diatas lampu utama. Di bagian interior, head rest joknya dibuat minimalis tanpa adanya lubang. Pada tahun 2004, Honda melakukan facelift pada Stream yang membuat tampangnya lebih sporty dengan headlamp baru. Di bagian interiornya, headrest jok dibuat lebih sporty dengan lubang ditengahnya. Di bagian belakang, Stream facelift memiliki lampu mundur yang letaknya berada disamping plat nomor mirip dengan Suzuki Aerio.


Terdapat 2 pilian mesin yang digunakan Honda Stream. Pilihan mesin paling kecil menggunakan mesin D17A5 4 silinder segaris SOHC dengan VTEC-E berkapasitas 1700cc. Mesin terakhir Honda di Indonesia yang memakai material besi cor untuk blok mesinnya ini sanggup menghasilkan tenaga sebesar 123Hp pada 6300Rpm dan torsi 154Nm pada 4800Rpm. Bersamaan dengan munculnya versi facelift, Honda menambah pilihan mesinnya dengan mesin K20B 4 silinder segaris DOHC dengan i-VTEC berkapasitas 2000cc. Mesin K series ini sanggup menghasilkan tenaga sebesar 150Hp pada 6500Rpm
dan torsi 186Nm pada 4000Rpm. Untuk menggerakkan roda depannya, digunakan transmisi manual 5 percepatan atau otomatis triptonik dengan Grade Logic Control.

Honda Stream facelift

Sebagai mobil keluarga, fitur yang diusung mobil ini cukup lengkap. Versi 2000cc yang merupakan versi termahal sudah dilengkapi dengan ABS dan EBD, airbag, interior full kulit, AC dengan blower belakang, foot parking brake, transmisi triptonik, foglamp, keyless entry sampai rem cakram depan belakang. Versi 1700cc dibuat lebih sederhana dengan fitur hanya berupa ABS dan EBD, interior fabric, AC single blower dari Sanden, parking brake tangan, rem cakram depan sementara belakang teromol dan foglam hanya berupa optional.

Di Indonesia, kebanyakan Stream generasi pertama yang masih berstatus CBU kebanyakan memiliki kode RN3 karena memakai mesin K20. Stream CBU ini juga kebanyakan masih memakai model pre facelift. Dari luar, perbedaan paling mencolok ada pada bagian atapnya karena Stream CBU ini sudah dilengkapi denan sunroof. Fitur Stream CBU juga lebih lengkap dengan adanya 4 srs airbag. Selain itu, semuanya sama dengan Honda Stream CKD Indonesia.

Kelebihan Honda Stream ada pada handling dan kenyamanan khas sedan. Untuk kenyamanan penumpang, jok barus keduanya terasa nyaman dan luas dengan berbagai pengaturan jok yang juga dipadu dengan jok yang terasa empuk serta material jok yang berkualitas untuk versi 2000cc. Bentuk dashboard memang sederhana dan simple, namun material yang dipakai lebih berkualitas khas Honda jaman dulu. Selain itu, bentuknya yang elegan untuk model pra facelift serta sporty untuk model facelift menjadi nilai tambah karena desainnya terkesan abadi.

Kelemahan Honda Stream ada pada jok baris ketiga yang sempit. Sepertinya lebih baik jok baris ketiga ini dilepas saja agar bagasi lebih besar atau hanya penumpang anak-anak saja yang diduk disana. Bodi mobil ini terasa agak pendek serta bantingannya terasa agak keras. Konsumsi BBM bisa dibilang boros karena kenikmatan mesin VTEC ada pada putaran atas yang membuat torsinya terasa kurang sehingga pengemudi harus menginjak pedal gas lebih dalam untuk berakselerasi. Oleh karena itu tidak heran untuk Stream 1700cc hanya mampu memperoleh konsumsi BBM 1:8 untuk rute dalam kota. Untungnya untuk rute luar kota bisa lebih irit karena bisa mencapai 1:14.

Spesifikasi Honda Stream RN ini adalah sebagai berikut:

Spesifikasi Honda Stream
Jenis Minibus
Tipe RN1/RN2/RN3/RN4/RN5
Mesin D17A5 SOHC VTEC-E 1668cc
K20B DOHC i-VTEC 1998cc
Bore X Stroke 75.0 X 94.4 mm (D17)
86.0 X 86.0 mm (K20)
Sistem Bahan Bakar PGM-Fi
Transmisi Manual 5 Speed
Otomatis triptonik
Wheelbase 2.720 mm
Panjang 4.550 mm
Lebar 1.695 mm
Tinggi 1.590 mm

0 Response to "Honda Stream RN1/RN2/RN3/RN4/RN5"

Post a Comment