Modifikasi Honda Civic Ferio Hatchback 5 Pintu

modifikasi Civic EK Hatchback 5 door

Indonesia sebenarnya merupakan salah satu surga otomotif di belahan bumi selatan dan timur. Ya memang disini impor kendaraan bermotor bisa dikenai pajak 300% lebih belum lagi tambahan pajak lain untuk kendaraan yang memiliki penggerak 4 roda (AWD/4WD), force induction (turbo dan supercharger), sedan dan 2 pintu selain truk dan pickup, sampai konyolnya lagi, kendaraan hybrid dan elektrik yang ramah lingkungan juga dikenai pajak yang tinggi. Karena pajak-pajak yang tinggi ini membuat sebuah Civic EK hatchback 3 pintu menjadi sangat langka dan mahal harganya di Indonesia karena dulu yang mampu beli hanya orang kaya yang usahanya belum kolaps karena krismon 1998. ATPM Honda di Indonesia sendiri hanya menghadirkan Civic generasi ke 6 atau yang biasa dikenal dengan nama Ferio dalam bentuk sedannya saja karena versi hatchback kurang laris penjualannya saat itu. Berbeda dengan Amerika Serikat, disana Civic EK hatchback yang jadi mimpi indah petrolhead Indonesia jumlahnya sangat berlimpah sampai orang bosan melihatnya. Oleh karena itu, ada yang memodifikasi Civic EK sedan menjadi Hatchback agar tampil beda dan tidak lagi pasaran.


Adalah pengguna instagram yang bernama Williamsglima yang mengkonversi sebuah Honda Civic sedan 4 pintu menjadi hatchback 5 pintu. Pada dasarnya, Civic EK sedan dan hatchback bahkan sampai Honda Orthia yang bisa disebut Civic Wagon di Jepang merupakan mobil yang sama jika dilihat dari struktur bagian depan dan tengah serta panjang wheelbasenya. Perbedaan diantara ketiganya hanya ada pada bagian belakangnya. Oleh karena itu, memasang pintu belakang hatchback ke sedan yang dipotong bukan hal yang mustahil dilakukan. Seperti apa prosesnya, yuk disimak biarkan foto yang berbicara.

modifikasi Civic EK Hatchback 5 door

modifikasi Civic EK Hatchback 5 door

modifikasi Civic EK Hatchback 5 door

modifikasi Civic EK Hatchback 5 door

modifikasi Civic EK Hatchback 5 door

Oh iya, untuk mengubah Civic sedan biasa menjadi hatchback seperti ini om Williamsglima mengaku menghabiskan dana sebesar 5500 dollar Amerika atau sekitar 73,33 juta Rupiah dengan kurs hari ini (29 Maret 2017). Perlu diingat itu modifnya di Amerika yang sumber daya otomotifnya melimpah. Kalau dilakukan di Indonesia tentunya bisa lebih dari itu wong Ferio disini masih 80an juta sementara disana 500 dollar udah dapet kondisi apa adanya.

modifikasi Civic EK Hatchback 5 door

Akhir kata, berminat? silahkan impor rear cut Civic EK hatchback lengkap dengan bumper, kaca serta lampu belakangnya. Karena Civic memakai sasis model monokok, disarankan untuk menggunakan las titik seperti yang digunakan pabrik mobil karena memotong bagian belakangnya sudah pasti menghancurkan integritas sasis serta handlingnya. Seumpama mau melakukan modifikasi seperti ini, jangan lupa minta surat keterangan rubah bentuk dari karoseri agar nantinya kolom jenis kendaraan di STNK dan BPKB bisa berubah karena hatchback seperti ini mulai tahun 2002 ditulis sebagai minibus.

4 Responses to "Modifikasi Honda Civic Ferio Hatchback 5 Pintu"

  1. tanggung ya gak sekalian disulap jadi 3 pintu + mesin tipe R hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. mungkin karena disana sudah bosan lihat civic 3 pintu... lagipula kalau dibuat 3 pintu, otomatis nambah lagi belanja pintu, doortrim sama kaca. belum lagi entah bakal sekacau apa handlingnya setelah sasisnya dipotong sana sini

      Delete
  2. Itu bengkelnya dimana mas...?
    Udah lama pengen EK9 cuma belom ada yg jual.
    Hhehehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. itu diamerika mas. kalo diindonesia, cari saja bengkel karoseri...

      Delete