Citroën Traction Avant

Citroën Traction Avant Indonesia

Dalam bahasa Perancis, Traction Avant bermakna tarikan depan atau penggerak roda depan. Sesuai dengan namanya, Citroën Traction Avant merupakan mobil dengan penggerak roda depan seperti umumnya mobil jaman sekarang. Apa yang membuat Citroën Traction Avant ini hebat adalah fakta dimana mobil ini dirancang pada tahun 1933 dimana pada saat itu teknologi penggerak roda depan pada mobil belum ada. Oleh karena itu bisa dibilang inilah mobil dengan penggerak roda depan pertama di dunia walau sebenarnya gelar ini lebih cocok diberikan untuk mobil Gräf & Stift yang tidak jadi diproduksi massal.


Selain penggerak roda depan, ada 2 hal lain pada mobil ini yang masih dipakai oleh mobil jaman sekarang. 2 hal tadi adalah sasis monokok dan suspensi independen. Pada jaman itu, kebanyakan mobil masih menganut sasis model ladder frame seperti mobil pikap jaman sekarang. Citroën merevolusi rancang bangun sasis mobil penumpang menjadi monokok supaya mobil bisa lebih stabil, nyaman dan irit penggunaan besi dan baja untuk material mobil walau sebenarnya Lancia Lambda yang sudah menjadi mobil dengan sasis monokok pertama didunia. Selain itu, Citroën juga menerapkan sistem suspensi independen dibagian depan dengan konstruksi batang torsi dan wishbone. Dibagian belakangnya memakai beam axle dan Panhard rod.


Mobil yang cukup radikal dimasanya ini ditawarkan dalam berbagai pilihan mesin mulai dari mesin 4 silinder berkapasitas 1300cc, 1500cc, 1600cc, 1900cc sampai mesin 6 silinder 2900cc. Mesin yang dipakai ini berbeda tiap tipenya dimana pada awalnya, Traction Avant generasi 7CV memakai mesin 1300cc. Tipe 7CV muncul antara 1934 sampai 1941, 11C antara 1934 sampai 1957 dan 15CV antara 1938 sampai 1955. Untuk transmisinya sendiri, digunakan transmisi manual 3 percepatan yang diletakkan di kolom setir. Khas mobil pada jaman itu.

Citroën Traction Avant di Perancis sana mendapat julukan sebagai mobil gangster. Ini dikarenakan setelah perang dunia kedua, Pierrot le Fou yang dikenal sebagai penjahat nomor 1 di Perancis mendirikan gangster yang diberi nama Traction gang. Ciri khas gangster Perancis ini adalah mereka memakai sebuah Citroën Traction Avant bermesin 6 silinder 2900cc. Pada waktu itu, Traction Avant merupakan mobil paling kencang sekaligus yang bisa dibeli umum pada waktu itu walau harganya sangat mahal. Ini dikarenakan bahan baku seperti besi baja dan sebagainya lebih difokuskan untuk membuat mesin tempur pada waktu perang dunia kedua. Karena langkanya bahan baku ini membuat Citroën memutuskan hanya Traction Avant yang dijual pada waktu itu. Ini dikarenakan untuk membuat mobil FWD seperti Traction Avant membutuhkan bahan baku yang lebih sedikit. Agar tetap bisa dibeli orang Perancis pada waktu itu, Citroën sampai menjual Traction Avant tanpa ban agar harganya lebih murah lagi.

Penerus generasi Citroën Traction Avant ini adalah Citroën DS yang diperkenalkan pada tahun 1955. Walau sudah ada Citroën DS, namun Citroën masih tetap menjual Traction Avant sampai tahun 1957. Di Indonesia populasi mobil ini cukup langka entah berapa jumlahnya. Kedutaan Perancis dan para insinyur asal Perancis yang membangun bendungan di Jatiluhur disebut menjadi pihak utama yang mendatangkan mobil ini ke Indonesia karena ATPM Citroën belum berdiri pada waktu itu.

Spesifikasi Citroën Traction Avant ini adalah sebagai berikut:

Spesifikasi Citroën Traction Avant
Jenis Sedan
Tipe Citroën 7CV
Citroën 11CV
Citroën 15CV
Mesin 1300cc inline 4
1500cc inline 4
1600cc inline 4
1900cc inline 4
2900cc inline 6
Bore X Stroke N/A
Sistem Bahan Bakar Karburator
Transmisi Manual 3 Speed
Wheelbase 2.910 mm
Panjang 4.450 mm
Lebar 1.620 mm
Tinggi 1.520 mm

0 Response to "Citroën Traction Avant"

Post a Comment