Daewoo Nexia

Daewoo Nexia

Dibanding saudaranya dari Korea Selatan seperti Hyundai (Bimantara) dan Kia (Timor), Daewoo ini bisa dibilang telat masuk ke Indonesia walau sebenarnya jaraknya tidak terpaut terlalu jauh. Produk pertama Daewoo di Indonesia adalah Daewoo Espero yang masuk pada tahun 1995 dan kemudian disusul oleh sedan kecilnya yang bernama Nexia. Diluar sana, mobil ini juga dikenal dengan nama Daewoo Cielo di Korea Selatan, Daewoo Nexia di Inggris dan Indonesia, Chevrolet Nexia di Russia dan negara-negara bekas Uni Soviet sampai yang paling aneh dan sering menjadi lelucon adalah Daewoo Heaven, Daewoo Racer sampai Daewoo Super Racer.

Daewoo Nexia ini masuk ke Indonesia hampir bersamaan dengan Daewoo Espero. Kalau Daewoo Espero masuk ke kelas mid size sedan, Nexia ini diposisikan oleh Daewoo sebagai sedan entry level Daewoo. Secara desain tampilannya biasa saja khas sedan 90an yang sporty dengan lampu sipit yang entah mengapa mengingatkan pada Mustang generasi keempat facelift. Mungkin ini disebabkan karena lampu depannya yang melengkung dibagian atasnya. Bagian belakangnya cukup aneh karena berkesan lahir di era akhir 80an. Ini diperkuat dari bentuk pilar C yang mengotak tipis serta fender belakang yang tertutup seperempatnya diatas. Secara keseluruhan, desainnya malah terlihat seperti Opel Kadett sedan tahun 80an di Eropa yang dimodernisasi. Untuk model bodinya sendiri, di Indonesia hanya tersedia varian sedan 4 pintu sementara diluar sana ada varian hatchbacknya.

Mesin yang digunakan mobil ini adalah mesin Daewoo dengan kode A15MF pada tipe GLXi. Mesin ini tergolong canggih karena sudah mengusung konfigurasi 4 silinder DOHC 16 valve dengan kapasitas mesin mencapai 1500cc dan pengabut bahan bakar injeksi. Mesin yang sebenarnya sudah memenuhi standar emisi Euro 3 ini mampu menghasilkan tenaga sebesar 84Hp pada 4800Rpm dan torsi 136Nm pada 4600Rpm. Selain 1500cc, sepertinya ada juga varian bermesin SOHC 8 valve dengan kapasitas mesin mencapai 1600cc pada tipe GLi. Untuk transmisinya, digunakan transmisi manual 5 percepatan atau pilihan otomatis 4 percepatan.

Fitur yang ada didalam mobil ini masih standar ala sedan kecil era 90an. Power window, power stering, central lock dan AC sudah menjadi standarnya. Untuk keselamatan, jangan terlalu berharap lebih karena fitur keselamatan utama pada mobil ini hanyalah sabuk pengaman di jok depan dan belakang. Rem yang dipakai masih berupa cakram dibagian depan dan teromol dibagian belakang.

Kelebihan Daewoo Nexia ini mungkin ada pada harganya yang murah. Walau murah, namun sayangnya tidak semua orang tau akan merk Daewoo yang sejatinya kini menjual hampir semua mobil Chevrolet di Indonesia. Ini mengakibatkan harganya jeblok dan susah laku karena orang takut memiliki mobil ini. Kelemahan Daewoo Nexia ini ada pada gigi mundurnya yang tidak biasa bagi kebanyakan orang Indonesia. Posisi gigi mundurnya berada disebelah kiri gigi 1 dimana untuk mengaktifkannya menggunakan cincin di tuas persnelingnya. Cincin dibawah shiftknob ini di tarik menggunakan jari tangah dan tekunjuk terlebih dahulu baru kemudian tuas transmisinya dipindah ke posisi R atau mundur. Sparepart mobil ini cukup sulit kalau tidak dicari di toko spesialis mobil Korea karena hampir tidak ada persamaanya dengan mesin merk lain. Daewoo sendiri bangkrut pada tahun 1998 atau sekitar 2 tahun setelah Nexia ini diluncurkan di Indonesia karena krisis ekonomi yang meluluh lantakan Indonesia dan tak kalah hebatnya di Korea Selatan. Untuk kualitas interior dan mobilnya sendiri, masih sama seperti mobil Korea pada umumnya jaman itu.

Spesifikasi Daewoo Nexia ini adalah sebagai berikut:

Spesifikasi Daewoo Nexia
Jenis Sedan
Tipe Nexia
Mesin A15MF DOHC 1500cc
Bore X Stroke N/A
Sistem Bahan Bakar Injeksi
Transmisi Manual 5 Speed
Otomatis 4 Speed
Wheelbase 2.520 mm
Panjang 4.482 mm
Lebar 1.662 mm
Tinggi 1.393 mm

0 Response to "Daewoo Nexia"

Post a Comment