Ford Transit MK I


Mobil van atau minibus di Indonesia merupakan salah satu jenis mobil yang penjualannya sangat bagus. Ada banyak alasan seseorang untuk memiliki mobil van salah satunya adalah karena daya angkut barangnya yang besar namun masih bisa dipakai untuk mengangkut orang. Jenis Van yang populer di Indonesia antara lain Suzuki Carry sampai Mitsubishi Colt L300. Lain ladang lain belalang, bagi orang Eropa mobil van yang sangat populer disana adalah Ford Transit.


Generasi pertama Ford Transit atau biasa disebut orang Inggris sebagai Mark I (MK I) muncul pertama kali pada tahun 1965 di Inggris untuk menggantikan Ford Taunus Transit. Bagi yang tidak tau seperti apa bentuk Taunus Transit, mobil "Mystery Machine" pada film animasi Scooby Doo pada dasarnya merupakan sebuah Ford Taunus Transit yang diberi kelir ala Hippie era 60an. Berbeda dengan Taunus Transit yang tidak memakai moncong, Ford Transit memiliki moncong (bonnet) yang dipakai untuk ruang mesin.

Mesin yang dipakai mobil ini sebenarnya beragam mulai dari 4 silinder bensin, 6 silinder bensin dan 4 silinder diesel. Kapasitas mesinnya juga beragam mulai dari 1300cc sampai 3300cc. Untuk Transit yang beredar di Indonesia, sepertinya hanya ada varian mesin 2000cc bensin 4 silinder yang mirip seperti mesin Ford Cortina. Yang unik dari mesin yang diberi nama Ford Essex ini adalah, konfigurasinya dimana mesin 4 silinder V4 yang disusun seperti huruf V mirip seperti motor MotoGP, Honda RC213V. Mesin ini punya keuntungan dimana bentuknya kompak sehingga pas dipasang di bonnet Ford Transit yang pendek. Sayangnya, konfigurasi ini terkenal kurang stabil dan tidak terlalu handal sehingga sangat jarang ditemui mesin 4 silinder pada mobil produksi massal.

Karena terlalu sukses penjualannya, generasi pertama dari Ford Transit ini dijual sampai tahun 1986. Pada tahun 1978, terdapat facelift dimana bentuk keseluruhannya menjadi kotak. Di Eropa, mobil ini begitu populer sampai menurut Top Gear yang mengambil data dari kepolisian Inggris menyebutkan kalau 95% kasus perampokan dan penculikan pada tahun 70an melibatkan kendaraan ini. Walau sukses besar di Eropa, sayangnya mobil ini kurang sukses di Indonesia. Mungkin karena Ford pada waktu itu leibh fokus ke mobil sedan seperti Falcon atau Cortina dibandingkan mobil mobil komersil seperti Transit ini.

Spesifikasi Ford Transit MK I ini adalah sebagai berikut:

Spesifikasi Ford Transit MK I
Jenis Minibus
Tipe Transit MK1
Mesin Ford Essex V4 OHV 8v 2000cc
Bore X Stroke 93.67 X 72.42 mm
Sistem Bahan Bakar Karburator
Transmisi Manual 4 Speed
Wheelbase N/A
Panjang N/A
Lebar N/A
Tinggi N/A

0 Response to "Ford Transit MK I"

Post a Comment