Holden VB, VC, VH, VK Commodore

Holden VC Commodore

Setelah sukses dengan Holden Kingswood, Holden mengganti lineup Kingswood dengan platform baru yang diambil dari Opel Rekord yang kemudian dirancang ulang oleh General Motor Holden di Australia pada tahun 1980. Karena berbasis Opel Rekord E yang di Indonesia hanya dijual dalam bentuk station wagon, bisa dibilang Holden Commodore ini merupakan versi sedan dari Opel Rekord. Kalau pada versi Holden Kingswood versi mewahnya diberi nama Holden Premier, pada generasi Holden Commodore versi mewahnya diberi nama Holden Calais.


Mobil ini pertama kali masuk melalui ATPMnya pada waktu itu PT Udatin sekitar bulan April tahun 1980. Generasi pertama dari Holden Commodore yang memiliki kode VB ini memiliki rupa yang mirip dengan Opel Rekord E1. Walau mirip, namun karena jalanan Australia yang lebih kasar dibanding jalanan Eropa membuat Holden memodifikasi Commodore pada bagian kaki-kaki sampai engine bay untuk memuat mesin 6 dan 8 silinder Holden. Tidak seperti Opel Rekord yang bermesin 2000cc, Holden Commodore ini mengandalkan mesin 6 silinder segaris berkapasitas 2800cc yang sama dengan yang terpasang pada Holden Torana. Generasi Holden VB ini kemudian digantikan oleh generasi Holden VC yang tampangnya masih mirip Opel Rekord E2.

Fitur pada mesin Holden Commodore generasi VC dan VC ini adalah hadirnya karburator varajet. Pada dasarnya karburator varajet ini merupakan karburator 2 barrel yang dibuat oleh Rochester Products Division yang merupakan divisi pengembangan dan pembuatan karburator dan yang berkaitan milik General Motor. Untuk kenyamanan, sebagai mobil kelas atas mobil ini sudah menyediakan AC dan power steering. Interior mobil ini didominasi warna merah darah mulai dari dashboard, plafon sampai jok dengan material fabric.

Holden VH Commodore

Pada tahun 1981, muncul Commodore generasi VH. Generasi VH ini mengalami ubahan yang cukup drastis pada eksteriornya dimana lampu depannya dibuat lebih lancip sudutnya. Body keseluruhan juga berbeda apalagi ditambah dengan bumper yang menyesuaikan bentuk lampu serta bonnet depan. Facelifft ini membuat Commodore terkesan lebih lebar daripada generasi sebelumnya. Dibagian belakang, lampu belakangnya diubah sehingga tampak seperti lampu belakang sebuah Mercedes-Benz era 80an. Dibagian interior, setir yang sebelumnya hanya palang 1 diganti dengan setir palang 2. Warna merah yang dominan pada generasi VB dan VC ditinggalkan dan diganti dengan interior yang berwarna coklat kombinasi abu-abu khas mobil 80an.

Berbeda dengan generasi VB dan VC yang mengandalkan mesin Holden yang dijuluki red engine, generasi VH ini memakai mesin 4 silinder 1900cc dengan nama Holden Starfire yang sebenarnya merupakan mesin 2850cc 6 silinder Holden yang dikurangi 2 silinder. Berbeda dengan generasi sebelumnya, karburator varajet tidak hadir mulai generasi ini. Sebagai gantinya, karburator yang dipakai hanyalah berupa karburator yang sama dengan yang terpasang pada Chevrolet LUV bensin. Generasi VK yang menjadi penerusnya masih tetap mempertahankan mesin 1900cc ini.

Fitur pada Commodore generasi VH ini masih sama dengan generasi sebelumnya hanya saja material interiornya dikurangi dari yang sebelumnya fabric mewah menjadi seperti mobil pikap karena sempat dipakai untuk mobil taksi. Mungkin karena mesin 4 silinder lebih irit sehingga cocok untuk dipakai sebagai taksi membuat Udatin selaku ATPM Holden memutuskan meninggalkan mesin 6 silinder legendaris mereka. Ada sekitar 500 unit yang digunakan oleh Radio taxi Jakarta.

Pengganti Commodore VH adalah Commodore VK yang merupakan generasi Commodore terakhir di Indonesia. Perbedaan utama dengan Commodore VH hanya ada pada lampu depannya yang lebih runcing dan sipit dengan bumper dan bonnet menyesuaikan. Penerus generasi Commodore VK adalah Holden VL Calais yang merupakan varian termewah dari Commodore. Di Indonesia, populasi Commodore tergolong sedikit yang masih beredar karena Holden era 80an dirasa kurang gagah jika dibandingkan dengan Holden era 70an.

Spesifikasi Holden VB, VC, VH, VK Commodore ini adalah sebagai berikut:

Spesifikasi Holden VB, VC, VH, VK Commodore
Jenis Sedan
Tipe VB, VC, VH, VK
Mesin Holden red inline 6 2850cc
Holden Starfire inline 4 1892cc
Bore X Stroke 85.7 X 76.2 mm
Sistem Bahan Bakar Karburator
Transmisi Manual 5 Speed
Wheelbase 2.668 mm
Panjang 4.706 mm
Lebar 1.722 mm
Tinggi 1.363 mm

0 Response to "Holden VB, VC, VH, VK Commodore"

Post a Comment