Nissan Sunny dan Sentra Genesis B13

Nissan Sentra Genesis B13

Nissan Sunny dan Sentra Genesis B13 adalah sedan konpak yang dibuat Nissan untuk menggantikan generasi Sunny/Sentra B12 yang serba mengotak. Desain B13 ini cukup kontroversial karena pada jaman itu orang suka akan desain pipih membulat sementara Nissan masih mempertahankan desain agak mengotak Sunny B12. Di Meksiko sana, mobil ini bahkan masih diproduksi sampai tahun 2017 tanpa ada ubahan berarti dengan nama Nissan Tsuru dan tetap menjadi favorit disana.


Berbeda dengan wilayah lain di berbagai penjuru dunia dimana Nissan hanya menggunakan salah satu nama antara Sunny atau Sentra untuk mobil sedannya ini. Di Indonesia Nissan Sunny dan Sentra dijual bersamaan dengan perbedaan utama Nissan Sunny dipakai untuk armada taksi sementara Nissan Sentra untuk pribadi. Nissan Sentra dijual mulai akhir 1990 sampai sekitar 1995 sementara Nissan Sunny dijual oleh ATPMnya antara 1995 sampai 1997 untuk armada taksi. Trim level yang masuk masing-masing hanya satu dimana Nissan Sentra dijual dalam tipe SGX sementara Sunny dijual dalam tipe E yang merupakan tipe terendah dari lineup Nissan Sunny diseluruh dunia.

Karena berbeda peruntukan, fitur yang disematkan kedua mobil ini juga berbeda. Nissan Sunny yang dipakai untuk mobil taksi tidak dibekali dengan power steering dan power window dari pabriknya. Semua peralatan elektris untuk menunjang kenyamanan digantikan oleh peralatan manual. Material pembungkus jok dan doortrim menggunakan bahan kalep atau kulit sintetis dan cluster meter terasa hampa karena tidak adanya tachometer. Untuk Nissan Sentra Genesis, fiturnya lebih lengkap karena sudah ada power steering dan power window. Bahan pelapisnya juga lebih mewah dengan material beludru. Di panel meter, terdapat tachometer disebelah speedometer yang membuatnya terasa seperti mobil sedan beneran.

Mesin yang digunakan Nissan Sentra ini berbeda antara Sunny dengan Sentra. Nissan Sunny memakai mesin Nissan GA13DS yang memiliki konfigurasi 4 silinder segaris DOHC 16 valve berkapasitas 1300cc dengan pasokan bahan bakar dari karburator. Sebagai mobil pribadi, Nissan Sentra memakai mesin Nissan GA16DE yang memiliki konfigurasi 4 silinder segaris DOHC 16 valve berkapasitas 1600cc dengan injeksi elektronik. Mesin ini sanggup menghasilkan tenaga sebesar 110Hp pada 6000Rpm dan torsi 146Nm pada 4000Rpm. Untuk menggerakkan roda depan, versi 1300cc dan 1600cc memakai transmisi manual 5 percepatan sementara khusus untuk varian 1600cc ada pilihan transmisi otomatis 4 percepatan.

Handling mobil ini lumayan bagus untuk kelasnya. Bahkan rasanya mampu bersaing degan Civic yang terkenal akan handlingnya yang akurat. Ini mungkin dikarenakan rancangan sasisnya yang konon paling bagus diantara Nissan Sentra dan Sunny generasi lainnya karena Nissan berambisi membuat mobil homologasi reli Nissan Pulsar GTI-R yang sasisnya mirip dengan Sentra B13 serta aplikasi stabilizer berukuran besar.

Kelebihan Nissan Sunny adalah mesinnya yang badak dan cukup handal dipakai wira wiri. Untuk Nissan Sentra Genesis, mesin mobil ini terasa cukup bertenaga dibanding rivalnya saat itu karena sudah memakai mesin DOHC 16 valve sementara rivalnya masih SOHC 16 valve atau SOHC dengan 2 camshaft (twincam). Bila dirasa kurang puas, mesin SR20DE FWD masih bisa masuk kedalam engine bay mobil ini sehingga rasanya mobil ini terasa pas untuk iseng ikut balap ditunjang dengan handlingnya yang cukup mumpuni. Sayang karena image taksi membuat mobil ini berharga cukup murah dan pas untuk yang mereka yang berkantong pas-pasan namun menginginkan mobil yang cukup enak dikendarai.

Nissan Sunny B13

Kelemahan Nissan Sunny dan Sentra genesis ada pada sparepartnya yang tidak sebanyak mobil lain yang dipakai untuk taksi walau sebenarnya tidak masalah untuk jaman sekarang yang bisa berbelanja secara online. Mungkin ini dikarenakan mesin DOHCnya yang terasa janggal untuk dipakai sebagai mesin mobil taksi. Harganya yang murah membuat jarang mobil ini yang masih berkondisi mulus. Desainnya bagi banyak orang juga terasa biasa saja bahkan cenderung kurang.

Spesifikasi Nissan Sunny dan Sentra Genesis B13 ini adalah sebagai berikut:

Spesifikasi Nissan Sunny dan Sentra Genesis B13
Jenis Sedan
Tipe B13
Mesin GA13DS DOHC 1300cc
GA16DE DOHC 1600cc
Bore X Stroke 71.0 X 81.8 mm (GA13DS)
76.0 X 88.0 mm (GA16DE)
Sistem Bahan Bakar Karburator (GA13DS)
Injeksi (GA16DE)
Transmisi Manual 5 Speed
Otomatis 4 Speed (Sentra genesis)
Wheelbase 2.431 mm
Panjang 4.326 mm
Lebar 1.669 mm
Tinggi 1.346 mm

3 Responses to "Nissan Sunny dan Sentra Genesis B13"

  1. Malahan kalo diliat, desainnya mirip mobil tahun 80-an

    ReplyDelete
    Replies
    1. karena masih kelihatan ngotak ya?

      Delete
    2. Iya Mas, lebih tepatnya akhir 80-an.

      Delete