Alfa Romeo Alfasud

Alfa Romeo Alfasud

Perlahan tapi pasti, mobil-mobil bermesin depan yang besar dengan penggerak belakang perlahan mulai ditinggalkan pada era 70 dan 80an. Alfa Romeo juga mulai mengikuti trend otomotif saat itu dengan menghadirkan varian entry levelnya yang bernama Alfa Romeo Alfasud pada tahun 1971 di Turin Motor Show. Alfa Romeo Alfasud ini juga merupakan salaj satu dari 3 model Alfa Romeo lain yang sempat dijual dan dirakit di Indonesia oleh PT Autocarya selain Giullia dan Alfetta.


Berbeda dengan Giullia dan Alfetta yang merupakan sedan 4 pintu, Alfa Romeo Alfasud ini tersedia dalam bentuk hatchback 4 pintu. Di negara asalnya, mobil ini juga tersedia dalam bentuk wagon 3 pintu yang diberi nama Alfasud Giardinetta yang tidak hadir di Indonesia. Desain Alfasud ini terlihat cantik karena bentuk mobil ini dirancang oleh desainer kenamaan Italia yang bernama Giorgetto Giugiaro. Alfasud pertama kali muncul di Indonesia pada tahun 1973 dan sepertinya hanya dijual dalam model pre facelift karena faceliftnya baru muncul di Italia pada tahun 1978 sementara ATPM Alfa Romeo di Indonesia tutup pada tahun 1978. Walau tidak mendapat varian wagon, setidaknya varian Alfasud ti (Turismo Internazionale) yang berbentuk fastback coupe 2 pintu pernah ada di Indonesia.


Yang spesial dari Alffasud ini adalah mesinnya dimana mobil ini memakai mesin 1200cc 4 silinder DOHC 8 valve dengan konfigurasi boxer seperti motor BMW atau mobil Subaru. Mesin yang menggunakan karburator Solex 2 barrel ini memang hanya mampu menghasilkan tenaga sebesar 62Hp namun top speed yang bisa diraih bisa mencapai 120km/jam dimana itu merupakan angka yang tinggi di era 70an awal. Untuk menggerakkan roda depannya, Alfa Romeo membekali mobil ini dengan transmisi manual 4 percepatan. Khusus untuk varian ti walau sama-sama memakai mesin DOHC 4 silinder boxer dengan kapasitas 1200cc, namun Alfa Romeo memberikan karburator Webber 2 barrel yang membuat tenaganya melonjak menjadi 68Hp. Juga khusus untuk varian ti, transmisi yang digunakan adalah manual 5 percepatan.

Walau mobil ini sepertinya ditujukan sebagai kelas entry level, namun Alfa Romeo tidak main-main dalam memberikan fitur untuk mobil ini. Sistem pengereman mobil ini sudah menggunakan rem cakram di semua roda baik depan maupun belakang. Dibagian interior versi standar sudah mendapat speedometer dan tachometer sementara untuk varian ti mendapat tambahan indikator suhu mesin serta tekanan oli. Kaki-kaki mobil ini juga bukan main canggihnya dengan konfigurasi depan macpherson strut dan dibagian belakang sudah independen beam axle dengan watt's linkage.

Sayangnya mobil yang terkenal bisa lari kencang serta sangat stabil untuk bermanuver ini kurang laris penjualannya. Ini mengakibatkan sedikitnya populasi Alfasud di Indonesia selain karena ATPM Alfa Romeo yang hanya berdiri sampai 1978 saja. Kelemahan mobil ini menurut penggunanya ada di timing belt yang suka meleset kala digeber pada RPM yang tinggi sampai redline dan tie-rod front wheel drive yang suka oblak. Selain itu reliabilitas khas mobil Itali serta langkanya sparepart juga berpengaruh terhadap populasi mobil ini di jalanan.

Spesifikasi Alfa Romeo Alfasud ini adalah sebagai berikut:

Spesifikasi Alfa Romeo Alfasud
Jenis Hatchback
Tipe Tipo 901
Mesin Boxer H4 DOHC 1186cc
Bore X Stroke 80.0 X 59.0 mm
Sistem Bahan Bakar Karburator
Transmisi Manual 4 Speed
Manual 5 Speed (ti)
Wheelbase 2.455 mm
Panjang 3.890 mm
Lebar 1.590 mm
Tinggi 1.370 mm

2 Responses to "Alfa Romeo Alfasud"

  1. Pernah naik mobil alfa ini nih dulu tahun 90an suaranya kaya subaru tapi lebih nyaring dan suara knalpotnya sedikit melenting.. Tapi mantap..enaknya pada saat turunan suaranya sedikit meletup letup dari knalpot.. Pokonya khas sekali mesinnya dan pasti mobilnya juga

    ReplyDelete
    Replies
    1. Subaru ganti knalpot aja udah enak banget suaranya padahal... mobilnya masih nggak tuh?

      Delete