Jip Militer ex Marinir, Auverland A3

Auverland A3 front

Auverland merupakan mobil jip militer yang dibuat di Perancis yang aslinya merupakan jip Cournil 4x4 buatan Perancis juga yang lisensinya dibeli oleh Francois Servanin yang merupakan pendiri Auverland. Perusahaan yang kini dimiliki oleh Panhard ini fokus dalam pengembangan kendaraan militer dengan kendaraan jip paling laris bernama Auverland A3 series. Jip ini sebenarnya merupakan armoured personnel carrier (APC) yang khusus dipakai militer namun sempat akan dibuat versi sipilnya.


Bisa dibilang, jip Auverland ini masih punya hubungan darah dengan jip perang pasukan sekutu di perang dunia kedua. Sejarahnya, setelah perang usai, Bernard Cournil (pendiri Cournir motor) menemukan sejumlah jip buatan Amerika yang ditinggalkan begitu saja setelah perang usai. Jip-jip sisa tadi kemudian dibangun ulang dan dirancang untuk penggunaan pertanian. Lama-kelamaan, Willys selaku pembuat jip asli kemudian mengadakan kesepakatan dengan Cournil untuk membuat jip Willys sesuai lisensinya. Setelah sekian lama, jip Cournil ini kemudian berkembang dan pada tahun 1984 Auverland yang kelak merger dengan Cournil membeli lisensi Cournil 4x4 untuk membangun jip versi mereka sendiri. Pada tahun 1986, Auverland kemudian berhasil mengembangkan sendiri jip Cournil 4x4 dengan menghasilkan Auverland A3 ini.

Auverland A3 interior




Mesin jip Auverland yang beredar di Indonesia memakai mesin diesel dari Peugeot dengan kode XUD. Mesin diesel ini sebenarnya sudah canggih karena memakai turbo. Mesin Peugeot XUD9 ini memiliki konfigurasi 4 silinder SOHC 8 valve indirect injection ditambah turbo dengan kapasitas 1900cc. Sebagai mobil perang, mesin dengan injektor dari Bosch ini konon masih mampu hidup hanya dengan minyak sayur sebagai bahan bakarnya. Mesin diesel ini sebenarnya dibuat untuk mobil penggerak depan namun dimodifikasi sedemikian rupa dengan gearbox 4 percepatan Peugeot 504 yang penggerak roda belakang ditambah transfercase 2 speed Auverland.


Sebagai mobil perang, bentuk bukanlah hal utama. Walaupun Perancis dikenal sebagai negaranya seniman bahkan Paris sebagai ibukota Perancis memiliki makna tempat orang-orang kreatif, namun desain Auverland A3 ini terlihat seperti kurang memiliki nilai seni. Desainnya serba kotak dengan hanya mementingkan fungsi dibanding gaya. Walau terlihat jelek, namun sebenranya bentuknya masih lebih mendingan dibanding Cournil 4x4 yang menjadi basis mobil ini. Di Indonesia, kebanyakan Auverland A3 yang beredar memiliki bentuk pickup atau jip canvas top. Selain 2 bentuk bodi tadi, sebenarnya ada juga varian hardtop sampai armored vehicle yang bentuknya mirip panser.

Auverland A3 rear

Di Indonesia, mobil ini sempat dipakai oleh Marinir serta Dishub untuk operasionalnya sekitar akhir 1990an. Konon ada alasan politis kenapa Marinir dan Dishub bisa memakai mobil ini. Sekitar awal 90an, direncanakan akan dibangun pabrik PSA Peugeot termasuk Auverland yang waktu itu ingin memasuki pasar mobil 4x4 sipil di Australia dan Asia dimana pabriknya akan dibangun di provinsi Timor Timur (sekarang Timor Leste). Sebagai tes pasar dan kecocokan iklim tropis, marinir dan Dishub diberi sekitar 160 unit Auverland A3 dimana semuanya merupakan buatan Brazil dan Perancis. Sayangnya, mobil ini kurang reliable sehingga sepertinya sudah tidak ada lagi Auverland A3 bekas marinir dan Dishub yang tersisa. Kebanyakan unitnya sudah dijual dan dilelang ke masyarakat sipil dan itupun sudah tidak memakai mesin diesel dari Peugeot lagi.

Spesifikasi Auverland A3 ini adalah sebagai berikut:

Spesifikasi Auverland A3
Jenis Jip
Tipe A3
Mesin Peugeot XUD9 turbodiesel SOHC 1900cc
Bore X Stroke 83.0 X 88.0 mm
Sistem Bahan Bakar Indirec injection
Transmisi Manual 4 Speed
Wheelbase N/A
Panjang N/A
Lebar N/A
Tinggi N/A

0 Response to "Jip Militer ex Marinir, Auverland A3"

Post a Comment