Mazda 626 Cronos (Capella) GE

Mazda 626 Cronos

Pada generasi ke 5 dari Mazda Capella, Mazda melakukan sedikit ubahan pada tipe Mazda Capella yang dijualnya. Capella pada generasi ini dibedakan untuk versi sedan JDM dengan internasionalnya. Versi hatchbacknya sendiri juga ada walau hanya dijual lewat merk mewah Mazda dengan nama Ι›̃fini MS-6. Walau di Indoensia tidak mendapat varian hatchback seperti generasi sebelumnya, setidaknya versi sedan yang diberi nama Mazda Cronos sempat masuk ke Indonesia pada tahun 1993.


Pada generasi GE ini, model Mazda Cronos dengan Ford Telstar Brilliant dibuat lebih mirip dengan bodi serba membulat dan lampu depan sipit khas 90an. Sepintas hanya bagian belakang saja yang membedakan antara Cronos dengan Telstar Brilliant dimana Telstar terdapat tambahan garnish belakang sementara Cronos tidak. Mazda Cronos dijual dalam 2 varian yaitu 2000cc dan 2500cc. Perbedaan antara keduanya secara fitur aksesori dan bentuk sebenarnya hampir tidak ada. Yang paling mencolok mungkin hanya ada pada foglamp yang tidak tersedia pada varian 2000cc. Selain foglamp, versi V6 juga mendapat lampu depan projector yang membuat tampilannya lebih elegan dengan pencahayaan yang terang dan fokus.


Sperti yang disebut diatas, Mazda Cronos di Indonesia dijual dalam 2 pilihan mesin yaitu mesin 2000cc 4 silinder dan 2500cc V6. Versi paling murah sekaligus yang paling populer adalah Cronos dengan mesin Mazda FS-DE yang memiliki konfigurasi 4 silinder segaris DOHC 16 valve injeksi yang mampu menghasilkan tenaga sebesar 130Hp dan torsi 183Nm. Varian termahal dari Mazda Cronos memakai mesin Mazda KZ-DE dengan konfigurasi 6 silinder V6 DOHC 24 valve dengan kapasitas mencapai 2500cc yang mampu menhasilkan tenaga sebesar 165Hp. Mesin V6 ini bisa dibilang V6 terkencang di Indonesia pada era 90an karena satu-satunya yang memiliki konfigurasi DOHC 24 valve dengan kapasitas 2500cc. Untuk menggerakkan roda depan, digunakan transmisi manual 5 percepatan atau otomatis 4 percepatan.

Terlahir dijaman orang Indonesia masih kebanyakan uang, fitur yang disematkan kedalam sedan besar ini cukup lengkap dan canggih dimasanya. Memang kelihatannya Mazda Cronos ini sedikit kurang canggih dibanding kembarannya Ford Telstar Brilliant yang sudah disediakan cruise control dan suspensi aktif. Walau begitu Mazda Cronos ini sudah dilengkapi dengan ABS serta AC swing yang membuat kisi AC bergerak ke kiri dan kekanan secara otomatis sehingga tidak membuat wajah kaku karena terlalu lama terkena ac, juga hadir disamping fitur umum seperti power window, power steering, electric mirror, central lock dan sebagainya.

Populasi Mazda Cronos ini termasuk jarang karena selain kurang laku, dari yang saya dengan Mazda di Indonesia pada waktu itu juga terkena aturan dimana kuota impor kit CKD untuk rakitan CKD Mazda Indonesia dibatasi sesuai dengan jumlah penjualan Ford di Indonesia pada tahun sebelumnya. Kenapa kuota Mazda dibatasi ini mungkin ada hubungannya agar secara penjualan, Ford dan Mazda di Indonesia bisa saling berbagi dan tidak saling memakan pangsa pasar yang keduanya sama dan mirip. Kebijakan ini mungkin juga dilakukan karena pada waktu itu Ford merupakan perusahaan yang menguasai sebagian besar Mazda.

Kelebihan Mazda Cronos ada pada mesin V6 nya yang tergolong sangat kencang di Indonesia. Mesin ini bahkan lebih kencang daripada seteru terdekatnya, Mitsubishi Galant V6 yang memakai mesin V6 SOHC 2500cc. Bentuk mobil ini juga cenderung elegan minimalis sehingga kesannya begitu timeless. Harga mobil ini juga lumayan murah dibanding mobil bermesin V6 lainnya di Indonesia. Untuk konsumsi BBMnya cenderung irit untuk kelas 2500cc. Dalam kondisi mesin sehat, angka 1:10 untuk rute luar kota sudah termasuk sangat luar biasa untuk mobil sedan berat bermesin 6 silinder.

Kelemahan Mazda Cronos ada pada handling yang terasa kurang sesuai dengan mesin V6nya dimana pada kecepatan 140Km/jam sampai 160km/jam keatas mulai goyang walau sebenarnya dipacu sampai 200km/jam sangat enteng. Untuk versi 2000cc, mungkin karena terlalu tersiksa membawa bodi yang berat membuat tarikannya tidak sekencang versi V6 nya. Harga sparepartnya sebenarnya biasa saja untuk kelas V6, sayangnya bagi sebagian orang part Mazda ini tergolong mahal.

Spesifikasi Mazda 626 Cronos (Capella) GE ini adalah sebagai berikut:

Spesifikasi Mazda 626 Cronos (Capella) GE
Jenis Sedan
Tipe 626 GE
Mesin FS-DE DOHC 2000cc
KL-DE DOHC V6 2500cc
Bore X Stroke 83.0 X 92.0 mm (FS-DE)
84.5 X 72.4 mm (KL-DE)
Sistem Bahan Bakar Injeksi
Transmisi Manual 5 Speed
Otomatis 4 Speed
Wheelbase 2.610 mm
Panjang 4.670 mm
Lebar 1.750 mm
Tinggi 1.400 mm

8 Responses to "Mazda 626 Cronos (Capella) GE"

  1. dulu bimbang antara galant hiu ato ini..soalnya cronos harganya lebih murah 10 jutaan tapi ternyata lebih ganas

    ReplyDelete
    Replies
    1. sekarang galant hiu 70 juta wajar sementara cronos v6 40 juta dibilang mahal...

      Delete
  2. Salah satu Mobil incaran nih, tp ktnya ada mesin kl-ze 199hp. Kok nyari cronos klze susah ya? Kbnykan klde

    ReplyDelete
  3. Salah satu Mobil incaran nih, tp ktnya ada mesin kl-ze 199hp. Kok nyari cronos klze susah ya? Kbnykan klde

    ReplyDelete
    Replies
    1. entah yg kl-ze pernah dijual sama national motor apa nggak, tapi yg jelas saya belum pernah lihat cronos kl-ze asli ckd indo tanpa engine swap sendiri...

      Delete
    2. Punyaku KL ZE..😊 memang tarikan mesinnya gila.. Kondisi masih standar blm oversize dan masih ori semua.. Mau jual tapi masih sayang bangeeeet.. 😊 blm rela..

      Delete
    3. Punyaku KL ZE..😊 memang tarikan mesinnya gila.. Kondisi masih standar blm oversize dan masih ori semua.. Mau jual tapi masih sayang bangeeeet.. 😊 blm rela..

      Delete