Daihatsu Taft & Rocky F70, F73, F75, F78

Daihatsu Taft Rocky

Daihatsu memperkenalkan pengganti dari Tat Kebo pada tahun 1985. Sayangnya, karena pajak kendaraan 4WD di Indonesia dimahalkan pada tahun 1984 dengan dalih mobil 4WD banyak dipakai pribadi membuat ATPM menghadirkan varian 2WD atau jip banci agar harganya tetap murah. Ciri khas dari Daihatsu Taft sejak awal bahkan sampai seri F70 ini adalah penggunaan sistem gerak 4WD. Untuk mempertahankan ciri khas, Daihatsu kemudian memisahkan generasi Taft kedalam beberapa varian dimana Taft tetap memakai mesin diesel 2800cc. Untuk versi diesel 2WD Daihatsu menjual Taft jip banci ini dengan nama Daihatsu Hiline sementara untuk versi bensin 2WD diberi nama Daihatsu Feroza.


Masih sama dengan Hiline, mesin yang digunakan mobil ini sama dengan yang digunakan truk Daihatsu Delta. Mesin diesel berkapasitas 2765cc dengan konfigurasi 4 silinder OHV 8 valve dan rasio kompresi mencapai 21:1 ini mampu menghasilkan tenaga sebesar 74Hp pada 3600Rpm dan torsi 172Nm pada 2200Rpm. Untuk transmisinya, versi awal sampai sekitar 1988 memakai transmisi manual 4 percepatan dan untuk selanjutnya memakai transmisi manual 5 percepatan dipadukan dengan transfer case dual rang. Bersamaan dengan itu terjadi penggantian mesin ke mesin Daihatsu DL42 yang masih sama dengan DL41 hanya saja beda di tuning pabrikan serta mesin DL42 yang sudah memakai timing belt menggantikan timing chain yang digunakan DL41.

Pertama kali muncul pada tahun 1985, Taft memiliki ciri berupa penggunaan lampu depan bulat. Model awal yang populer adalah jip short wheel base (SWB) dengan suspensi leaf spring dengan rigid axle. Sekitar tahun 1988 model ini berubah memakai lampu depan kotak. Taft SWB ini memiliki kode bodi F70. Pada tahun 1988, muncul varian baru dari Taft dengan nama Daihatsu Rocky dengan ciri medium wheel base dan atap belakang resin yang tingginya sedikit lebih tinggi dari atap besi didepan. Suspensi yang dipakai Rocky masih sama dengan Taft menggunakan leaf spring dengan rigid axle. Kode bodi untuk Daihatsu Rocky ini adalah F73. Baik Taft dan Rocky dengan leaf spring dan rigid axle ini dijual sampai sekitar 1996.

Pada tahun 1996, Daihatsu mengeluarkan pembaruan pada Taft dan Rocky serta Hiline. Secara bentuk, baik Daihatsu Taft maupun Rocky masih mempertahankan bentuknya yang kotak. Perbedaan utama pada Taft yang kemudian disebut Taft GT adalah penggunaan suspensi depan independen dengan torsion bar dan rigid axle dengan coil spring dibelakang. Karena memakai suspensi Independen, Taft GT ini kemudian populer dengan sebutan Taft independen. Kode bodi untuk Taft independen ini adalah F73. Sama seperti Taft GT, Daihatsu Rocky juga mendapat update suspensi yang sama pada tahun 1996. Kode bodi untuk Rocky independen ini adalah F78.

Terlahir sebagai jip yang siap menembut lebatnya rimba, mambuat Taft dan Rocky tidak dibekali banyak fitur canggih yang malah menyusahkan kala rusak atau dipakai kasar. Tidak ada power window tapi setidaknya mobil ini sudah ada power steering, central lock dan ac. Perbedaan antara Taft dengan Rocky selain panjang sasis dan atap resin adalah posisi jok belakangnya dimana Taft masih memakai model bangku berhadapan seperti angkot sementara Rocky sudah lebih nyaman dengan adanya jok hadap depan.

Kelebihan Daihatsu Taft secara umum adalah cukup irit solar, tenaga yang berlimpah, part dan perawatannya sangat mudah dan 4WDnya. Untuk versi independen, kenyamanannya sudah jauh melebihi jip yang beredar di Indonesia saat itu. Khusus untuk Rocky, dengan posisi duduk menghadap depan akan jauh terasa lebih lega untuk penumpang belakang. Sayangnya, karena hanya 3 pintu akses keluar masuknya cukup sulit karena harus "ijin" dengan penumpang didepan terlebih dahulu.
 

Kelemahan Daihatsu Taft yang terasa menggangu mungkin adalah transfer casenya yang kadang loncat sendiri dari L4 ke netral. Selain itu, ciri khas mobil Daihatsu jaman dulu plat bodinya termasuk tipis dengan anti karat yang kurang bagus sehingga tidak jarang menemukan bodi mobil ini berkarat dan keropos. Sisanya masih bisa ditolerir seperti getaran khas mesin diesel yang cukup besar, sempit untuk Taft dan akses keluar masuk penumpang belakang untuk Rocky.

Spesifikasi Daihatsu Taft & Rocky ini adalah sebagai berikut:

Spesifikasi Daihatsu Taft & Rocky
Jenis Jip
Pickup
Tipe F70 (Taft GT)
F73 (Taft GT Independent)
F75 (Rocky)
F78 (Rocky Independent)
Mesin DL42 diesel OHC 2800cc
Bore X Stroke 92.0 X 104.0 mm
Sistem Bahan Bakar Injeksi
Transmisi Manual 5 Speed
Wheelbase 2.205 mm (Taft GT)
2.210 mm (GT independent)
2.530 mm (Rocky)
2.520 mm (Rocky independent)
Panjang 3.775 mm (Taft GT)
3.761 mm (GT independent)
4.100 mm (Rocky)
4.063 mm (Rocky independent)
Lebar 1.660 mm (rigid)
1.754 mm (independent)
Tinggi 1.840 mm (Taft GT)
1.915 mm (Rocky)

0 Response to "Daihatsu Taft & Rocky F70, F73, F75, F78"

Post a Comment