GAZ M13A Chaika Bung Karno dari Nikita Khrushchev

GAZ Chaika Soekarno

Indonesia jaman 50 dan 60an dulu punya hubungan yang istimewa dengan Uni Soviet yang sebenarnya sedikit aneh karena Uni Soviet berideologikan komunisme sementara Indonesia tidak. Kalau diibaratkan, mungkin kedua negara ini sudah seperti ABG yang baru jadian atau orang baru nikah karena kedekatan kedua negara ini. Dikutip dari buku "Bung Karno, Penyambung Lidah Rakyat Indonesia" yang ditulis oleh Cindy Adams, suatu hari pada saat Nikita Khrushchev sedang berkunjung ke istana Bogor, presiden Sukarno mengatakan kalau salah satu WC di istana bogor rusak. Pada tanggal 6 Juli 1961, Nikita Khrushchev kemudian mengirimkan 1 toilet beserta sebuah mobil GAZ Chaika M13 limousine berwarna hitam.


Mobil ini pertama kali dibuat pada tahun 1959 dan terus dibuat sampai sekitar 1981 walau penerusnya (Chaika M14) sudah dibuat sejak 1977. Konon, desain mobil mewah Soviet ini "menyontek" desain dari Packard Patrician keluaran 1951. Chaika dibuat dalam beberapa versi seperti M13 untuk sedan 4 pintu biasa, M13A untuk limosin, M13B untuk cabriolet sampai M13C untuk wagon dan mobil jenazah. Versi limosin seperti yang sedang dibahas ini memiliki 4 pintu dengan kapasitas duduk bisa mencapai 7 orang kalau jok baris keduanya yang menempel dibelakang jok baris depan diturunkan. Sebagai mobil mewah era 50an, jangan heran kalau aksen chrome pada mobil ini terlihat begitu banyak mulai dari depan sampai kebelakang dibagian bumper dengan lubang knalpot yang menyatu dengan bumper yang malah khas mobil mobil Amerika jaman 1950an.


Di Soviet jaman itu, tidak sembarang orang bisa memiliki mobil yang namanya berarti burung camar ini. Gaz Chaika hanya dibuat khusus untuk pemerintah Soviet level tinggi karena rakyat biasa tidak boleh membelinya walau masyarakat Soviet jaman itu boleh menyewanya untuk digunakan sebagai mobil pengantin. Selain anggota pemerintahan, beberapa agen KGB (semacam James Bond nya Uni Soviet) juga mendapatkan mobil ini untuk dinas spionasenya. Di luar Soviet, mobil ini juga dimiliki oleh berbagai kepala negara sahabat Soviet seperti Fidel Castro (Kuba), pangeran Norodom Sihanouk (Kamboja), raja Sisavang Vatthana (Laos), sampai presiden Soekarno dan berbagai sekertaris partai komunis di negara-negara dengan paham komunis.

Nikita Khrushchev sangat menyukai mobil Chaika ini bahkan jika dibandingkan dengan limosin ZIL yang lebih mewah sekalipun. Bicara tentang mobil dinas orang nomer satu di Uni Soviet saat itu, ada yang spesial dari Chaika yang diberikan Kruschev secara pribadi untuk bung Karno. Karena begitu dekatnya hubungan Indonesia dengan Soviet, Nikita Khrushchev tidak segan-segan memberikan varian paling istimewa dari GAZ Chaika ini. Limousin ini selain memiliki bentuk dan warna yang sama dengan yang dipakai Khrushchev, ternyata pada bagian mesin, spesifikasi, armor untuk perlindungan dan fitur-fiturnya antara mobil Soviet 1 dengan RI 1 ternyata juga sama persis. GAZ Chaika untuk Soekarno merupakan mobil nomer 2 yang dibuat oleh GAZ dimana mobil nomer 1 dipakai sebagai mobil dinas Nikita Khrushchev. Karena mobil dinas Nikita Khrushchev sudah rusak dan tidak bisa jalan, bisa dibilang mobil peninggalan Ir. Soekarno pemberian dari Soviet ini merupakan satu-satunya GAZ Chaika limosin yang masih bisa jalan sampai sekarang.

Mesin yang dipakai mobil ini cukup spesial untuk teknologi yang dimiliki blok timur saat itu. Mesin GAZ dengan tipe M-13 yang dipakai mobil ini memiliki konfigurasi V8 berkapasitas 5530cc yang sanggup menghasilkan tenaga sekitar 195Hp pada 4200Rpm. Tenaga ini cukuplah untuk membawa mobil mewah seberat 2050Kg ini. Untuk menyalurkan tenaga ke roda belakang, digunakan transmisi otomatis 3 percepatan. Konon, desain transmisi mobil ini mirip dengan transmisi TorqueFlite yang dibuat dan dikembangkan Chrysler sejak 1956.

Kini mobil ini berada di tangan kolektor yang berada di Malang, Jawa Timur. Kondisinya masih cukup baik dan terkadang muncul di acara-acara mobil klasik disekitar Jawa Timur dan Bali. Ada yang bercerita mengapa mobil ini bisa berada di Malang adalah karena Bung Karno berteman baik dengan salah satu pengusaha asal Malang.

Spesifikasi GAZ M13A Chaika ini adalah sebagai berikut:

Spesifikasi GAZ M13A Chaika
Jenis Limosin
Tipe M13B
Mesin M-13 V8 5500cc
Bore X Stroke N/A
Sistem Bahan Bakar Karburator
Transmisi Otomatis 3 Speed
Wheelbase 3.250 mm
Panjang 5.600 mm
Lebar 2.000 mm
Tinggi 1.580 mm

0 Response to "GAZ M13A Chaika Bung Karno dari Nikita Khrushchev"

Post a Comment