Honda Vario & Vario CBS Techno Karbu

Honda Vario 110 & Techno karbu

Dipenghujung 2006, Astra Honda Motor akhirnya ikut terjun di pasar motor matic nasional dengan menghadirkan Honda Vario. Berbeda dengan motor matic saat itu yang tampil ramping dan kecil, Honda menjual Vario dengan ukuran yang lebih besar dengan berbagai fitur yang belum ada pada motor matic lokal di Indonesia. Pada awalnya, motor ini dikembangkan dan dijual di Thailand oleh AP Honda dengan nama Honda Click untuk generasi pertama dan Honda Click i untuk versi selanjutnya. Di Indonesia generasi pertama dikenal dengan nama Vario Agnes karena bintang iklannya oleh Agnes Monica.


Desain Honda Vario karbu ini tergolong abadi dengan lekuk garis minimalis cenderung membulat namun tetap sporty dengan lampu depan ganda. Secara ukuran, motor ini sejajar dengan Suzuki Skywave 125 namun dengan ban berukuran 14 inch. Filter udara motor ini tergolong rapi tidak terlalu menutup ban belakang jika dilihat dari sisi kiri motor. Pada tahun 2009, AP Honda Thailand yang menggembangkan motor ini mengganti generasi Vario dengan Vario CBS Techno. Namun karena permintaan yang masih tinggi, Honda kemudian menjual Vario dengan Vario Techno secara bersamaan dengan selisih harga sekitar 2 juta rupiah. Secara umum, Vario Techno ini sama persis dengan Vario agnes hanya saja terdapat perbedaan pada bodi yang serba menekuk tajam dan meruncing dan tambahan fitur CBS. Desain Vario Techno ini oleh sebagian kalangan disebut yang terbaik karena masih tetap sporty walau bermunculan motor matic yang lebih baru. Desain Vario Techno ini kemudian diikuti oleh beberapa desain motor bebek dan matic Honda terutama dibagian lampu belakangnya.

Mesin yang digunakan kedua motor ini sama dengan mesin 1 silinder 4 langkah SOHC 2 valve berkapasitas 108cc. Untuk pendinginan mesinnya, digunakan pendingin cairan walau water jacket motor ini hanya terdapat pada cylinder head sementara cylinder block masih mengandalkan pendingin udara dengan sirip heatsink. Tenaga yang dihasilkan mesin ini mencapai 8,99Hp pada 8000Rpm dan torsi 8,43Nm pada 6500Rpm. Untuk pengabut bahan bakar dipakai karburator Mikuni VK22. Ini cukup berbeda dimana di Thailand sana versi pertama memakai karburator sementara versi kedua sebenarnya sudah menggunakan injeksi PGM-Fi. Untuk transmisinya, digunakan transmisi otomatis CVT khas motor matic jaman sekarang.

Fitur yang diusung keduanya tergolong sangat lengkap pada waktu itu. Pada Vario karbu keluaran pertama disediakan pengunci rem depan, kunci kontak bermagnet, side stand switch sampai pengunci untuk rem parkir. Untuk Vario techno edisi awal, fitur pengunci rem depan dihilangkan namun ditambah penutup bagasi serta rem CBS yang memungkinkan rem depan dan belakang bekerja bersamaan kala rem belakang ditarik. Fitur CBS ini mengurangi resiko ban mengunci yang akhirnya mengakibatkan motor skiding. Pada versi facelift Vario Techno, Honda juga menyediakan fitur tanpa CBS karena permintaan konsumen.

Kelebihan Vario karbu adalah perawatannya yang cukup mudah dan murah. Motor ini masih memakai karburator sehingga masih sangat digemari di wilayah kampung dan pelosok. Tidak heran kalau harga pasarannya masih cukup tinggi dan stabil di angka 8 sampai 12 juta rupiah tergantung kondisi. Posisi mengendarainya juga terasa pas. Berbeda dengan Vario 125 dan 150 yang joknya terasa lebih tinggi, Vario karbu memiliki ketinggian jok yang lebih rendah sehingga lebih nyaman karena posisi tangan bisa lebih tinggi dan rileks. Sebagai bonus, jok Vario Techno terasa lebih lebar dan empuk dibanding Vario 110 karbu serta Vario 125 dan 150.

Kelemahan motor ini ada pada konsumsi BBM yang cukup boros untuk standar motor matic jaman sekarang. Bensin Pertamax 1:40 sudah sangat irit untuk motor ini. Selain itu suara starternya yang cukup berisik bagi sebagian orang terasa menggangu. Untuk versi CBS, jika kampas rem jarang dirawat dan diganti ketika waktunya ganti biasanya akan mengakibatkan pengereman yang kurang pakem bahkan jarak pengeremannya menjadi lebih jauh lagi. Selain itu walau radiatornya banyak yang bilang palsu karena tidak memenuhi cylinder block, namun 500ml coolant radiator yang dibutuhkan motor ini masih harus diperhatikan karena kalau sampai kosong berpotensi mengakibatkan karat dan keropos pada head silinder sampai selang-selang radiatornya.

Spesifikasi Honda Vario 110 & Techno karbu ini adalah sebagai berikut:

Spesifikasi Honda Vario 110 & Techno karbu
Jenis Skuter
Tipe NC11A
Mesin 1 silinder SOHC water cooled 108cc
Bore X Stroke 50.0 X 55.0 mm
Sistem Bahan Bakar Karburator
Transmisi Otomatis CVT
Wheelbase 1.273 mm
Panjang 1.897 mm
Lebar 680 mm
Tinggi 1.083 mm

0 Response to "Honda Vario & Vario CBS Techno Karbu"

Post a Comment