Kia Sportage I NB-7

Kia Sportage I NB-7 grand wagon

Selain sedan S515, city car S213i, dan wagon SW516i, Timor berencana membuat SUV atau jip yang diberi nama J520i. Jip Timor ini dipromosikan sendiri oleh Tommy Soeharto pada awal tahun 2000 yang sayangnya gagal terlaksana karena Timor harus tutup duluan. Jip Timor ini masih sama seperti mobil sedannya, mengambil basis dari Kia yang diganti merknya. Mobil Kia yang dijadikan basisnya adalah Kia Sportage generasi pertama yang sebenarnya sudah ada sejak 1993.


Mobil ini pada awalnya dibuat menggunakan platform Mazda Bongo yang di Indonesia dikenal juga dengan nama Mazda E2000. Walau memakai platform mobil barang, namun sebagai SUV mobil ini sudah menghilangkan nuansa mobil barang. Model Sportage I mengikuti trend desain era 90 yang serba membulat dengan lampu depan sipit. Di Indonesia, ada 2 varian dari Sportage ini. Yang pertama adalah varian short dengan ciri kaca belakang lebih kecil dan ban serep yang diletakkan dipintu. Selain itu ada juga varian long dengan ciri ban serep didalam serta kaca belakang lebih besar. Varian long ini merupakan varian khusus pasar Asia dan di Korea Selatan sendiri diberi nama Sportage Grand atau Grand Wagon. Walau ada varian panjang, namun kapasitas tempat duduknya baik versi short maupun long hanya 5 penumpang.


Mesin yang dipakai Sportage masih mirip dengan Mazda E2000 dan MX-6. Mobil ini memakai mesin Mazda FE-DOHC yang memiliki konfigurasi 4 silinder segaris DOHC 16 valve berkapasitas 2000cc dengan sistem injeksi bahan bakar. Berbeda dengan yang terpasang di Mazda MX-6 maupun E2000, mesin seri FE ini dipasang secara longitudinal seperti mobil penggerak belakang dan Kia Sportage ini merupakan mobil penggerak 4 roda. Untuk menyalurkan daya keempat roda, Kia melengkapi mobil ini dengan transmisi manual 5 percepatan atau otomatis 4 percepatan dengan transfercase untuk membagi daya. Sistem gerak 4WD mobil ini part time sehingga bisa memakai mode 2WD maupun 4WD dimana mode 4H bisa dilakukan sambil jalan dengan kecepatan maksimum 60Km/jam sementara pindah ke mode 4L harus berhenti dahulu.

Kia Sportage I muncul kala Kia Motor Indonesia baru saja hadir dan lepas dari bayang-bayang Timor. Untuk merebut minat konsumen, mobil yang diimpor secara CBU dari pabriknya di Hwaseong ini memiliki beragai fitur yang menarik. Fitur keselamatan seperti 2 buah Airbag depan, airbag lutut, side impact beam, ABS dan EBD sudah tersedia. Fitur lainnya seperti power window, power steering, central lock, immobilizer, LSD belakang, sampai motorized headlamp yang mengatur ketinggian lampu secara elektrik.


Di awal kemunculannya pada tahun 2000, mobil yang masuk secara CBU ini cukup mahal karena dihargai sekitar 240 juta rupiah. Generasi keduanya yang sudah CKD Indonesia dan populasinya lebih banyak harganya turun drastis menjadi sekitar 180 juta saja. Populasi mobil yang dipasarkan sampai 2003 ini tergolong cukup langka di Indonesia. Konon populasi mobil ini hanya ada 700 unit di seluruh Indonesia. Sekitar 300 unit Kia Sportage generasi awal memakai transmisi manual dipakai sebagai kendaraan dinas kepolisian. 400 unit yang tersisa lainnya memakai transmisi otomatis dimana sekitar 100 unit digunakan untuk keperluan kerja Caltex dan sisanya dipakai pemakai pribadi.

Kelebihan Kia Sportage ini adalah cukup tangguh dimana desain mobil ini sepertinya memang dirancang sebagai mobil off road dilihat dari part yang digunakan. Untuk kenyamanannya, mobil ini cukup baik dikelas SUV 4WD jaman itu dimana salah satu alasannya ada transmisi otomatisnya. Fitur-fiturnya juga sangat lengkap serasa tidak sebanding dengan harganya sekarang. Kelemahannya, part body cukup sulit berhubung populasinya yang juga langka. Sisanya, hampir tidak ada kendala pada mobil yang didesain tangguh ini dan tidak rewel. Sayang saja populasinya sedikit dan kurang terkenal sehingga cukup sudah mencari unit bekasnya.

Spesifikasi Kia Sportage I NB-7 ini adalah sebagai berikut:

Spesifikasi Kia Sportage I NB-7
Jenis Jip
Tipe NB-7
Mesin FE-DOHC 16 valve 1998cc
Bore X Stroke 86.0 X 86.0 mm
Sistem Bahan Bakar Injeksi
Transmisi Otomatis 4 Speed
Manual 5 Speed
Wheelbase 2.650 mm
Panjang 4.440 mm (short)
4.745 mm (long)
Lebar 1.635 mm
Tinggi 1.855 mm

0 Response to "Kia Sportage I NB-7"

Post a Comment