GAZ 21 Volga

GAZ 21 Volga

Di jaman Uni Soviet 1950an sampai awal 1990an yang terkenal dengan sistem totaliter, memiliki sebuah mobil adalah hal yang sulit kecuali anda adalah anggota partai komunis dengan pangkat yang tinggi atau pahlawan negara. Kalaupun bisa punya mobil, membeli sebuah Chevrolet Impala atau Mercedes-Benz W114 sudah pasti mustahil dilakukan. Di Russia jaman itu, salah satu mobil yang bisa dibeli untuk para petinggi partai atau pahlawan negara adalah GAZ 21 Volga.


GAZ 21 alias Volga merupakan sedan medium yang dibuat oleh pabrik mobil Gorki antara 1956 sampai 1970 di Soviet. Desain mobil ini sama seperti mobil negara komunis lainnya yang sedikit menyontek rancangan mobil barat dimana GAZ Volga mengambil dasar rancangan dan desain dari Volvo 120 alias Volvo Amazon. Pada bagian desain, bagian depannya terlihat mirip Dodge Dart sementara bodynya mirip gabungan desain ponton yang umum dijaman itu. Nama Volga sendiri diambil dari nama sungai terpanjang di Russia sana. Salah satu orang terkenal yang memiliki mobil ini adalah Yuri Gagarin yang menjadi manusia pertama di luar angkasa.


Mesin yang dipakai mobil ini cukup standar dengan mesin GAZ M21 dengan konfigurasi 4 silinder OHV 2400cc yang menghasilkan tenaga hingga 65Hp dengan transmisi manual 3 percepatan untuk menyalurkan ke roda belakang. Kecil memang berhubung mesin ini memiliki rasio kompresi hanya 6,5:1 berhubung di Soviet jaman itu hanya nafta dengan oktan 76 yang tersedia sebagai bahan bakar. Selain itu, GAZ juga menyediakan varian yang sangat bertenaga dengan mesin 5500cc V8. Varian khusus ini hanya digunakan oleh polisi rahasia, mata-mata dan agen KGB, semacam MI6 di film James Bond. Tapi konon karena tenaganya yang terlalu besar, hampir tidak ada agen KGB yang berani ngebut menggunakan mobil ini.

Mobil ini juga sempat dijual ke negara-negara barat walau jumlahnya sedikit berhubung keterbatasan teknologi yang ditawarkan mobil soviet kalah dibanding mobil barat. Memang, secara teknologi Soviet sejatinya punya teknologi yang cukup canggih seperti roket antariksa sampai senjata nuklir. Namun karena tidak adanya persaingan membuat mobil dengan kondisi dan fitur alakadarnya bisa laris di Russia jaman itu. Sama seperti mobil Rusia lainnya, mobil ini konon tidak mudah rusak dan sangat awet. Tidak heran kalau kemudian ekspatriat kedutaan Soviet juga akhirnya membawa mobil ini kenegara tempatnya bertugas seperti di Indonesia.

Spesifikasi GAZ 21 Volga ini adalah sebagai berikut:

Spesifikasi GAZ 21 Volga
Jenis Sedan
Tipe GAZ 21
Mesin i4 OHV 2400cc
Bore X Stroke N/A
Sistem Bahan Bakar Karburator
Transmisi Manual 3 Speed
Wheelbase 2.700 mm
Panjang 4.810 mm
Lebar 1.800 mm
Tinggi 1.610 mm

0 Response to "GAZ 21 Volga"

Post a Comment