Honda CBR150R Old Karbu

CBR 150R old

Karena masalah emisi gas buang, mau tidak mau motor 2 tak seperti NSR terpaksa harus pensiun pada awal milenia ketiga. Sebagai penggantinya, Honda kemudian memperkecil klan CBR dari yang sebelumnya CBR250 memegang gelar sebagai CBR terkecil menjadi 125cc untuk pasar Eropa dan Jepang sementara untuk negara Asia tenggara mendapat varian 150cc yang semuanya dibuat dan dikembangkan di Thailand. Di Indonesia, CBR 150cc ini baru masuk secara CBU pada pertengahan 2003 melalui importir umum.


Mesin motor ini termasuk revolusioner pada saat itu. Mesin dengan konfigurasi 1 silinder DOHC 4 valve berkapasitas murni 149,4cc dengan pendingin cairan mampu meghasilkan tenaga mencapai 18,7Hp pada 10500Rpm dan torsi 13,4Nm pada 8500Rpm. Mesin motor ini masih memakai karburator tidak seperti penerusnya yang memakai injeksi sehingga motor ini juga dijuluki CBR karbu. Untuk menyalurkan tenaga keroda belakang, digunakan transmisi manual 6 percepatan.

Desain motor ini berbeda dibandingkan CBR 125R versi Eropa yang versi barunya mirip dengan CBR 150R. Kesan pertama yang didapat adalah ramping dimana fairing bagian depannya juga kecil berkat penggunaan lampu model diamond cut ganda yang diberi efek smoke hitam pada sekitar reflektor. Bagian belakangnya juga terlihat ramping dengan lampu belakang yang lagi-lagi diberi efek smoke hitam. Ciri khas dari NSR masih terbawa pada CBR ini dimana lampu stop berbentuk bulat 2 buah masih tertempel dibelakang. Bagian buntutnya terlihat sangat sporty karena sudah mengusung model split seat.

Dengan desain yang sangat keren dibanding motor Honda dijamannya dan harga yang cukup mahal karena CBR ini dulunya dijual seharga 32 juta sementara Megapro hanya 14 juta membuat motor ini hanya bagaikan mimpi pemotor muda. Karena inilah beberapa merk lokal dan mocin kemudian mengambil desain CBR150R untuk dijadikan motor versi mereka sendiri. Dengan harga yang jauh lebih murah dan bentuk sama persis walau tenaga jauh dibawahnya, membuat motor tiruan ini cukup populer. Sayangnya hal ini membuat image CBR 150R asli menjadi rusak karena dikira mocin.

Kelebihan Honda CBR150R adalah handlingnya yang terasa nurut dan bonus power yang cukup enak untuk versi karburator ini. Fiturnya cukup lengkap di jamannya dengan rem cakram depan belakang, suspensi belakang monoshock, mesin DOHC dsb. Posisi duduknya terasa cukup nyaman dan mirip motor naked yang membuatnya tidak heran kalau memakai spion yang diletakkan di stang. Modelnya juga proporsional dengan kapasitas mesinnya dimana motor ini mirip dengan motor Moto3 tidak seperti penerusnya yang terlihat ingin seperti moge.

Kelemahan Honda CBR150R ada pada lampu depannya ayng walaupun menganut model dual namun sorot lampunya kurang terang. Kelistrikan dikabarkan juga sering bermasalah walau sebagian besar juga dikarenakan usia kabel yang sudah tua. Selain itu, mesin terasa panas kala dipakai macet disiang hari walau motor ini sudah memakai radiator.

Spesifikasi Honda CBR150R old ini adalah sebagai berikut:

Spesifikasi Honda CBR150R
Jenis Sport
Tipe CBR150R
Mesin DOHC 4 valve 150cc
Bore X Stroke 74.0 X 78.0 mm
Sistem Bahan Bakar Karburator
Transmisi Manual 6 Speed
Wheelbase 1.286 mm
Panjang 1.910 mm
Lebar 652 mm
Tinggi 1.065 mm

0 Response to "Honda CBR150R Old Karbu"

Post a Comment