TRD 2000, Corolla E101 TRD Sebenarnya

Toyota Corolla TRD 2000

Belakangan ini, logo TRD (Toyota Racing Development) terutama TRD Sportivo seperti banyak disalah gunakan dengan ditempel kesembarang tempat. Sebenarnya bukan masalah karena itu mobil anda mau diapakan juga terserah anda yang penting tidak mengganggu ketertiban umum saja. Dengan adanya logo TRD ada ekspektasi lebih yang diharapkan dan ekspektasi itu berubah menjadi rasa kecewa karena tempelan TRD tidak lebih hanya tempelan saja bukannya mengubah performa mobil menjadi lebih baik. Ini kurang lebih serasa nyetir Porsche tapi kok rasanya mirip dan tidak ada bedanya dengan WV Kodok. Tempelan TRD Sportio ini rasanya jadi malu-maluin mobil TRD beneran seperti TRD 2000 ini.


Ide dari TRD 2000 ini adalah mobil yang lebih ringan dan kecil dipasang mesin sport untuk menghasilkan tenaga yang jauh lebih baik dibanding beratnya. TRD 2000 diciptakan oleh devisi pengembangan balap Toyota untuk bersaing di JTCC (All Japan Touring Car Championship) musim 1994/1995. Tak hanya untuk keperluan balap. Pembeli mobil di Jepang juga bisa mencicipi serunya mengendarai mobil JTCC untuk harian karena TRD 2000 ini juga dijual untuk umum.

Mobil ini diperkenalkan pada Oktober 1994 diajang Tokyo Auto Saloon. Bersamaan dengan TRD 2000 yang berbasis Corolla sedan, TRD juga memamerkan TRD 2000GT yang berbasis Toyota MR2 SW20 dan TRD3000GT yang berbasis Toyota Supra JZA80. Khusus untuk TRD 2000, TRD juga menyediakan kit yang sama untuk Toyota Corolla Ceres setelah seorang calon pembeli meminta langsung ke TRD. Corolla Ceres adalah semacam Corolla yang dibuat oleh karoseri Kanto Auto Work dengan body hardtop sedan yang memiliki ciri pintu frameless dan pilar b yang kecil bahkan tidak ada. Ketiga mobil TRD ini cukup mencuri perhatian pengunjung terlebih setelah mereka tau kalau ketiga mobil ini dibuat sebagai edisi terbatas karena Toyota hanya berencana membuat 99 unit TRD 2000.

Secara tampilan, tidak ada perbedaan dengan Corolla AE101 dengan trim SEG lainnya termasuk dengan Great Corolla yang hadir di Indonesia. Perbedaan utama yang terlihat dari luar hanya cat warna putih, velg TRD Type-FT berukuran 15×6.5 dibalut dengan ban Yokohama Grand Prix M5 berukuran 195/55/R15, spoiler kecil dibelakang dan exhaust 2 buah dibelakang. Sisanya, ada grill Corolla GT versi JDM, stiker TRD 2000 di pintu belakang dan logo TRD 2000 yang merupakan opsional dan kalaupun tidak dipesan, mobil jadi tidak memiliki jejak yang menjelaskan kalau mobil ini sudah disentuh tangan dingin TRD dari dalam.

Toyota Corolla TRD 2000

Bagian paling menarik dari mobil ini ada pada dalamnya dimana TRD membenamkan sebuah mesin Toyota 3S-GE 2000cc yang diambil dari MR-2 atau Celica dipadukan dengan gearbox S54 dari Celica SS-II ST202 untuk menggerakkan roda depannya. Mesin ini sanggup menghasilkan tenaga sebesar 180Hp dan torsi 191Nm dimana ini cukup besar dibanding standarnya Corolla GT (trim tertinggi Corolla saat itu) dengan 160Hp. Untuk menunjang performa mesinnya, TRD juga memasang sejumlah perangkat terutama di kaki-kakinya seperti suspensi dan shockbreaker yang lebih pendek 20mm dari standarnya, rem, strut tower bar, stabilizer bars depan dan belakang dengan polyurethane bush, heavy duty clutch, mechanical LSD, dual stainless steel exhaust, sampai quick shifter. Untuk memperindah interior sekaligus meningkatkan rasa sporty kala mengendarai mobil ini, TRD memberikan jok Konig Prinz P200 dan stir kulit racing dari TRD. Dengan modifikasi seperti ini, untuk sekedar mengalahkan Honda Civic Si-R II atau Integra yang kala itu menguasai balap turing di Jepang.

Sayangnya walau terlihat menjanjikan namun penjualan TRD 2000 ini sangat memprihatinkan. Tercatat hanya ada 14 unit TRD 2000 terjual dari 99 unit yang direncanakan dimana 2 diantaranya berupa Toyota Corolla Ceres. Salah satu yang membuat TRD 2000 kurang diminati adalah harganya yang mencapai 3.350.000 Yen dimana ia berarti lebih mahal dibanding Celica GT-Four yang saat itu dikagumi karena keberhasilannya di WRC (walau akhirnya dibanned) dimana Celica dijual seharga 3.150.000 Yen.

0 Response to "TRD 2000, Corolla E101 TRD Sebenarnya"

Post a Comment