Toyota Corona RT40

Toyota Corona Deluxe RT40

Sebagai salah satu sedan Toyota yang paling tua dan paling awal dijual kepenjuru dunia, Toyota memperbarui tampilah Corona pada tahun 1964. Memasuki generasi ketiganya yang nantinya dirancang agar tidak hanya sesuai selera orang Jepang saja namun juga masyarakat dipenjuru dunia, Toyota mulai berinovasi melalui desain mobil ini meninggalkan gaya desain "nyontek" mobil Amerika.


Desain mobil ini dibuat oleh Toyota dibantu oleh Batista Farina, pendiri rumah desain dan karoseri Pininarina yang terkenal handal mengerjakan desain mobil (dan barang lainnya) dengan cantik. Berbeda dengan 2 generasi sebelumnya yang mengambil styling ponton, Corona dengan kode T40 dan T50 ini memiliki bentuk yang sedikit mengotak. Di negara asalnya, Corona ini dijual dalam beberapa tipe mulai dari sedan 4 pintu, hardtop coupe 2 pintu, wagon bahkan sampai pickup ute. Meskipun begitu, sepertinya di Indonesia hanya hadir varian sedan 4 pintunya saja walau tidak menutup kemungkinan varian lain seperti wagon sempat terdampat di Indonesia.

Mesin yang digunakan mobil ini sepertinya memakai mesin Toyota 12R dengan konfigurasi 4 silinder OHV 8 valve dengan kapasitas 1600cc dan masih memakai karburator untuk pasokan bahan bakar dan platina untuk pengapiannya. Mesin yang sama dengan Corona seri selanjutnya sampai Hilux dan Hiace ini sanggup menghasilkan tenaga sebesar 89Hp pada 5400Rpm. Tenaga mesin disalurkan ke roda belakang menggunakan transmisi manual 4 percepatan seperti umumnya mobil Jepang jaman itu. Selain 12R, ada juga varian yang memakai mesin Toyota seri P dan seri R lainnya dengan pilihan gearbox manual 3 percepatan atau otomatis 2 percepatan yang disebut Toyoglide. Tapi entah sepertinya populasinya jauh lebih jarang dibanding varian 1600cc mesin 12R.

Spesifikasi Toyota Corona RT40 ini adalah sebagai berikut:

Spesifikasi Toyota Corona RT40
Jenis Sedan
Tipe RT40
Mesin 12R OHV 1600cc
Bore X Stroke 80.5 X 78.0 mm
Sistem Bahan Bakar Karburator
Transmisi Manual 4 Speed
Wheelbase 2.420 mm
Panjang 4.110 mm
Lebar 1.550 mm
Tinggi 1.420 mm

0 Response to "Toyota Corona RT40"

Post a Comment