Minicar (Honda Benly S110 Roda 3)

Minicar roda 3 Honda Benly

Angkutan umum roda 3 di Jakarta pada dasawarsa 70an macamnya ada banyak. Yang populer seperti Bajaj orange beberapa masih bisa dilihat sisa-sisanya di pinggiran Jakarta. Helicak walau unitnya bisa dibilang sudah punah namun catatan mengenai kendaraan ini ada banyak jumlahnya. Bemo (Daihatsu Midget) masih bisa dilihat di sekitaran Bendungan Hilir atau di Cafe-cafe sebagai dekorasi. Selain 3 kendaraan tadi, masih ada lagi angkutan umum roda 3 yang sayangnya tidak populer. Nama kendaraan ini adalah Minicar.


Minicar sebagai kendaraan umum di Jakarta memiliki dasar hukum perda DKI no 8 tahun 1979. Sebelumnya, Minicar bisa dimiliki oleh perorangan atau pribadi. Bentuk keseluruhannya sama seperti Bajaj 3 roda dengan ukuran yang mirip serta ban 10 inch yang juga sama. Bodinya terbuat dari plat besi dan windshield dari akrilik sementara atap dan jendelanya terbuat dari terpal tenda dengan mekanisme pembuka jendela yang juga mirip. Karena dibuat menggunakan basis Honda Benly, tangki bensin, stang kemudi, jok depan sampai speedometernya mengambil dari Honda Benly. Warna khas dari Minicar adalah biru muda.

bemo Minicar roda 3 Honda Benly

Model awal dari kendaraan yang diproduksi oleh PT Bina Logam ini memiliki lampu depan 1 buah yang juga diambil dari sepeda motor Honda Benly. Entah tahun berapa namun masih dasawarsa 70an, model lampunya diubah menjadi 2 buah walau ukurannya mengecil dan tetap berbentuk bulat. Untuk keselamatan, kendaraan ini memiliki 2 buah spion serta sebuah wiper untuk menyapu air hujan di windshieldnya. Bagian belakangnya perisi Bajaj 3 roda dengan bangku ala kadarnya yang mampu mengangkut 2 sampai 3 orang kalau mau berdesakan. Khusus bagian samping kiri belakang, disediakan pintu masuk penumpang sementara dibagian kanan dibuat mati untuk semua versi.

Untuk bagian mesinnya, karena mengambil basis dari Honda Benly jadi mesinnya sama persis dengan Honda Benly yang memiliki konfigurasi 4 langkah 1 silinder berkapasitas 109cc dengan pendingin udara. Yang unik dari mesin yang posisinya tiduran seperti motor bebek ini adalah konfigurasi valve train dimana motor ini menggunakan teknologi OHV pushroad bukannya OHC seperti umumnya motor Honda 4 tak macam CB100 dan C70. Pasokan bahan bakar motor ini menggandalkan karburator yang posisinya disembunyikan didalam tabung khusus yang juga terdapat filter udara didalamnya seperti Honda 90Z. Motor ini menggunakan transmisi kopling manual 4 percepatan yang untuk menggerakkan roda belakangnya digunakan rantai.

Kini populasi kendaraan ini sepertinya sudah hilang dengan beberapa sisa-sisa seperti foto-foto diatas. Sejak dasawarsa 80an, kendaraan ini sudah sangat jarang ditemui dijalanan Jakarta karena kalah saing dengan Bajaj orange serta moda transportasi lain. PT Bina Logam yang membuat kendaraan ini juga entah masih berdiri atau tidak.

Spesifikasi Minicar ini adalah sebagai berikut:

Spesifikasi Minicar
Jenis Roda 3
Tipe S110
Mesin 4 tak OHV 110cc
Bore X Stroke N/A
Sistem Bahan Bakar Karburator
Transmisi Manual 4 Speed
Wheelbase N/A
Panjang N/A
Lebar N/A
Tinggi N/A

0 Response to "Minicar (Honda Benly S110 Roda 3)"

Post a Comment