Chrysler / Hillman / Dodge Avenger

Chrysler Hillman Dodge Avenger 1976

Pada dasawarsa 70an, industri mobil Amerika mulai terlihat suram. Alasannya ada berbagai macam mulai dari pengetatan standar emisi pada awal 1970, krisis minyak 1973 sampai mulai munculnya mobil-mobil Jepang yang lebih irit dan handal dibanding mobil Amerika. Padahal 1 dekade sebelumnya, pabrikan Amerika seperti Chrysler seolah bisa terus berekspansi tanpa ada yang bisa mengganggu seperti membeli 30% Rooters Group, pabrikan asal Inggris yang membawahi Hillman, Humber, Singer, Sunbeam, Commer dan Karrier yang semuanya berasal dari Inggris serta Talbot asal Perancis. Bersama dengan Barrieros (Spanyol), semua perusahaan ini kemudian dilebur menjadi 1 dengan nama Chrysler Europe yang menjadi kepanjangan tangan Chrysler di Eropa. Di pasar mobil penumpang Inggris saat awal berdirinya Chrysler Europe, Hillman Minx (juga berbagai versi badge engineered nya) menjadi salah satu mobil yang cukup populer walau sudah dibuat sejak 1931. Agar dapat bersaing, mobil ini kemudian mendapat pembaruan dengan hadirnya Hillman Avenger atau yang dikenal di Indonesia dengan nama Dodge Avenger.


Hillman Avenger pertama kali muncul pada Februari tahun 1970 dan menjadi mobil pertama sekaligus terakhir yang dikembangkan Rooters sebelum akhirnya Rooters diambil alih oleh Chrysler pada 1967. Pada awalnya, mobil ini dibuat khusus untuk pasar Inggris (dan negara-negara persemakmuran Inggris atau commonwealth), namun karena ambisi Chrysler jadilah mobil ini juga dijual keseluruh penjuru dunia dengan berbagai nama. Beberapa merk yang menjual mobil ini diantaranya Sunbeam Avenger di Eropa, Chrysler Avenger sampai tahun 1976, Talbot Avenger antara 1979 sampai 1981, Plymouth Cricket di Amerika Utara, Dodge 1500 atau Dodge Polara di Amerika Latin dan Dodge Avenger di Afrika Selatan serta Indonesia.

Secara bentuk, mobil ini sebenarnya tersedia dalam bentuk sedan 4 pintu, wagon sampai kupe 2 pintu. Namun untuk versi Indonesia, hanya ada varian sedan 4 pintu saja. Walaupun dibuat dan dirancang di Eropa, namun desain mobil ini sangat kental nuansa Amerikanya hanya saja ukrannya diperkecil. Bentuk bodynya cenderung sporty dengan atap belakang ala fastback atau yang biasa disebut semi fastback. Bagian depan mobil ini memakai lampu bulat berjumlah 4 buah sementara lampu belakangnya membentuk huruf L yang dikenal diluar sana sebagai hockey stick shape. Sayangnya model facelift yang memakai lampu kotak di Indonesia sepertinya tidak ada.

Dibagian mesin, versi Indonesia mobil ini menggunakan mesin 4 silinder segaris 1600cc untuk trim GL atau 1800cc. Mesin OHV penggerak belakang ini digabungkan dengan transmisi manual 4 percepatan dengan gigi mundur yang posisinya berada di sebelah kiri gigi 1. Mesin 1600cc nya sepertinya merupakan mesin Peugeot 404 karena versi Afrika Selatan yang kebetulan masuk ke Indonesia memakai mesin ini sementara versi 1800cc nya merupakan CKD Indonesia.

Populasi mobil yang harga barunya dijual 3 juta rupiah pada masa akhir produksinya atau 1978 ini termasuk langka karena penjualannya yang sangat sedikit walau harganya sudah termasuk murah dibanding sedan sekelasnya yang lain. Versi CKD dari mobil ini dijual dan dirakit oleh Garmak Motor yang lebih terkenal menjual merk Chevrolet.

Tidak hanya bernasib sial di Indonesia, diberbagai belahan dunia lainnya penjualan mobil ini juga sama buruknya karena reliabilitas yang kalah telak dengan merk Jepang. Mungkin karena inilah Chrysler kemudian menghentikan produksi mobil ini dan berpaling sambil menggandeng tangan Mitsubishi dengan memasarkan Dodge Colt yang merupakan Mitsubishi Colt (Galant dan Lancer) ke Amerika Serikat. Nasib Chrysler Europe kemudian berakhir pada tahun 1978 karena Chrysler Europe ini kemudian dijual ke PSA-Peugeot Citroën.

Spesifikasi Chrysler Avenger ini adalah sebagai berikut:

Spesifikasi Chrysler Avenger
Jenis Sedan
Tipe Avenger
Mesin inline 4 OHV 1600cc
inline 4 OHV 1800cc
Bore X Stroke N/A
Sistem Bahan Bakar Karburator
Transmisi Manual 4 Speed
Wheelbase 2.500 mm
Panjang 4.100 mm
Lebar 1.600 mm
Tinggi 1.300 mm

3 Responses to "Chrysler / Hillman / Dodge Avenger"

  1. Maaf sebelumnya min, tapi informasi tentang latar belakang Hillman Avenger itu salah total.

    Konsep pertama Avenger muncul di tahun 1963 sebagai pengganti Hillman Minx buatan Rootes Group. Keterlibatan Chrysler sendiri dimulai ditahun 1964 setelah membeli 30% saham Rootes Group. Dan baru ditahun 1967 Chrysler mengakusisi Rootes Group dan dilebur dengan Talbot (Perancis) dan Barrieros (Spanyol) menjadi Chrysler Europe.

    Sementara pengembangan Mobil sendiri memasuki masa Final di desain ditahun 1967 dan sebagai warisan pengembangan Rootes, keterlibatan Chrysler lebih kepada pembangunan pabrik untuk perakitan Avenger.

    Dan Avenger sendiri diluncurkan di tahun 1970, jauh dari krisis minyak 1973 yang megubah arah penjualan mobil di Amerika. Avenger sendiri diperuntukan untuk pasar Inggris dan ekspor negara Commonwealth. Chrysler mencoba memasarkan Avenger ditahun 1971 untuk melawan Beetle yang merupakan mobil impor terfavorit di Amerika saat itu. (perlu diketahui bahwa Dodge memasarkan Mitsubishi Colt dibawah nama Dodge Colt karena alasan yang sama).

    Namun Avenger tidak terlalu laris karena kualitas produksi yang buruk dan cepat rusak. Malah ditahun 1973 ketika demam mobil kecil dimulai. Chrysler malah memutuskan untuk memberhentikan impor Avenger dan fokus dengan kongsi Mitsubishi. Karena mobil Jepang lebih dapat diandalkan dan memiliki harga yang lebih kompetitif.

    Jadi pernyataan kalau Avenger dibuat atas permintaan Chrysler untuk mobil kecil irit bahan bakar adalah salah total.

    Mohon maaf sebelumnya, situs ini sangat bagus karena banyak memberikan informasi yang menarik, namun saya ingin memberi tahu admin tentang hal ini. Terima kasih dan terus menulis min!

    https://www.aronline.co.uk/cars/hillman/avenger/the-cars-hillman-avenger/

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah yg kayak gini nih saya suka...
      makasih banyak lho koreksinya. saya sebenarnya buta total tentang mobil-mobil inggris (juga banyak sih sebenarnya), makanya updatenya agak jarang-jarang karena harus riset sama keganggu kerjaan yang makin numpuk aja. sekali lagi, terimakasih banyak.

      Delete
    2. Terima kasih min, sebelumnya saya inging menyampaikan saya fans berat Mobil Motor Lama, karena kalau tentang sejarah mobil di Indonesia saya malah kurang tahu haha.

      Tetap menulis min, saya selalu tunggu postingan2 tentang mobil motor Indonesia.

      Untuk mobil Inggris bisa cek situs AROnline, disana hampir semua mobil Inggris dibahas dengan detail.

      Terima kasih dan Salam,
      Ifan Ramadhana

      Delete