Isuzu Panther Kotak TBR52

Isuzu Panther TBR52 original

Sekarang tahun 1991 dan Anda cuma punya 44 ribu rupiah saat itu untuk berangkat ke Bali dari Jakarta. Kalau menurut Isuzu, kendaraan yang pas untuk dipakai untuk tugas ini adalah sebuah Isuzu Panther generasi pertama dengan kode bodi TBR52 seperti iklannya yang marak diawal kemunculannya selain iklan televisi dengan suara macan mengaum saat mobil ini lewat dan didalamnya terdapat anak kecil yang tidur pulas karena kenyamanannya.


Sebelum tahun 1990an, Isuzu di Indonesia lebih banyak menjual truk seperti Isuzu Elf atau mobil yang direbrand menjadi Holden atau Chevrolet seperti Gemini dan LUV. Melihat kesuksesan Kijang, Astra yang juga membawahi Isuzu di Indonesia kemudian menawarkan versi "Kijang" yang dikeluhkan boros bahan bakar dengan nama Isuzu Panther. Konsep yang ditawarkan Isuzu Panther ini sama persis dengan Kijang dimana ia didesain bisa sebagai mobil barang maupun penumpang dengan mesin yang tahan dan awet. Konon desain dari pickup dan minibus Isuzu yang dikenal juga dengan nama Isuzu Hilander di Filipina ini merupakan mobil dengan didesain dan dikembangkan di Indonesia.

Mesin yang dipakai mobil ini sudah lama wira wiri dijalanan Indonesia. Mesin Isuzu dengan kode C223 dengan konfigurasi 4 silinder OHV 8 valve berkapasitas 2238cc indirect injection ini di Indonesia paling banyak ditemukan di Chevrolet LUV dan Trooper diesel sebelumnya. Tenaga yang dihasilkan mesin diesel yang sekarang dibilang konvensional ini mencapai 58Hp yang kemudian tenaga ini disalurkan keroda belakang dengan transmisi manual 5 percepatan.

Karena lahir diera keemasan industri karoseri, pilihan bodi untuk Panther kreasi karoseri ini cukup beragam. Desain original seperti Panther Sparta dan Miyabi yang terlihat gagah cukup diterima konsumen. Selain itu, ada juga Panther ala ala dimana bentuk bodinya dibuat menyerupai mobil lain seperti Panther model Suzuki Escudo dan Mitsubishi Pajero. Versi karoseri pabrikannya juga tersedia dimana versi Astra ini dibagi menjadi 4 varian tergantung kelengkapan fiturnya. Varian dari termurah ke yang paling mahal adalah Standard, Total Assy atau Deluxe, Royal dan Hi Grade.

Kelebihan Panther kotak generasi pertama ini adalah ketangguhan mesin C223nya sudah terbukti sejak era 70an akhir. Cukup dengan rajin mengganti filter solar, filter udara dan oli dan filternya bisa dipastikan mobil ini masih bisa terus berjalan. Konsumsi BBM nya boleh dibilang irit karena bermesin diesel dengan angka 1:12 untuk rute kombinasi dengan banyaknya jalan lancar atau paling boros 1:10 saat macet. Walau lebih boros dan kurang bertenaga jika dibandingkan dengan Panther 2500cc, namun konon versi 2300cc ini lebih badak dan bebas masalah.

Kelemahan Panter kotak ini adalah kaki depannya yang entah mengapa terasa ringkih sama seperti penerusnya yang bermesin 2500cc. Bodi versi karoseri dari mobil ini banyak dikeluhkan tentang part bodinya, karat dan keropos serta banyaknya dempul yang dipakai. Oleh karena itu, banyak orang yang lebih memilih bodi karoseri pabrikannya. Walau begitu, sebenarnya bodi Astra dari Panther pertama ini juga tidak begitu bagus karena ketahannya terhadap karat dan keropos yang kurang. Selain itu karena mesin dieselnya masih primitif, image knalpot mobil ini sering menyemburkan asap hitam pekat, berisik serta getaran yang hebat menempel kuat pada mobil ini.

Spesifikasi Isuzu Panther TBR52 adalah sebagai berikut:

Spesifikasi Isuzu Panther TBR52
Jenis Minibus
Pickup
Tipe TBR52
Mesin C223 diesel OHV 2238cc
Bore X Stroke 86.0 X 84.0 mm
Sistem Bahan Bakar Diesel indirect injection
Transmisi Manual 5 Speed
Wheelbase 2.680 mm
Panjang 4.405 mm
Lebar 1.650 mm
Tinggi 1.770 mm

5 Responses to "Isuzu Panther Kotak TBR52"

  1. Makanya suaranya persis mesin truk. Brisiknya luar biasa... Beda sama Panther Smart yg sekarang.

    ReplyDelete
    Replies
    1. yup. tapi biar berisiknya sama kayak truk, durabilitasnya nggak kalah sama truk beneran

      Delete
  2. Dari yang saya lihat, mulai dari interior, eksterior, dsb panther kotak ini berbasis isuzu faster/chevrolet LUV generasi ketiga. Banyak artikel mengenai isuzu faster, sangat mirip dengan panther ini.

    ReplyDelete
    Replies
    1. hmmm bisa saja begitu secara wheelbase mirip atau kalau nggak kasusnya mirip vw mitra vs vw ea489 basis transporter dimana machanical sama body beda. ada refrensinya nggak? buku atau web gitu?

      Delete