Modifikasi BMW Tua Lampu Kotak

BMW E30 Taifun Square quad headlights

Kalau disuruh mendeskripsikan mobil era 80an dalam 1 kata, kata yang paling pas adalah kotak. Lihat saja desain mobil-mobil 80an yang semua bagiannya mulai dari spion, dashboard, lampu-lampu sampai desain keseluruhan memiliki unsur bentuk kotak. Walau desain serba kotak sangat populer di zaman itu, namun beberapa pabrikan seperti BMW misalnya tidak peduli dan masih tetap keukeuh tetap mengandalkan desain sendiri dengan ciri khas grill ginjal serta lampu bulat. Entah mabuk minum apa semalam, di Jerman sana beberapa tuner dan pembuat bodykit untuk BMW E21, E30 dan E28 kemudian membuat kit lampu kotak untuk BMW 80an tadi.


Setidaknya ada 3 tuner body asal Jerman yang membuat kit lampu kotak ini. Mereka adalah Kamei, Taifun dan Zender. Kit lampu kotak untuk BMW dari ketiganya termasuk langka. Walau langka, namun kit dari Taifun merupakan yang paling populer dari ketiganya. Untuk bagian sealed beam nya, kit dari Taifun memakai lampu buatan Hella yang lagi-lagi dibuat di Jerman.

Kit yang dijual dalam 1 paket yang berisi grill dan lampunya ini di Eropa sana dijual sekitar 400 sampai 800 euro tergantung kondisi. Kit lampu kotak ini sudah lama tidak diproduksi lagi sehingga jumlahnya terbatas. Selain untuk BMW, kit lampu kotak juga ada untuk VW Golf MK1 dan MK2 yang sama-sama masih mengandalkan lampu bulat dari pabriknya.

Di Indonesia, saya pernah melihat ada BMW E30 318i alias BMW Mas Boy dengan lampu kotak seperti ini. Entah itu memang kit dari Kamei, Taifun, atau Zender atau malah BMW bekas nabrak lalu kemudian terpaksa memakai lampu kotak karena tidak dapat part originalnya. Yang jelas walaupun modifikasi ini dilakukan dengan part asli Jerman dan sesuai dengan jamannya, namun lampu kotak seperti ini bukan selera banyak orang. Terlebih modifikasi ini mengubah ciri khas ikonik dari sebuah BMW tua yang terkenal dengan grill ginjal serta lampu depan bulat 4 buah.

2 Responses to "Modifikasi BMW Tua Lampu Kotak"

  1. Dulu pernah pasang di e28 versi us bumper tapi agak aneh soalnya lampu depanya lebih kecil daripada cover dudukan lampu, jadi posisi lampu lebih ke dalem dari pada e30

    ReplyDelete
    Replies
    1. jadi masuk kedalam moncong hiunya (sebutan BMW generasi e28, shark nose BMW)...
      kalau dibayangkan malah jadi mirip bosozoku cars dengan customized shark nose ya?

      Delete